CARA PRAKTIS TERNAK KROTO MEDIA TOPLES BAGIAN II

Untuk tulisan sebelumnya, silakan baca di sini: Cara simpel ternak kroto media toples bagian 1.
Ada beberapa macam cara yang dilakukan buat memindahkan koloni semut yang baru kita dapatkan itu masuk ke dalam media toples atau botol yg kita pakai. Beberapa cara tersebut antara lain:

CARA PERTAMA
Membuat jembatan penghubung antara ember/baskom menggunakan toples memakai lidi atau media lainnya. Setelah itu ditinggalkan saja sampai semua koloni rangrang berpindah ke pada media tadi.
CARA KEDUA
Memindahkan semua koloni kedalam toples atau media lain dengan menggunakan tangan kita, nah untuk itu kita harus memakai pelindung, jangan dari memindahkan menggunakan tangan telanjang kecuali jikalau anda sudah memiliki ilmu kanuragan tentunya,, Cara ini lebih simpel lantaran tidak perlu menuggu semua koloni semut berpindah misalnya dalam cara pertama.
CARA KETIGA
Anda tentu mempunyai pemikiran dan wangsit sendiri bagaimana memindahkan kolonis semut kedalam toples atau botol, jadi pakai kreativitas anda.

TOPLES YANG DIGUNAKAN

Penggunaan toples adalah menjadi media buat loka mereka bersarang, selain toples yang terbuat menurut plastik atau kaca kita pula bisa memanfaatkan botol plastik bekas minuman air bungkus atau kaleng bekas biskuit menjadi media ternak kroto. 
Bagian bawah toples dilubangi menggunakan ukuran/diameter bebas, lubang ini nantinya akan sebagai pintu para semut buat masuk serta keluar sarangnya. Bagaimana bentuk lubang-lubang tersebut, silakan simak gambar berikut: 

Siapkan nampan atau baki, terserah anda yang penting wadah tadi mampu digunakan untuk menampung air dan tidak bocor. Bagian bawah toples dilapisi dengan lakban berwarna gelap ( hitam / cokelat ) atau bisa juga memakai kertas koran seperti dalam gambar dibawah ini:
Siapkan nampan atau baki yang diisi menggunakan sedikit air, setelah itu bagian bawah toples dilapisi menggunakan lakban berwarna gelap atau bisa jua menggunakan kertas koran. Letakkan batu bata dalam bagian tengah nampan yg berisi air buat mencegah toples terendam air, setelah itu letakkan toples pada atas batu bata tersebut. 
Menambah koloni semut
Cara lain buat menaikkan produksi kroto adalah dengan memperbanyak koloni semut. Ada beberapa persyaratan yang diharapkan supaya semut mau menambah koloni barunya, yaitu:
  1. Ada ratu semut
  2. Sarang telah berumur lama
  3. Menyediakan toples kosong yg masih bersih

Menyiapkan pakan 
Dalam ternak kroto, pakan adalah hal paling penting serta utama yang mampu meningkatkan produktivitas ternak kroto. Pakan yang diberikan umumnya pakan yg memiliki kandungan protein serta gula.  Beberapa pakan yg mengandung protein pada antaranya merupakan: jangkrik, cicak, tulang sapi, kecoak, ulat hongkong, ulat sangkar, belalang, tulang ikan, tulang ayam, tulang ayam maupun sisa-residu kuliner lainnya. Sedangkan buat kandungan gula bisa diberikan air yag dicampur gula serta relatif kental. 

Untuk wadah loka pakan sanggup menggunakan bekas tutup botol atau lainnya yang terdiri berdasarkan 2 buah, satu buat menyimpan air gula serta satu lagi buat menyimpan serangga misalnya ulat dan lain-lain. 


Setelah pakan tersedia dan media telah siap, semut ratu akan siap bertelur buat memperbanyak koloni mereka. Jika jumlah telur dirasa sudah relatif, anda sanggup melakukan panen buat kebutuhan pakan burung atau dijual ke pasaran. 


Demikian cara mudah ternak kroto media toples yang cukup singkat, semoga mampu menambah pengetahuan kicaumania. 

Link goresan pena terkait manfaat serta jenis-jenis kroto:


Salam Kicau!

0 Response to "CARA PRAKTIS TERNAK KROTO MEDIA TOPLES BAGIAN II"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel