BURUNG SIKATAN MELAYU

Burung sikatan melayu atau Malaysian Blue Flycatcher (Cyornis turcosus) artinya jenis burung sikatan yang dikelompokkan ke pada famili Muscicapidae. Spesies burung ini sanggup ditemukan di Brunei, Indonesia, Malaysia, serta Thailand. Burung ukuran sedang,lebih kurang 13 centimeter., dengan dominasi rona biru-tua. Tubuh bab atas burung jantan berwarna biru dengan kekang dan bulu terbang hitam, serta tunggir biru-mengilap/metalik. Bagian dada berwarna merah-bata jingga bergradasi sebagai putih dalam bab perut, rona tenggorokan biru terperinci yang membedakannya menggunakan jenis-jenis Sikatan yg lain.

Burung betina sangat seolah-olah menggunakan burung jantan, perbedaan nya berdasarkan warna putih dalam dagu serta tenggorokannya, serta warna biru yg lebih buram. Tubuh bab atas burung muda berwarna coklat dengan bintik-bintik kuning-tua, sayap serta ekor biru, dada kuning-tua menggunakan sisik hitam bergradasi sebagai putih pada bab perut. Kaki kehitaman, paruh hitam, dan Iris coklat. Lingkar-mata pada burung betina kuning tua.
Suara burung ini memiliki lagu spesial burung sikatan yang menyiul,serta waktu  merasa terancam, mengeluarkan bunyi peringatan “crrk”. Juga panduAN BURUNGan lemah “didel-didel-dii-didel-dii”.silahkan dengarkan audionya dibawah ini.
Spesies ini terbagi sebagai dua ras yang sanggup dibedakan oleh taraf terperinci warna biru dalam badan bab atas burung jantan, serta beredar menjadi berikut:
Cyornis turcosus rupatensis (Oberholser, 1920): Semenanjung Malaya, Sumatera dan Kalimantan bab barat.
Cyornis turcosus turcosus (Brüggemann, 1877): Kalimantan bab timur.

0 Response to "BURUNG SIKATAN MELAYU"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel