SANGARNYA PENAMPILAN BURUNG PAMBUDI GUNTUR

Sempur hujan sungai atau dikenal dengan sebutan Pambadi guntur (Cymbirhyncus macrorhynchos) memiliki penampilan yg tampak sangar. Paruhnya tebal serta dada berwarna merah darah dengan kalung kehitaman di lehernya. Apabila dicermati berdasarkan atas, burung ini berwarna hitam legam dengan sedikit corak merah dalam tunggir dan garis putih di sayapnya. 



Selain penampilannya yg sangat garang itu, burung ini justru memiliki bulu beraneka warna yang sangat mencolok, serta sangat paradoksal sekali menggunakan suara kicauannya yg parau misalnya bunyi tonggeret. Meskipun bertubuh kecil, namun kepakan sayapnya terdengar bak guntur. Lantaran alasan itu, masyarakat Dayak menjulukinya menggunakan nama Pambudi Guntur. 


Jenis burung ini menghuni hutan dataran rendah mulai berdasarkan Myanmar, Kamboja, Thailand, Malaysia, sampai ke Indonesia. Namun penyebarannya pada Indonesia hanya masih ada pada Sumatera dan Kalimantan saja. Sesuai namanya, spesies burung ini bisa ditmukan pada sepanjang aliran sungai saat berburu pakan favoritnya, yaitu serangga, kepiting, siput, dan ikan-ikan kecil. 




Karena berhabitat di kurang lebih aliran sungai, sempur-hujan darat atau Pambudi Guntur akan bersarang di pohon-pohon yang tidak jauh menurut aliran sungai. Sarangnya unik, berbentuk memanjang serta menggantung di cabang pohon. Pada bagian tengahnya terdapat sebuah lubang loka burung ini keluar masuk.

Suara kicauan burung sempur-hujan sungai atau black and red broadbill: 



Salam

0 Response to "SANGARNYA PENAMPILAN BURUNG PAMBUDI GUNTUR"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel