ORTOLAN BUNTING BURUNG LANGKA YANG BERAKHIR DI MEJA MAKAN

Spesies burung dari famili Emberizidae dikenal menggunakan suara kicauannya yg merdu, salah satunya merupakan Ortolan Bunting (Emberiza hortulana). Jenis burung ini memiliki bunyi yg cukup lantang serta penuh variasi, namun sayang nasibnya harus berakhir dengan sangat tragis. Ortolan bunting banyak diburu serta ditangkapi bukan buat dipelihara menjadi burung kicauan, tetapi dijadikan sebagai makanan glamor.






Sudah sejak lama spesies ini dikenal menjadi bahan kuliner yg sangat enak, terutama pada Eropa. Banyaknya perburuan terhadap burung kicauan ini membuat spesies ini masuk dalam daftar terancam punah. Maraknya perburuan tadi nir terlepas menurut tingginya permintaan akan daging burung ini yg datang dari aneka macam tempat tinggal makan dan restoran-restoran glamor di beberapa negara Eropa terutama pada Prancis.
Ortolan bunting memang dikenal memiliki rasa serta aroma yg sangat lezat , meski buat penyajiannya burung tersebut wajib melewati penyiksaan terlebih dahulu, yaitu menggunakan menenggelamkannya hidup-hidup dalam sebuah ember atau tong yg berisi armagnac atau brandy. 


Bahkan waktu burung-burung ini ditangkapi pun wajib melalui aneka macam cara penyiksaan, di antaranya adalah membutakan kedua bola matanya atau menyimpannya pada sebuah kotak gelap yang berisikan milet, anggur serta buah ara sebagai stok pakannya. Dalam kondisi tidak bisa melihat itulah, metabolisme mereka menjadi terganggu serta menyebabkan burung cepat merasa kelaparan yg akhirnya akan memakan habis seluruh makanannya sampai tubuhnya menjadi gemuk / buncit.  Setelah itu, barulah burung tersebut dibenamkan dalam ember yang sudah berisi minuman keras, buat mencambah cita cita rasanya. 
Uniknya, para penikmat daging burung ortolan ini tak jarang menutupi ketua mereka dengan serbet atau handuk, yang tujuannya adalah agar rasa serta aromanya semakin nikmat. Pada jaman dahulu, menutupi kepala dengan serbet atau handuk umumnya dilakukan oleh orang-orang yang merasa membuat malu dalam Tuhan lantaran sudah memakan mahluk mini yg nir berdosa.



Semakin meningkatnya perburuan akan spesies burung langka ini menciptakan beberapa negara pada Eropa mulai menetapkan peraturan yg melarang menangkap burung ini pada bentuk burung atau telurnya, baik buat dipelihara atau dibentuk menjadi kuliner. 

Berikut bunyi kicauan burung ortolan bunting 


Salam kicau!

0 Response to "ORTOLAN BUNTING BURUNG LANGKA YANG BERAKHIR DI MEJA MAKAN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel