MENGANALISIS TERNAK BEBEK/ITIK PEKING SUPER SELAMA 45HARI PRIBADI PANEN



Budidaya Ternak Itik/Bebek Peking Panen 45 Hari  Ternak Bebek/Itik Peking Super  selamat siang para peternak belibis indonesia pada kali ini aku akan membuatkan analisis peluang perjuangan ternak itik peking menjadi itik pedaging sukses dan menjanjikan.laju pertumbuhannya lebih cepat. Untuk mencapai berat 3 kg, itik peking cukup membutuhkan saat pemeliharaan kisaran 45 hari. Ini jauh tidak sama dengan itik biasa atau lokal yang membutuhkan ketika pemeliharaan dua – tiga bulan hanya buat mencapai berat kisaran 2 kg. Tentu saja hal demikian memperlihatkan potensi laba yang besar menurut cepatnya masa panen dan lebih rendahnya porto pakan. Hal ini sudah dibuktikan sang peternak itik di kroya Kab. Cirebon dimana itik peking umur 53 hari mampu mencapai berat tubuh kurang lebih 3.25 kg. Seperti yang sudah dimuat dalam harian kompas terbitan juni 2007. Dalam pemeliharaan 3 bulan sanggup mencapai bobot 4 – 4.lima kg.
· Itik peking lebih tahan penyakit dibanding itik lokal.
· Sifat Itik peking nir kanibal, dll.

Dengan melihat kondisi tadi kami mencoba membangun fatwa dan analisa perjuangan budidaya itik peking dalam rangka percepatan pembangunan peternakan unggas air buat pemenuhan kebutuhan akan daging dalam saat yg relatif cepat, gampang dan mampu dikembangkan.

Selama ini pemenuhan daging itik hanya berasal dari itik petelur yang telah habis masa produksinya alias telah di afkir. Hal ini tidak sejalan dengaan marak serta berkembangnya usaha masakan dan resto serta yang semisalnya yang menyajikan hidangan kuliner daging bebek. Menu olahan daging belibis sebagai daya tarik tersendiri pada berbabagai tempat bisa menjadi sandaran bagi peternak itik pedaging. Tak ayal jumlah usul daging itik naik sedangkan ketersediaan barang sedikit sehingga peluang pasar itik pedaging pun kian menjajikan serta semakin terbuka lebar.

Selama ini itik yang dipelihara dan diternakkan yaitu buat diambil telurnya, sebagai akibatnya buat menerima daging itik wajib menunggu belibis yg nir produktif membentuk telur lagi. Itik – itik inilah yg kemudian dipotong buat memenuhi pemintaan daging itik. Itulah sebabnya kita seringkali menemukan daging itik yang keras serta alot ketika dimakan, tentu saja lantaran daging itik tadi asal berdasarkan itik afkiran yg sudah tua. Kesulitan pada mencari daging itik inilah yg kemudian kami mencoba buat memecahkan penyelesaiannya, hal inilah yag menciptakan kami buat memilih buat beternak itik peking. Daging itik peking belia mempunyai tekstur lebih lembut, lebih empuk, lebih legit serta nilai gizinya lebih tinggi karena mulai dipotong homogen homogen umur 40 hari.

Berikut kami hidangkan beberapa alasan yang akan bisa menghilangkan keraguan anda buat memulai perjuangan penggemukan itik.

Kita seluruh tahu dan mufakat bahwa satu porsi nasi belibis harganya lebih mahal 1 – dua kali lipat jika dibandingkan menggunakan harga satu porsi nasi ayam. Mengapa? Lantaran daging itik memiliki cita rasa khas tersendiri apalagi daging itik muda.

Mengapa itik jantan ?
Harga DOD itik jantan lebih murah dari pada yg betina. Disamping itu secara teori dan praktek pun menyimpulkan bahwa laju pertumbuhan itik jantan lebih cepat daripada itik betina.

Mengapa 40 hari (6 ahad ) 

Sebesar 30 % porto produksi masuk buat biaya pakan. Kebutuhan pakan semakin tinggi seiring dengan bertambahnya umur itik. Selain itu itik jantan nisbi lebih banyak mengkonsumsi pakan daripada itik betina. Semakin cepat ketika pemeliharaan harapannya yaitu semakin sedikit porto yg kita keluarkan buat pakannya. Kedua yaitu dengan memperhitungkan harga jual belibis umur 40 hari yang tidak mengecewakan tinggi. Dan ketiga lantaran dalam rentan umur tadi yaitu laju pertumbuhan yang optimal.

Harga jual serta peluang pasar.
Kalau kita cermati harga itik afkir sekarang ( Desember 2012 ) sekira Rp. 25.000,- s/d Rp. 30.000,-/ekor menggunakan berat kurang lebih 1,lima s/d 1,8 kg. Sedangkan hara itik peking pedaging pemeliharran pada saat 40 hari berat bisa mencapai dua s/d tiga kg dengan harga jual Rp.22.000,- per kg. Sehingga bisa diharapan harga per ekor bisa mencapai Rp.44.000 s/d Rp.66.000,-

Langkah selanjutnya kita membahas pada perjuangan menagement pemeliharan antara lain duduk perkara bibit, pakan, sangkar dan penyakit, berikut akan kami uraikan sedikit tentang ke 4 hal tersebut.

1. BIBIT
Umur itik antara 1 – 7 hari diklaim dengan DOD ( Day Old Duck ). Banyak cara buat mendapat DOD antara lain menetaskan sendiri, beli telur tetasnya, atau beli DOD langsung dari supplier atau penghasil DOD. Kami disini tidak bicara duduk perkara laba rugi tentang cara mendapat DOD. Tapi yang kita bicarakan pada konteks ketersediaan bibit. Kalau lokasi anda bersahabat menggunakan penyedia DOD mintalah DOD yang sudah berumur tiga – 4 hari. Pada umur tadi mampu diketahui DOD yang kerdil atau tali pusatnya bermasalah dan taraf simpulan hayati rendah. Harga DOD itik peking (Desember 2012 ) Rp.8000/ekor.

2. PAKAN
Pakan DOD umur 1 – tiga ahad ( 20 hari ) usahakan memakai pakan orisinil pabrik (concentrate). Yang tak jarang digunakan oleh pakan ayam pedaging. Multi vitamin dan antibiotik serta prebiotik (vitachick, trimechin dan SOC berdasarkan HCS ) wajib tersedia. Frekuensi hadiah pakan jikalau bisa diusahakan lebih banyak serta teratur. Keuntungan yg akan didapat yaitu pertumbuhan yang cepat dan seragam, dan syarat makan harus fresh dan terkontrol.

Setelah umur 3 ahad (21 hari) pakan bisa diganti dengan komposisi 1 belahan konsentrat dan dua belahan pakan buatan sendiri (pada hal ini kami membentuk dengan sistem fermentasi Tehnologi Mikroba Metriks yaitu SOC dari PT HCS). Kadar protein yg diperlukan antara 16 – 22 % menggunakan Energi Metabolisme lebih kurang 2900 – 3000 kkal/kg.


Umur (Minggu)
Jumlah Pakan (kg/hari)
Jumlah minum (liter)

1
1,7
2
2
4,8
4
3
6,6
8
4
9,1
16
5
10
25
6
12
30
Jumlah



Harga pakan serta prebiotik dan harga jual :
Pakan concentrate 1 karung Rp.328.000/per 50 kg.
Harga 1 kg Rp.6560 dibulatkan Rp.6600.
Pakan buatan sendiri 1 kg Rp.3.500,-.
Prebiotik soc 1 botol Rp.55.000 / ½ liter.
Vitamin serta antibiotik RP.15.000,-
127 kg yaitu pakan concentrate pedaging 511/BR 1
164 kg yaitu pakan protesis sendiri / fermentasi
127 x Rp.6600,- = Rp.838.200,-
164 x Rp.3500,- = Rp.574.000,-
291 kg = Rp.1.412.200,-
Harga per 1 kg pakan = 1.412.200 : 291 =Rp.4853-,
Harga pakan buat 1 ekor =1412200 :100 =Rp14.122,-
Berat itik yg diperlukan 2 s/d 2.5 kg
Harga jual itik peking per kg Rp.22.000,- ( Desember 2012 )
Harga per ekor dipercaya rata – rata 2 kg =Rp.44.000,-


3. KANDANG ITIK PEKING

Model kandang buat penggemukan itik peking jantan relatif sederhana yaitu kandang box dan postal.
Kandang box berukuran 1x2 m menggunakan kapasitas 100 ekor buat pemeliharaan 3 ahad dengan lampu pemanas 40 watt 2 butir. Dasar box usahakan diberi bantalan jerami atau materi lain yg yang sejenisnya dan seringkali tak jarang diganti.
Kandang postal buat pemeliharaan usia 21 hari sampai panen.

4. PENYAKIT ITIK PEKING
Beberapa hambatan antara lain :
Kurangnya pengetahuan ihwal beternak unggas .
Bencana alam yang tidak diduga
Keamanan kurang
DOD yang kita beli yaitu palsu, bisa jadi betina atau kualitasnya kurang anggun sebagai akibatnya laju pertumbuhannya kurang.
Tidak menerima pertolongan dari warga sekitar.
Limbah yang yg busuk ( sanggup diatasi menggunakan tehnologi serta model pakan fermentasi menggunakan “probiotik SOC HCS” sebagai akibatnya busuk bisa diminalkan ).
Hasil panen yang melimpah sehingga harga jual turun.
Penyakit serta gangguan kesehatan pada itikWalaupun tidak berakibat fatal, penyakit/gangguan kesehatan wajib permanen diwaspadai. Tanda – pertanda itik sakit. Tidak bersuara , tidak nafsu makan, gerakannya lamban, antara lain :

I. Berak Kapur
Ditandai kotoran itik berwarna hijau menggunakan bercak putih, gangguan kesehatan ini di duga lantaran basil Salmonella typhimurium. Pengobatan yg dianjurkan memperlihatkan Nitrofuran, Sulfa atau anti biotik lainnya, salah satunya dengan mencampur pakan dengan Furasodidon 0,0011 %.

II. Itik lumpuh
Penyebab, kuliner bau atau kadaluwarga, makan bangkai atau terlalu banyak berada di tanah becek. Mengatasinya telankan butiran es batu. Dianjurkan nir menunjukkan pakan botani yg berjamur. Seperti jagung dan bungkil yg sudah lama . Pakan kadaluwarsa ini mengandung Aspergillasis flavur yg bisa meracuni sebagai akibatnya mengakibatkan kelumpuhan.

III. Tidak Nafsu Makan.
Campurkan di air minum 1 liter menggunakan prebotik SOC dua.5 mililiter gram atau trace elemen lainnya serta vitamin .

IV. Gangguan Tenggorokan.
Adanya cacing yang melekat di tenggorokan , cara menanggulanginya dengan mencabut cacing yang melekat menggunakan pinset, sehabis itu diberikan obat Tetrachlor.

5. ANALISA USAHA
Analisa perjuangan yg kami berikan dengan meniadakan porto sewa huma, pembuatan kandang serta energi kerja. Mengapa? Anda tentu lebih mengerti jawabannya.
Berikut perhitungan usaha penggemukan itik peking jantan per 100 dalam 40 hari ( 6 Minggu ) :

Biaya :
DOD 100 ekor x Rp.8000 = Rp. 800.000,-
Pakan 511 = Rp. 838.200,-
Pakan protesis sendiri/fermentasi = Rp. 574.000,-
Prebiotik SOC = Rp. 55.000,-
Vitamin dan antiboitik = Rp. 15.000,-
Biaya tak terduga = Rp. 50.000,-
Total pengeluaran = Rp.2.332.000,-

Pendapatan :
Asumsi itik yg tewas dalam masa 6 ahad yaitu 10 % ,
sehingga yang tersisa 90 ekor dengan perkiraan berat homogen-homogen 2 kg. 
Harga per kg Rp.22.000,-.
Harga per ekor = 2 x Rp.22.000 = Rp 44.000,-
90 x Rp.44.000 = Rp. Tiga.960.000,-
Keuntungan :
Total pendapatan - Total biaya
Rp.3.960.000 – Rp.2.332.000 = Rp.1.628.000,-

Mungkin laba diatas jauh dari bayangan kita, akan namun jangan berpaling dulu. Perhitungan diatas hanya buat jumlah pemeliharaan 100 ekor, maka kami menyarankan buat memulainya dengan 500 ekor, disamping berhemat waktu serta energi, jua untuk memudahkan penjualan ke lain tempat ( bali dan Jakarta), biasanya minimal pengiriman 500 ekor .

Analisa perjuangan penggemukan 500 itik peking pada 6 ahad ( 42 hari ).
· Biaya
a. 500 DOD x Rp.8.000,- = Rp. 4.000.000,-
b. Pakan 511/BR 1 = Rp. 4.191.000,-
c. Pakan protesis sendiri = Rp. Dua.870.000,
d. Prebiotik SOC = Rp. 275.000,
e. Vitamin dan antibiotik = Rp. 75.000,-
f. Biaya tak terduga = Rp. 250.000,-
Total pengeluaran = Rp. 11.661.000,-

· Pendapatan
Asumsi Itik yg mati 10% (50 ekor),
yg hidup 450 ekor, berat rata -rata 2 kg.
Harga per kg Rp. 22.000.
450 x dua x Rp.22.000 = Rp. 19.000.000,-

Keuntungan
Rp.19.000.000.- - Rp.11.661.000 = Rp. 7.339.000,-

Sekedar pembanding jika Anda usaha menggunakan jumlah 100 ekor dan 500 ekor.
Perhitungan analisa perjuangan penggemukan 100 itik peking pedaging dalam 6
ahad ( 42 hari ).
· Biaya :
a. 100 DOD x Rp.8.000 = Rp. 800.000,-
b. Pakan 511/BR 1 = Rp. 838.200,-
c. Pakan buatan sendiri = Rp. 574.000,-
d. Prebiotik SOC = Rp. 55.000,-
e. Vitamin serta antibiotik = Rp. 15.000,-
f. Biaya takterduga = Rp. 50.000,-
Total pengeluaran = Rp. Dua.332.000,-

· Pendapatan
Asumsi itik yg tewas 10 %g
Yang hidup 90 ekor,
berat homogen rata dihitung dua kg/ekor.
Harga per kg Rp. 22.000,-
90 X dua X Rp.22.000 = Rp.3.940.000,-

Keuntungan
Rp.tiga.960.000 - Rp.dua.332.000,- = Rp.1.628.000,-


Pemeliharaan dalam periode starter/anak itik/DOD merupakan tahap penting sebagai langkah awal dalam membuat itik pedaging yg baik. Pemeliharaan dalam termin ini memiliki tujuan untuk menekan simpulan hayati pada fase awal kehidupan DOD dan mempertinggi bobot tubuh itik sesuai menggunakan yang diharapkan pada umur 6 minggu.

1. DOD.
Persyaratan pada memilih DOD itik jantan umur 1 –7 hari menjadi itik pedaging diantaranya :
Bobot minimal 40 gram.
Bulu bersih dan kemarau.
Nafsu makan besar
Umur DOD 4 hari
Tubuh tegap, mata jernih, kaki kokoh
Tidak cacat
Bebas dari penyakit unggas
Pada ketika kedatangan DOD sampai di sangkar, tambahkan ke dalam box pemeliharaan serta pisahkan selama dua jam. Tapi sebelumnya panas buatan sebagai pengganti indukan wajib dinyalakan Setelah itu berikan minum buat per 100 DOD dengan 1 liter air menggunakan 1 0ns gula merah dan 10 mililiter gram /1 tutup botol SOC serta 1 kapsul curcuma/temulawak ( menurut HCS ) serta 1 kapsul herbal noni (berdasarkan HCS ). Mengapa kok menunggu 2 jam ? Untuk menetralkan kondisi tubuh serta mengenal suasana.

Pemberian minum tersebut berfungsi sebagai Prebiotik, anti stres dan mengubah cairan tubuh yg hilang sebagai akibatnya kehilangan berat tubuh bisa dicegah dan memulihkan kesehatan yg normal balik . DOD yang terlambat penanganannya ketika tiba mampu terlihat menurut ketidakseragamnya pertumbuhan.

2. Perkandangan.
- Kandang stater (0 – 20 hari ).
Ukuran sangkar stater dua m x 1 m x 40 cm dengan ketinggihan berdasarkan tanah 50 centimeter. Dan diberi lampu pemanas 40 watt per sangkar dua menggunakan ketinggihan 45 cm berdasarkan bantalan sangkar. Fungsi pemanas menjadi induk buatan buat menjaga suhu tubuh itik, karena pada masa ini bulu itik belum tumbuh dan sistem thermoregulatornya belum berfungsi.
Suhu sangkar +- 370 C serta kelembaban kandang antara 60 – 65 %.

- Kandang finisher ( 21 – 50 hari ).
Kandang finisher disiapkan buat itik pangkas mulai berumur 21 hari hingga siap panen. Kandang disekat
Beberapa bagian,umumnya ukuran 4 x 4m sanggup menampung 100 itik.
Lantai sangkar tiap hari harus dibersihkan buat membuang kotoran itik izin tidak ditumbuhi jamur/bakteri yg merugikan.
Tempat pakan serta minum wajib dijaga kebersihannya.

Kandang wajib selalu dijaga kebersihannya semoga itik merasa nyaman, termasuk tempat pakan dan minum, sisa pakan dibuang dari pada sangkar semoga itik tidak memakan pakan yang basi.
Selain itu sangkar wajib selalu dijaga semoga damai serta kondusif supaya itik nir stres.

tiga. Pakan
> Cara pemberian pakan pada umur 1 – 7 hari dilakukan sesering mungkin bertahap ( 1 hari mampu 5 kali). Hal ini buat merangsang itik semoga mau makan terus menerus. Kondisi ini juga dimaksudkan sekaligus buat memperhatikan itik kondisinya sanggup terus dipantau. Apabila ada itik yg kurang sehat atau kalah bersaing, segera bisa dipindahkan ke petak tersendiri ( karantina ).

> Pakan wajib berdasarkan pabrik yang sinkron dengan standart yaitu 511/BR 1 atau yang setara.
Pakan consentrat 511 diberikan dalam umur itik 1 – 14 hari.
Pada usia 15 – panen kita beri pakan campuran.
Formula pakan 40 % concertrat, dan 60 % protesis sendiri menggunakan difermentasi memakai probitik SOC HSC.
Pemberian pakan dalam 1 hari yaitu tiga kali, yaitu jam 7, 12, 4.
Tempat pakan harus dicuci hingga bersih serta dikeringkan sebelum dipakai kembali

> Minum.
Selama itik makan protesis pabrik, buat minum harus di beri dua,5 ml SOC dicampur lima liter air.

Cara membentuk campurannya :
a. 2.lima ml SOC dicampur lima liter air.
b. 2 sendok makan gula pasir/gula merah dilarutkan pada 1 gelas air.
c. A serta b dicampur serta dibiarkan minimal 15 mnt gres diberikan dalam itik.
d. Pada ketika malam hari tempat minum wajib dikosongkan.
Demikian postingan menurut kami tentang Analilis Usaha Ternak Itik/Bebek Peking Panen 45 Hari semogga berguna..

0 Response to "MENGANALISIS TERNAK BEBEK/ITIK PEKING SUPER SELAMA 45HARI PRIBADI PANEN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel