BURUNG CUCAK PANTAIDENGARKAN JUGA BUNYI KICAUNYA

Burung cucak pantai atau cucak pantai papua artinya sebuah istilah penyebutan lokal pada tanah-air untuk spesies burung Isap-madu Kepodang atau yg dalam bahasa Inggrisnya dikenal menggunakan Varied Honeyeater (Lichenostomus versicolor) -Gould, 1843. Burung ini ukuran relatif akbar dengan panjang tubuhnya kurang lebih 21 cm. Berwarna coklat zaitun belia serta bertopeng hitam.

Tubuh bab bawah bercoret halus serta alat pendengaran berbercak 2 warna. Populasi pada pesisir utara Papua seolah-olah tipe virescens ad interim populasi bab selatan paling seolah-olah tipe versicoloi. Suara panduAN BURUNGnya berupa rangkaian nada campur-aduk rata keras, mengalir, meratap, nada menaik serta menurun. Berirama serta riang, seringkali dinyanyikan berduet. Mengingatkan dalam panduAN BURUNGan Isap-madu leher-hitam pegunungan, namun lebih kompleks.
Berikut ada 4 audio suara burung cucak pantai,tetapi untuk audio suara burung dibawah ini bukan adalah bunyi rekaman orisinil hutan,melainkan ialah bunyi burung yang telah dipelihara.silahkan download dan dengarkan bunyi panduAN BURUNGunya dibawah ini.
Persebaran dan Ras Terpencar di sepanjang pesisir P. Papua. Umum di Wewak, Jayapura, Vanimo, dan Madang. Terdiri berdasarkan 2 sub-spesies:
  1. sonoroides (G. R. Gray, 1862) – kepulauan di Papua Barat(Waigeo, Batanta, Salawati, Schildpad, Misool), pula terpencar pada pesisir utara Papua dari Daerah Kepala Burung hingga Teluk Milne, P. Yapen, P. Fergusson (Kep. D’Entrecasteaux) dan pulau-pulau pada tenggara Papua (termasuk Killerton, Samarai and Doini).
  2. versicolor (Gould, 1843) – pesisir selatan Papua menurut Merauke (termasuk pulau-pulau mini lepas pantai) setidaknya hingga Port Moresby; kepulauan pada Terusan Torres (Boigu, Saibai, Daru, Yam and Possession); dan Australia timur-bahari.
Tempat hayati dan norma Burung ini umum dijumpai di kota-kota mini pesisir utara. Lebih menyukai daerah asal hutan mangrove, semak pesisir, kebun-kebun, khususnya pada pulau-pulau mini lepas pantai, secara lokal pada daratan utama. Aktif tetapi pemalu, bersuara sangat nyaring, mencolok, dan merdu. Sering bersembunyi di dedaunan pohon kelapa.(KUTILANG.or.id)

0 Response to "BURUNG CUCAK PANTAIDENGARKAN JUGA BUNYI KICAUNYA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel