KENALKAH DENGAN BURUNG POKSAI GENTING

Ya, kenalkah para pembaca sekalian dengan burung ocehan yg berjulukan Poksai Genting? Tentunya terdapat yang telah mengenalnya serta terdapat pula yg masih penasaran ihwal burung ini. Burung Poksai Genting merupakan jenis burung ocehan yang loka penyebaran populasinya hanya terbatas dalam tiga negara saja yakni Indonesia, Malaysia, serta Thailand. Di Indonesia burung Poksai Genting bisa dijumpai pada hutan Sumatera dan Kalimantan. Dan menariknya orang-orang umumnya mengenal burung poksai genting menggunakan sebutan Poksai Mandarin.
Di alam liar burung poksai genting hayati pada bab lereng pegunungan, hutan sekunder, tempat persawahan, dan semak belukar. Kebiasaan menurut burung poksai genting dalam mencari makan ialah menggunakan berada pada tanah dan berburu secara berkelompok yg mencapai 4 – 5 ekor. Dan pula buat jenis kuliner yg umumnya disantap sang burung poksai genting merupakan serangga, ngengat, ulat, siput-siput mini , banyak sekali jenis butir-buahan, serta biji-bijian. Tapi makanan utama burung poksai genting artinya menurut hewan yg ukuran kecil menyerupai jangkrik, ulat, siput, dan ngengat.
Nah, burung poksai genting mempunyai karakteristik-karakteristik yg tidak selaras dengan burung ocehan lainnya. Ukuran tubuh dari burung poksai genting hanya sekitar 20 hingga menggunakan 24 cm saja, terdapat warna coklat kemerahan pada bab mahkota kepalanya, paruhnya berwarna kuning tua, buat lingkar matanya berwarna putih pada mana warna matanya sendiri itu berwarna hitam. Untuk pada bab dada, punggung, serta sampai ke bab belakang tubuhnya berwarna abu-abu. Pada bab tunggirnya atau bersahabat kloaka berwarna coklat kemerahan menyerupai pada bab mahkota kepalanya. Ukuran ekornya juga relatif panjang hampir separuh dari panjang tubuhnya yg mempunyai warna abu-abu dalam bab pangkalnya sedangkan pada bab ujungnya itu masih ada warna abu-abu kehitaman.
Sedangkan untuk panduAN BURUNGannya memiliki disparitas antara yang jantan dan yg betina. Untuk yang jantan mempunyai variasi panduAN BURUNGan menggunakan beberapa lagu yang sanggup bergantian dibunyikannya. Sedangkan buat yang betinanya umumnya hanya mempunyai satu jenis panduAN BURUNGan saja serta itu secara berulang dinyanyikan atau monoton. Dan secara generik karakteristik-ciri panduAN BURUNGan dari burung poksai genting mempunyai nada “ker-kwiittt” yg dilagukan secara berulang-ulang dan sambung menyambung dari nada yg satu ke nada yg lainnya.

Burung Poksai Genting yg memiliki nama latin Garrulax mitratus umumnya melaksanakan perkawinan pada bulan Februari sampai Maret yg berlangsung pada Sumatera. Nah, pada trend kawin tersebut burung poksai genting akan membangun sarang menggunakan menggunakan serat tanaman yg sudah kemarau dan akar-akar pohon. Bentuk menurut sarang burung poksai genting ialah mangkuk yang ukuran mini dan tidak terlalu pada atau dangkal. Sedangkan sarang tersebut diletakkan dalam ketinggian 3 sampai 9 meter menggunakan disangkutkan pada pohon yang poly rantingnya.
Sedangkan dalam perawatannya burung poksai genting umumnya mendapat mandi sebanyak dua kali yang dilakukan dalam pagi dan sore hari. Dan juga burung poksai genting juga akan diberikan makan berupa ulat hongkong, jangkrik, serta butir-buahan menjadi ekstra foodingnya. Dan menggunakan rutinnya perawatan yang diberikan kepada burung Poksai Genting maka burung ini akan cepat jinaknya dan gampang buat dilatih.
Yup, demikianlah penjelasan mengenai burung Poksai Genting yang jua dipanggil dengan nama Poksai Mandarin. Semoga menggunakan membaca artikel ini sanggup menambah wawasan kita seluruh. Dan supaya artikel ini berguna bagi semuanya. Terima kasih.
Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber:
//www.kutilang.or.id/burung/konservasi/poksai-genting/
//ompanduAN BURUNG.com/2013/06/18/perawatan-burung-poksay-genting/
Gambar:
//www.pricearea.com/artikel/ini-loh-cara-menentukan-poksay-mandarin-serta-cara-merawatnya/

0 Response to "KENALKAH DENGAN BURUNG POKSAI GENTING"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel