MENGENAL BURUNG OCEHAN CIU KUNYIT

Burung ocehan Ciu Kunyit telah banyak dikenal sang para pecinta burung ocehan sebagai burung ocehan pemaster bagi burung ocehan lain yang ingin melaksanakan pengisian suara. Burung Ciu Kunyit adalah burung ocehan orisinil pulau Jawa yang banyak ditemui pada bab Barat pulau Jawa sampai mencapai loka Gunung Papandayan. Dan jua populasi menurut burung Ciu Kunyit juga terdapat di loka Jawa Tengah serta Jawa Timur. Sehingga ini sebagai kekayaan satwa bagi negara Indonesia yg dianugerahi kekayaan hewan yang tiada habisnya.
Burung ciu kunyit jikalau ditinjau sekilas memiliki kemiripan dengan burung ocehan sirtu dan cipoh. Lantaran terdapat kemiripan rona antara burung ciu kunyit menggunakan burung sirtu dan cipoh yakni sama-sama berwarna kuning di hampir semua bab tubuhnya dan pula ada percikan rona putih serta hitam yg tampak pada bab sayapnya. Dan buat ciri-karakteristik dari burung ciu kunyit secara generik ukurannya kurang lebih 11 centimeter saja tapi secara spesifik masih ada perbedaan antara ciu kunyit jantan serta betina.
Sedari itu akan dijelaskan terlebih dahulu mengenai karakteristik-karakteristik berdasarkan burung Ciu Kunyit Jantan yang mana karakteristik-cirinya adalah masih ada rona coklat pada bab dagu, dahi, dan kerongkongannya. Warna kuning terdapat dalam bab bawah tubuhnya, rona hijau tampak pada bab atas tubuhnya, ada warna putih yang melingkar dalam bab luar matanya, dan sayapnya disapu rona putih tebal kehitaman yang masih ada 2 garis. Sedangkan buat yg betina memiliki karakteristik-ciri: terdapat rona coklat berangan pada bab dahinya, tampak warna keputihan pada bab bawah perutnya, iris matanya berwarna hitam, paruhnya berwarna hitam, serta kakinya berwarna abu-abu.

Di alam liar burung ciu kunyit hidup berkelompok dan berbaur dengan burung lain saat mencari kuliner pada hutan. Biasanya burung ciu kunyit memakan butir mini , ulat, kupu-kupu, dan serangga yang ukuran mini . Habitat dari burung ciu kunyit merupakan pada semak, hutan, dan pegunungan yang hidup pada daratan dengan ketinggian 1000 – 3000 meter pada atas bagian atas bahari. Bunyi panduAN BURUNGan menurut burung ciu kunyit merupakan bernada tinggi yg berbunyi “tu witwit” dan terkadang panduAN BURUNGannya sanggup beralun-alun menyerupai “ciu ciu ciu ciu” menggunakan cepat. Sehingga bunyi panduAN BURUNGannya terkadang menyerupai tembakan-tembakan yang kedap dengan nada yg tinggi.
Burung ciu kunyit mempunyai nama latin Pteruthius Aenobarbus yg dari menurut keluarga Timaliidae. Di daerah asal aslinya burung ciu kunyit mempunyai aksara yg ribut berpanduAN BURUNG dari satu pohon ke pohon lainnya dan jua ciu kunyit suka membentuk sangkarnya dalam cabang pohon yang tinggi. Ciri-karakteristik berdasarkan kandang burung ciu kunyit adalah bentuknya menyerupai cawan yang dangkal, letaknya disamarkan dengan lumut serta jaring keuntungan-laba yg dicarinya pada hutan. Burung ciu kunyit kawin dalam bulan mei dan juni dengan jumlah telurnya sebanyak dua butir dan ciri-ciri telurnya adalah berwarna abu-abu serta berbintik warna ungu.
Nah, sekianlah klarifikasi tentang burung ciu kunyit yang begitu mempesona menggunakan panduAN BURUNGannya yang menyerupai suara tembakan serta pula para pecinta burung ocehan menjadikannya menjadi burung pemaster bagi burung ocehan yg ingin dilatih. Dan biar artikel ini menambah pengetahuan kita akan burung ocehan terkhusus buat burung Ciu Kunyit.
Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber:
1. //id.wikipedia.org/wiki/Ciu_kunyit
2. //ompanduAN BURUNG.com/2014/06/07/suara-ciu-kunyit-alternatif-masteran-buat-burung-ocehan/
Gambar:
//www.kutilang.or.id/wp-content/uploads/2014/04/Ciu-kunyit_Pteruthius-aenobarbus_TNGM_IY.jpg

0 Response to "MENGENAL BURUNG OCEHAN CIU KUNYIT"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel