BURUNG CIUNG AIR JAWA

Satu lagi spesies burung yg poly kita jumpai pada pasar burung,terutama pada pasar burung di pulau Jawa.ciung-air jawa atau dalam bahasa perburungan taraf globalnya disebut dengan grey-cheeked tit-babbler (Macronous flavicollis) yaitu spesies burung menurut famili Timaliidae, dari genus Macronous. Burung ini merupakan jenis burung pemakan telur kumbang hitam, serangga yang mempunyai habitat pada semak hutan dataran rendah.ciung-air jawa mempunyai badan berukuran kecil (14 cm).
Secara fisik warnanya hampir mirip burung Hwamei Mini yang adalah burung Import yang memiliki bunyi sangat mengagumkan.bagian Mahkota merah pucat atau abu-abu. Tubuh belahan atas coklat pucat. Sayap serta ekor coklat berangan. Muka abu-abu. Tubuh belahan bawah kuning dan tersapu abu-abu zaitun pada sisinya. Tenggorokan dan dada atas bercoret hitam. Iris kuning jelas, paruh hitam berujung pucat, kaki hijau zaitun.
img credited to //www.hbw.com

Menyukai tumbuhan bawah yg rapat, dan flora merambat yg kusut. Umumnya dalam kelompok kecil. Lebih pendiam. Sarang berbentuk bola berongga, akrab bagian atas tanah. Telur berwarna putih berbintik ungu, jumlah dua buah. Berbiak bulan Februari, April. Endemik pada Jawa serta P. Kangean, terdiri berdasarkan 2 sub-spesies,yaitu:
  • Macronous flavicollis flavicollis ( Bonaparte, 1850) – Jawa.
  • Macronous flavicollis prillwitzi ( E. J. O. Hartert, 1901) – Kep. Kangean, tanggal pantai timur-laut P. Jawa.
Tempat hidup serta Kebiasaan Umum secara lokal pada semak hutan dataran rendah, khususnya semak kemarau pada pesisir. Menyukai tumbuhan bawah yang rapat dan tanaman merambat yang kucut, umumnya ditemukan dalam kelompok mini . Lebih pendian daripada Ciung-air coreng. Tercatat memakan telur kumbang hitam dan serangga mini . Di Jawa Barat saat bersarang tercatat dalam bulan Feb dan Apr. Telur dua buah putih berbintik ungu. Sarang berbentuk bola berongga diletakkan akrab bagian atas tanah.suara Dengungan spesial buat suku ini. Juga “cunk-cunk”, seakan-akan menggunakan Ciung-air coreng.silahkan dengarkan audionya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam pANDUAN BURUNG mania.

0 Response to "BURUNG CIUNG AIR JAWA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel