MENGENAL BURUNG CABAI JAWA / KEMADE / NDAS KAKAK JANTAN DAN BETINA

Burung kecil ini mempunyai sebutan yg banyak, diantaranya yakni burung  cabe jawa, cabean, kemade, tongcit, emprit ndas saudara tertua dan lain-lain, pada bahasa inggris burung ini pada sebut Scarlet Headed Flowerpecker.

Sosoknya seringkali terlihat di pekarangan tempat tinggal , hutan mangrove, pada kebun, serta sangat menyukai pohon-pohon yg sedang berkembang atau berbunga ibarat pohon mangga, jambu, rambutan, kersen dan lain-lain. Daerah penyebarnnya pun cukup luas yakni di Jawa, Bali, Lombok, Kalimantan serta Sumatra.

Burung yg berukuran kurang lebih 8 centimeter ini mempunyai nama latin Dicaeum Trochileum dan termasuk pada keluarga Dicaeidae, bersama-sama keberadaannya mempunyai peranan yang penting pada sistem ekologi, karna beliau mampu membantu penyebaran biji-biji berdasarkan sisa butir-buahan yg telah dia makan, atau yang pada sebut menggunakan Ornithokori (pohon/tanaman yg membutuhkan tunjangan menurut burung buat mengembangkan biji-bijinya), ibarat flora benalu.

Di alam habitatnya burung ini memakan buah berdasarkan tanaman benalu, butir-buahan serta juga serangga-serangga yg berukuran mini .

panduAN BURUNGannya yg khas dengan tembakan crecetannya yang tajam dan kedap, menyebabkan burung ini marak di buru para penghoby Burung panduAN BURUNG, kebanyakan buat  pada jadikan sebagai burung master, apalagi harganya pula cukup terjangkau.

Untuk membedakan jenis kelaminnya pun nir terlalu sulit buat burung yang dewasa
Ciri-ciri Jantan:
Pada bulu bab ketua,leher serta punggung berwarna merah, tunggir / pangkal ekor pula  berwarna merah, sementara sayapnya berwarna gelap / hitam dan perutnya berwarna putih ke coklatan / ke abu-abuan.

Sedangkan betina:
Pada bab tunggir / pangkal ekor jua berwarna merah namun dalam bab ketua hingga punggungnya berwarna coklat ke abu-abuan, buat kurang lebihnya lihat gambar..





0 Response to "MENGENAL BURUNG CABAI JAWA / KEMADE / NDAS KAKAK JANTAN DAN BETINA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel