CARA BETERNAK BURUNG KUTILANG

CARA BETERNAK BURUNG KUTILANG


Cara Beternak Burung Kutilang : Burung kutilang yaitu burung panduAN BURUNG yang acapkali kita jumpai di poly sekali tempat di indonesia. Pada tempat aku poly sekali burung kutilang yg masih berkeliaran pada sekitar rumah warga pedesaan. Terdapat pula beberapa warga yang memeliharanya di rumah untuk panduAN BURUNGan.Burung kutilang ini kerap mengunjungi tempat-loka terbuka, tepi jalan, kebun, pekarangan, semak belukar dan hutan sekunder, sampai menggunakan ketinggian kurang lebih 1.600 meter dpl. Sering pula ditemukan hidup meliar di taman serta page-laman rumah di perkotaan. Burung kutilang sering berkelompok, baik ketika mencari masakan maupun bertengger, menggunakan jenisnya sendiri maupun menggunakan jenis merbah yg lain, atau bahkan dengan jenis burung yg lain.

CARA BETERNAK BURUNG KUTILANG 

Burung Kutilang Seperti umumnya merbah, masakan burung ini terutama adalah butir-buahan yang lunak. Burung Kutilang acapkali menjengkelkan petani sebab ialah kerap melubangi butir pepaya dan pisang yg sudah masak di kebun. Namun kebalikannya burung ini menguntungkan petani sebab artinya jua memangsa pelbagai jenis serangga, kupu-kupu serta ngengat ulat dan aneka hewan kecil lainnya yang sebagai hama tumbuhan. 
Burung Kutilang mempunyai kebiasaan buat berjemur dan mandi embun setiap pagi, hal ini memiliki kegunaan buat menjaga bulunya yg terus di minyaki. Minyak ini dari menurut bab belakang erat ujung ekornya yang bekerjasama menggunakan badan. Burung Kutilang juga mempunyai kebiasaan menaikan jambulnya bila bahagia maupun ingin buang air besar . Burung Kutilangpun mempunyai masa "Mabung" yaitu saat dimana bulu yang lama rontok dan berganti bulu yang baru. Di saat Mabung burung Kutilang akan cenderung lebih diam baik secara bunyi juga gerakan.

Perawatan burung ini terbilang cukup mudah sebab merupakan burung ini dikenal menjadi burung yang mudah mengikuti keadaan dengan lingkungan sekitarnya sebagai akibatnya seliar apapun burung ini jika telah usang dirawat maka akan sebagai jinak, terlebih jikalau memelihara burung ini menurut piyikan maka akan mudah perawatan dan pula proses
penjinakannya. Untuk makanannya sanggup dibilang tidak merepotkan karena merupakan burung - burung jenis Cucak-cucakan sangat menyukai Buah-buahan serta seranggs. 
Sarang cucak kutilang berbentuk cawan menurut anyaman daun rumput, tangkai daun atau ranting yang halus. Telur 2 atau 3 buah, berwarna kemerah-jambuan berbintik ungu serta abu-abu. Tercatat bersarang sepanjang tahun kecuali Nopember, menggunakan puncaknya April sampai September. 
Burung kutilang menyebar luas pada Tiongkok selatan dan Asia Tenggara kecuali Malaysia , Jawa serta Bali. Di introduksi ke Sumatra dan Sulawesi, beberapa tahun yg silam burung ini jua mulai didapati pada Kalimantan.

Proses Beternak Kutilang


Proses selanjutnya yaitu menyatukan ke 2 kutilang tersebut. Adapun cirri-karakteristik kutilang siap ternak (sudah jodoh) yaitu :
pada ketika jantan didekatkan dengan betina sijantan akan mengejar/menabrak sangkar dengan bunyi yg kenceng dan betinanya menggelepar-geleparkan sayapnya indikasi  minta kawin.
Pada waktu sore hari atau menjelang tidur kutilang betina serta jantan tidur berdekatan.
Sewaktu-ketika antara kutilang betina dan jantan saling meloloh kuliner.
apabila didalam sangkar betina di dikasih sarang beserta isinya, kutilang betina akan menyusun atau merapihkan isi sarang, jika isi sarang sudah disusun umumnya betina siap ternak.
Dalam menyatukan ke 2 kutilang tidak ada hukum saat yang standar anda boleh kapan saja menyatukannya, hanya pengalaman aku ketika yang terbaik yaitu sore hari. Dengan menyatukan sore hari diharapkan pada malam hari keduanya sudah rukun sebagai akibatnya pagi harinya sudah jodoh. Lantaran telah mengalami masa penjodohan maka pada waktu penyatuan nir terlalu riskan berantem tetapi kita wajib terus memantau alasannya ialah takutnya terjadi berantem.
Setelah keduanya rukun coba perhatikan isi sarang bila isi sarang kotor maka ganti isi sarang tersebut dan sebagian isi sarang simpan pada dasar sangkar umumnya isi sarang didasar sangkar akan di pindah ke pada sarang. Untuk memperhalus sarang kutilang betina umumnya suka mencabuti bulu halus jantannya atau bulu halus berdasarkan kutilang betina, biasanya apabila pada pada sarang telah ada bulu-bulu halus tandanya tidak usang lagi induk betina akan bertelor. Untuk mempercepat proses bertelor dan mengurangi mencabuti bulu halus pengalaman aku kedalam sangkar dimasukkan kapas secukupnya. Demikian dulu tabrakan pena tentang proses penjodohan takutnya terlalu kepanjangan
Semoga Bermanfaat........

0 Response to "CARA BETERNAK BURUNG KUTILANG"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel