CARA GAMPANG MENANGKARKAN GELATIK WINGKO



Langkah pertama, tentu saja harus mempunyai minimal sepasang burung gelatik jawa (Padda oryzivora) dewasa atau siap kawin. Pastikan burung betina berusia 1 tahun lebih, agar kualitas anakan lebih terjamin serta jumlah telur mencapai standar, yaitu 5-6 buah per periode peneluran.
Selain itu, pilihlah pasangan induk yg pada keadaan tidak mabung atau mengatakan gejala akan mabung.
Induk yang siap kawin bisa dicermati menurut perilakunya. Induk jantan, contohnya, akan sering berpanduAN BURUNG serta lebih aktif di pada kandang. Kedua induk akan merobek kertas koran yang kita sediakan pada lantai kandangnya.
Salah satu karakteristik menyolok dari gelatik jawa yaitu penampilannya yg sebagai rapi, bulubulu menjadi kedap serta mulus, dikala berada pada kondisi berkembang biak.
Langkah kedua, menyiapkan kandang. Tak ada batasan tentang penggunaan kandang yg cocok. Model sangkar bisa berupa kandang soliter (untuk sepasang induk), sangkar koloni / ombyokan (buat beberapa pasangan induk), juga kandang aviary / umbaran terbuka.

Rangka sangkar pun bisa terbuat dari besi atau kayu. Untuk detailnya, silakan buka lagi di sini. Yang krusial yaitu kenyamanan serta keamanan bagi penghuninya selama masa berkembang biak tadi.
Menyiapkan kotak sarang
Kotak sarang buat burung gelatik jawa dapat menggunakan media kayu yang dibuat khusus (glodok) menjadi kawasan bertelur serta mengerami telur bagi burung ini. Banyak jenis dan tipe kotak sarang, silakan pilih yang sinkron dan cocok dengan kandang penangkarannya.

ANEKA BENTUK KOTAK SARANG
Berikutnya yaitu menyiapkan materi penyusun sarang, misalnya rumput kemarau, sabut/serabut kelapa, atau materi lainnya. Masukkan semua materi ke dalam kotak sarang, lalu ditekan-tekan dengan tangan hingga membangun menyerupai sarang. Ambil beberapa helai materi tadi, lalu diatur sampai menjulur keluar dari pintu masuk kotak sarang. Ini buat memancing burung agar cepat bertelur.

TRIK MEMPERCEPAT  BURUNG BERTELUR
Setelah 7-14 hari dipasangkan, umumnya induk betina akan bertelur dengan jumlah 5-6 buah dan akan menetas setelah 18 hari masa pengeraman. Jika diasuh induknya, piyik akan mulai keluar menurut sarangnya pada umur 28 hari. Piyik dapat pribadi dipasangi ring buat dipasarkan atau dipelihara sampai dewasa.
Untuk lebih mempermudah perhitungan dimulai menurut burung betina bertelur hingga anakan sebagai pandai balig relatif logika silahkan download kalkulatonya disini : Java Calculator
Oh ya, buat memudahkan penghitungan semenjak burung bertelur, lahir anak-anaknya, sampai dewasa, Anda dapat menggunakan software berjulukan Java Calculator.



Semoga bermanfaat...

0 Response to "CARA GAMPANG MENANGKARKAN GELATIK WINGKO"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel