MENGENALI PERMASALAHAN YANG UMUM PADA BURUNG CUCAK RAWA

Burung cucakrawa dipercaya menjadi burung berkelas karena harganya yg cukup tinggi, tetapi semakin maraknya even-even lomba yg menampilkan kelas cucakrawa ternyata sanggup membuat poly penggemar mulai tertarik buat memeliharanya. Akan namun saat burung miliknya itu bermasalah banyak di antara penggemar pemula yg mengaku kewalahan mengatasinya.



Dalam perawatan hariannya, terdapat beberapa pertarungan umum yang kerap dialami oleh burung cucakrawa, pada antaranya adalah:
  • Burung yg mengalami over birahi
  • Burung yang ngedrop atau jatuh mental
  • Burung cucak rawa yg sedang memasuki masa mabung
Ketiga hal tadi mungkin dianggap menjadi sesuatu yang biasa bagi kalangan penggemar burung kicauan jenis lainnya, tetapi ketika terjadi pada burung cucak rawa hal-hal tadi sebagai sesuatu yang luar biasa. Sang pemilik dalam hal ini akan segera mencari cara-cara yg menurutnya sangat sempurna dan mampu langsung mengatasi kasus tersebut tanpa menciptakan kasus baru, karena relatif sederhana yaitu lantaran harganya yg mahal.
Sebagai pedoman bagi pemilik burung cucakrawa dalam mengatasi permasalahan yg terjadi dalam burungnya itu, berikut beberapa perawatan yg mampu diterapkan waktu mendapati burung cucakrawa mengalami salah satu kondisi pada atas.
Mengatasi burung cucak rawa yang over birahi.
Seperti halnya burung peliharaan jenis lainnya, burung cucak rawa pun sanggup mengalami syarat over ereksi terutama saat burung terlalu hiperbola mengkonsumsi pakan tinggi protein yg dari menurut kuliner tambahan misalnya jangkrik atau buah-buahan. Selain itu kondisi over birahi dalam burung cucak rawa pula bisa ada saat burung terlalu lama terkena panas surya.
Beberapa hal berikut bisa dilakukan menjadi upaya buat mengurangi ereksi menurut burung tersebut:
  • Ketika burung sedang over birahi pemberian jangkrik mampu dikurangi sebagai 2 ekor saja pada pagi serta sore hari, jika ereksi terlalu parah yang ditandai menggunakan sering mencabuti bulu-bulunya sendiri maka anugerah jangkrik sanggup tidak boleh buat ad interim ketika.
  • Selama 2 - 3 kali seminggu burung tersebut diberikan pakan ulat bambu sebesar 2 ekor.
  • Mulailah merutinkan mandi dalam burung cucak rawa tadi menggunakan waktu yang bervariasi mulai menurut pagi hari, siang, dan sore harinya.
  • Sedangkan untuk penjemurannya bisa dilakukan selama 15 - 30 mnt saja sehari yg dilakukan pada pagi hari dan sore hari sebelum mentari terbenam.
Mengatasi burung cucak rawa yg jatuh mental (ngedrop)
Berbeda dengan kondisi burung yg over birahi, ngedrop biasanya terjadi lantaran mental burung yg jatuh ketika merasa tersaingi. Kalau anda pernah merasakan kalah bersaing waktu memperebutkan wanita pujaan anda, ya misalnya itulah mungkin cita rasanya burung yg kalah mental.
Mengatasi burung cucakrawa yg ngedrop wajib dilakukan menggunakan perhatian yang ekstra, lantaran terdapat perkara burung yang tadinya jinak tetapi lantaran ngedrop serta dirawat tidak menggunakan semestinya ternyata sanggup merubah karakter burung yang jinak sebagai giras/liar.
Untuk mengatasi burung cucakrawa yg ngedrop itu jalan pertama yg wajib dilakukan adalah mengasingkan burung baik menggunakan menyendirikan pada tempat yang sepi tanpa gangguan maupun mengasingkan burung ditempat tinggi, contohnya menggunakan tiang kerekan.
Berikut bagaimana menangani ketika burung cucakrawa sedang ngedrop:
  • Selama dalam perawatan burung usahakan diasingkan menurut keberadaan burung lain.
    Meningkatkan hadiah pakan tambahan atau extra fooding (EF) serangga misalnya jangkrik menjadi 8 ekor yg diberikan pada pagi hari dan 4 ekor diberikan pada sore harinya, sedangkan kroto diberikan seminggu tiga kali dengan porsi satu sebanyak satu sdt yg diberikan dalam pagi hari.
  • Mulai mengurangi jatah mandinya dari yang tadinya 2 - tiga kali sehari menjadi dua - 3 kali seminggu.
  • Untuk penjemurannya sekarang mulai lebih ditingkatkan, berdasarkan yang hanya 30 mnt sebagai 2 - tiga jam sehari yg dimulai sejak pagi hari.
  • Untuk membantu memulihkan kondisi serta staminanya burung cucakrawa tersebut mampu diberikan vitamin setiap harinya.
Mengatasi burung cucakrawa yg mabung
Mabung dalam burung cucakrawa umumnya dipicu sang pergantian musim termasuk juga dalam ketika-waktu musi pancaroba, selain itu perubahan suhu yg mendadak pun mampu memicu burung buat mabung contohnya waktu burung yang selama ini dipelihara pada ruangan lalu selalu ditempatkan pada luar ruangan.
Pada ketika burung mabung secara otomatis seluruh aktivitasnya akan berkurang misalnya burung menjadi kurang aktif, jarang berbunyi, serta cenderung malas-malasan. Hal tadi cukup masuk akal mengingat saat mabung itu burung membutuhkan energinya buat digunakan menurunkan dan menumbuhkan bulu barunya. Karena itu lah penting kiranya waktu burung tadi sedang mabung supaya nir selalu berada pada syarat birahi atau emosi, contohnya menjauhkan dari burung homogen.
Berikut beberapa perawatan mabung dalam burung cucakrawa:
  • Burung diasingkan dan ditempatkan ditempat yang hening, sejuk, dan jauh menurut aktivitas fauna peliharaan lainnya juga aktivitas manusia. Tetapi apabila anda tidak memiliki ruangan atau lokasi yg hening, maka burung mampu diberikan pengkerodongan.
  • Selama mabung atau saat burung menurunkan bulu-bulunya, pemberian mandi dan jemur usahakan tidak boleh atau dikurangi, dan baru dibuat menjadi rutin sesudah bulu-bulu baru mulai tumbuh.
  • Pakan tambahannya mulai ditingkatkan buat memenuhi kebutuhan burung akan gizi dan tenaga yg diperlukan. Contoh perawatan standar waktu burung cucakrawa mabung merupakan hadiah jangkrik yang diperbanyak contohnya 10 ekor pada pagi hari dan 6 ekor pada sore harinya, begitu juga menggunakan kroto yang diberikan rutin setiap hari sebanyak satu sdt, serta buah-buahannya misalnya pepaya yang banyak mengandung air.
Banyak yang bilang masa mabung merupakan masa yg sempurna buat memaster burung peliharaannya, hal ini jua berlaku dalam burung cucakrawa, anda bisa melakukan pemasteran dengan bunyi yg tepat untuk menerima suara burung yang diinginkan.

Itulah beberapa hal terkait bagaimana mengenali serta mengatasi konflik yang umum ketika memelihara burung cucakrawa. 

Subscribe buat mendapatkan aneka video dan bunyi masteran berdasarkan Youtube untuk burung peliharaan anda: Klik Di Sini
Semoga berguna

0 Response to "MENGENALI PERMASALAHAN YANG UMUM PADA BURUNG CUCAK RAWA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel