BURUNG TUWUSI BURUNG MISTERI NAN MAHAL

Burung tuwu atau terdapat pula yang menyebutnya Burung ulik atau nama globalnya ialah burung asian koel (Eudynamys scolopaceus), artinya burung dari jenis cuckoo yang termasuk dalam keluarga Cuculidae. Burung tuwu dikenal juga sebagai burung parasit, namun ia tidak menyerupai burung kedasih atau cuckoo yang menitipkan telurnya di sarang burung kecil, Burung tuwu lebih cenderung memanfaatkan sarang burung gagak untuk tempat penitipan telur mereka. Keberadaan mereka dapat ditemukan di Asia Selatan, China,dan Asia Tenggara.
                                            Burung tuwu jantan img by Denny Hendrawan
Makanan utama burung tuwu merupakan buah-buahan, tetapi selain itu mereka pula kerap memangsa serangga-serangga baik yg berukuran akbar ataupun mini , termasuk jua memangsa hewan-hewan kecil lainnya. Perbedaan jenis kelamin antara jantan serta betina juga sangat mencolok, yaitu jika warna hitam itu yang jantan, sedangkan betina berwarna khas burung cuckoo yaitu blorok menyerupai burung kedasih
                                                     Burung tuwu jantan dan betina
Bagi sebagian warga terutama di loka pedesaan atau orang tua, Burung tuwu ini dipercaya sebagai burung misteri karena adalah kehadiran burung ini hanya diwaktu-ketika eksklusif dan hanya terdengar suaranya pada subuh hari menggunakan suara yg berpindah-pindah menurut loka satu ke tempat lain dengan cepat. Kehadiran burung ini jua seringkali dikaitkan dengan mitos lama ,yaitu bakal terjadi kejadian buruk pada desa tersebut. Biasanya dikaitkan menggunakan akan adanya orang yg meninggal,hampir senasib menggunakan burung gagak.
Jumlah populasi burung tuwu semakin berkurang setiap tahunnya, ditambah kesulitan mereka pada mencari sarang burung gagak yang pula semakin hilang buat meneruskan generasi mereka, membentuk burung ini semakin sulit ditemukan.meski nir termasuk burung dilindungi, tetapi burung tuwu ternyata poly dicari oleh para kolektor burung. Silahkan kalau mau dengar suara burung tuwu Download suara burung tuwu
Burung tuwu atau burung ulik yang penuh misteri ini kini harganya cukup tinggi.hanya kolektor burung kelas menengah ke atas yang berani dengan harga dikala ini. Di beberapa situs wacana dunia burung menyebutkan bahwa harga burung tuwu sudah ada yang mencapai harga Rp18juta.
Beberapa saat lalu di Magelang juga ada yg menjual burung jenis ini,burungnya yang foto pertama diatas menggunakan harga yg relatif fantastis yaitu Rp7 juta untuk yg jantan serta Rp3 juta buat yang betina.
Mengingat burung ini merupakan burung benalu yg tak pernah mengerami telurnya dan membesarkan anaknya sendiri,serta burung yg biasa dititipi telurnya pula semakin langka,maka populasi burung ini akan semakin langka jua. Sulitnya berkembang biak membangun kolektor burung mengincarnya menjadi burung investasi masa depan alasannya adalah adalah dipastikan nilai jual burung ini akan meningkat,serta semoga ada cara buat mekar biakkan burung ini semoga tidak punah alasannya adalah adalah perburuan yang tidak terkontrol.

0 Response to "BURUNG TUWUSI BURUNG MISTERI NAN MAHAL"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel