ELANG GUNUNG BLYTHS HAWKEAGLE

Burung Elang Gunung atau pada bahasa Inggrisnya dikenal dengan Blyth’s Hawk-Eagle ini adalah spesies burung Elang yang memiliki berukuran agak kecil,yaitu sekitar 52 centimeter. Berwarna hitam dan putih. Jambul panjang, ekor bergaris lebar. Dada bercoret-coret memanjang, perut bergaris melintang rapat, nyaris hitam dalam beberapa individu.
Tenggorokan putih menggunakan strip hitam pada tengahnya. Bagian bawah bergaris tebal, masih ada satu garis putih lebar dalam ekor yang hitam. Pada burung yg berusia remaja,bagian atas coklat dan bersisik kuning tua, kepala berwarna pucat, bab bawah kuning renta bergaris coklat, ekor bergaris-garis. Iris kuning, paruh abu-abu, serta kaki kuning.

Penyebaran burung ini  dapat dijumpai pada daerah Semenanjung Malaysia, Sumatra, dan Kalimantan. Kemungkinan beredar luas di Sumatra serta Kalimantan. Habitat alaminya berada di hutan utama, hutan tebangan, pinggir hutan, perbukitan, dan pegunungan menggunakan rentang ketinggian 300-1200 m.
Kebiasaan burung ini acapkali dijumpai berada pada pohon yg tinggi, kadang kala diserang srigunting serta burung mini lain. Terbang berputar pada hutan dikala berburu, menyerang mangsa pada pepohonan. Makanan burung ini berupa Burung kecil lain, ayam, mamalia, kadal, serta sekali waktu pula makan kelelawar.
Suara burung ini berupa nada Siulan nyaring, seolah-olah bunyi burung Elang Jawa.silahkan dengarkan suaranya dibawah ini:
Perkembangbiakan burung ini sangat lambat.dalam satu sarang hanya ditemukan satu anakan,itupun terjadi setahun sekali. Sarangnya diletakkan dalam tajuk bab atas pohon akbar. Status burung ini Appendix II, yg adalah bisa diperdagangkan dengan pengaturan tertentu Perlindungan: PP No. 7/1999.

0 Response to "ELANG GUNUNG BLYTHS HAWKEAGLE"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel