MEMBUAT NEKTAR BUATAN UNTUK BURUNG MADU DAN PLECI

Meskipun termasuk jenis burung yg dilindungi, faktanya burung ini memiliki banyak penggemar yg senang dengan suara serta gaya berkicauanya. Seperti pula burung kolibri atau hummingbird, burung madu menyukai cairan nektar yg asal dari sari bunga. Pada burung madu yg dipelihara, kita tentu tidak sanggup memberikan nektar yg bersumber dari sari bunga, selain mudah menguap mencarinya pula butuh waktu yg relatif lama . Karena itu kita sanggup membuat sendiri nektar dengan bahan-bahan yang gampang dihasilkan. 

Burung madu atau sunbird merupakan jenis burung yg sama sekali tidak sinkron menggunakan jenis burung kolibri, jadi keliru kiranya jikalau terdapat orang yg menyebut burung madu ini sebagai burung kolibri. Burung Kolibri adalah spesies burung kecil penghisap nektar yg hanya mampu ditemukan pada daerah Benua Amerika. 
Meski memiliki kegemaran serupa yaitu menghisap nektar tetapi burung madu gampang diberikan pakan lainnya, seperti voer atau serangga. Selain itu, semanis apa pun nektar yg dikonsumsinya, burung kolibri dan burung madu tidak akan mampu mencicipi rasa anggun dari minuman tersebut, hal itu terungkap pada sebuah penelitian terbaru menurut Harvard University. 

Dalam perawatan hariannya, burung madu membutuhkan asupan tenaga yang relatif banyak berdasarkan pakan yg dikonsumsinya, nah buat melengkapinya kita wajib menaruh nektar dalam burung madu tersebut. 


Tidak perlu repot-repot harus mengumpulkan nektar orisinil dari sari bunga, karena kita bisa menciptakan sendiri nektar protesis dengan kandungan yg 75% seperti dengan nektar aslinya. 


Untuk membuat nektar yang diperlukan merupakan air putih yg bersih dan higienis, dan gula putih yg nir diberikan pengawet atau bahan kimia.  


Dengan perbandingan air serta gula sebanyak 4:1, kedua bahan tersebut lalu direbus hingga mendidih. 
Setelah mendidih, lalu dibiarkan sampai dingin lalu disimpan dalam lemari es/kulkas. 

Setelah nektar buatan ini dingin, berikutnya adalah diberikan dalam burung madu kesayangan kita. 


Untuk menghitung rasio perbandingan air dengan gula putihnya, anda mampu memakai perhitungan berikut: 

  • 1 gelas kecil gula buat 4 gelas kecil air 
  • 3/4 gelas kecil gula untuk tiga gelas kecil air 
  • 1/dua gelas mini gula buat 2 gelas mini air
Dalam pembuatannya, usahakan hindari memakai gula merah yg telah dicampur bahan pengawet atau kimia, sirop, atau gula protesis, lantaran bahan-bahan tersebut nir memiliki kalori yang dibutuhkan sebagai penambah energi bagi burung. 

Dengan rutin mengkonsumsi nektar buatan ini, burung madu akan menjadi lebih aktif, serta rajin berbunyi. Selain itu pakan nektar buatan ini pun mampu diberikan pada burung pleci kesayangan anda. 


Salam Kicau!


0 Response to "MEMBUAT NEKTAR BUATAN UNTUK BURUNG MADU DAN PLECI"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel