PENYEBAB KENARI BETINA TAK KUNJUNG BERTELUR

Sebagai jenis burung yg poly penggemarnya, kenari selain dipelihara sebagai klangenan pula poly dirawat buat diternak. Banyak kicaumania yg kini beralih profesi menjadi peternak kenari, meskipun dalam pelaksanaannya kerap menghadapi majemuk kendala. Salah satunya adalah kenari betina tidak kunjung bertelur

Permasalahan burung kenari betina yg tak kunjung bertelur umumnya ditimbulkan oleh beberapa hal yaitu: 
Burung belum cukup umur atau masih muda
Secara umum, buat berternak kenari sebaiknya menggunakan sepasang indukan yang berumur lebih dari 1 tahun, lantaran pada umur tersebut burung sudah dianggap matang kelamin dan siap kawin. Selain itu, konduite mereka pun cenderung nir seagresif burung yg berumur pada bawah 1 tahunan. 
Umur minimal betina yang siap kawin merupakan 8 bulan, sedangkan untuk menerima output yang aporisma pada penangkarannya maka usahakan umur betina tersebut telah berumur di atas 10 bulan. 
Mengetahui ciri-karakteristik burung kenari yg siap ternak dapat dicermati dari bentuk kloaka masing-masing. Setelah memasuki umur siap kawin, kloaka mereka akan terlihat membengkak dengan rona kemerahan.

Salah satu burung terlalu agresif 
Jika ada keliru satu burung yg terlalu militan maka proses perkawinan tidak akan pernah terjadi yang mengakibatkan kenari betina tidak kunjung bertelur. Kondisi tersebut umumnya disebabkan oleh galat satu indukan yang belum memasuki syarat breeding atau belum birahi. Untuk mengatasinya maka pemberian pakan tinggi protein misalnya telur puyuh rebus dan sayur-sayurannya harus selalu diberikan buat menaikkan syarat birahi mereka.  
Adapun jika sikap militan tersebut terlalu hiperbola, contohnya dapat membahayakan galat satunya maka solusinya merupakan mengganti indukan dengan yg lainnya.
Bulu sekitar kloaka yg terlalu tebal

Ketika terjadi perkawinan tetapi bulu-bulu di kurang lebih kloaka burung jantan atau betina terlalu tebal, maka proses pembuahan nir akan berjalan sempurna / terganggu. Bisa saja sesudah beberapa hari kemudian si betina bertelur tetapi lalu telur tadi kosong dan gagal menetas. Untuk mendukung kelancaran pada proses perkawinanya, maka bulu-bulu tebal di sekitar kloakanya usahakan dipotong. 
Perkawinan yang gagal tidak hanya ditimbulkan oleh bulu sekitar kloaka yang terlalu tebal tapi mampu juga disebabkan sang kuku-kuku kenari jantan yg terlalu panjang. Kuku yg terlalu panjang bisa menyakiti burung betina saat pejantan mencoba untuk mengawininya. Alhasil perkawinannya pun nir berjalan sempurna.
Itulah beberapa hal penyebab kenari betina tidak kunjung bertelur.
Salam

0 Response to "PENYEBAB KENARI BETINA TAK KUNJUNG BERTELUR"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel