BURUNG TANGKAR KAMBING

Tangkar Kambing atau Black Magpie yang dalam bahasa ilmiahnya dianggap menggunakan Platysmurus leucopterus (Temminck, 1824) ini mempunyai berukuran badan Besar (sekitar 38 centimeter.), berbulu hitam menggunakan jambul pendek, tegak. Burung belia belum berjambul. Iris merah; paruh serta kaki hitam. Suara Ramai dengan bunyi berdengung menderik yg aneh, kuakan, dan suara ganda menyerupai lonceng berulang “keting, ka-long” atau tunggal “ketting”.
wikimedia.org/wikipedia/commons

Terdiri menurut 2 sub-spesies, dengan tempat persebaran: Global serta ras: semenanjung Malaysia leucopterus (Temminck, 1824): Semenanjung Malaysia menurut ujung selatan Myanmar (Tenasserim selatan) serta Thailand selatan, Bintan (pada Riau Kepulauan), Sumatra dan Pulau Bangka. Ciri pembeda: berjambul lebih pendek dan terdapat bercak putih pada sayap.
Suara burung ini mampu kalian dengarkan menggunakan melihat video melalui link dibawah ini:
Penyebaran pada Indonesia sendiri mampu dijumpai di  Sumatera (termasuk pulau Bangka), serta Kalimantan aterrimus (Temminck, 1829).perbedaan spesies burung ini antara spesies yang terdapat di Sumatera serta  Kalimantan yaitu bulu hitam dan jambul. Burung ini umumnya lebih gampang terdengar daripada terlihat, menghuni bab tajuk hutan yg tinggi. Tidak generik di hutan utama hingga ketinggian 800 mdpl.

0 Response to "BURUNG TANGKAR KAMBING"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel