SUARA BURUNG CEKAKAK SUNGAI

Burung Cekakak sungai atau dalam bahasa lokal di desa saya namanya Burung tengkek udang. Dalam bahasa Inggrisnya diklaim collared kingfisher (Todiramphus chloris) ini merupakan spesies burung Raja Udang menurut famili Alcedinidae, dari genus Todirhamphus. Burung ini merupakan jenis burung pemakan kadal, serangga akbar, katak, ulat, cacaing yg memiliki tempat asli di daerah terbuka bersahabat perairan, kebun, kota, tepi hutan, tersebar hingga ketinggian 1.200 m dpl.
Ciri-karakteristik burung Cekakak sungai memiliki badan ukuran sedang (24 cm). Warna biru serta putih. Mahkota, sayap, punggung, dan ekor biru kehijauan berkilau terang. Setrip hitam melewati mata. Kekang putih. Kerah dan Tubuh bab bawah putih higienis. Iris coklat, paruh atas serbuk tua, paruh bawah pucat, kaki abu-abu. Suka bertengger pada bebatuan atau pohon.
//www.besgroup.org/

Ketika memangsa makanannya yang ukuran agak besar ,biasanya burung ini akan membanting-bantingkan dahulu sebelum dimakan. Suara burung ini relatif keras,berbunyi hampir terdengar sepanjang hari. Sarang berupa galian dibawah pohon atau emperan tanah maupun di tebing serta tepi sungai. Telurnya berwarna putih, dengan jumlah dua-3 buah sekali pada perkembang biakannya.
Burung ini berbiak antara bulan Maret-Juni, September-Desember. Wilayah penyebaran burung ini relatif luas,yaitu sanggup dijumpai pada wilayah Asia Selatan, Asia tenggara serta pula hingga ke Australia. Wilayah penyebaran lokal di Indonesia sanggup dijumpai di Sumatera, Kalimantan, Jawa, Bali, Sulawesi, Maluku serta juga Papua.
Jenis Burung raja udang sebenarna teemasuk burung yg dilarang diganggu kelestariannya pada alam,tetapi alasannya adalah burung ini termasuk jenis burung yg mudah dipelihara dan gampang menyesuaikan diri,jadi poly orang yg menangkap juga merogoh anakannya buat dipelihara. Selain itu pula burung ini bisa jinak tanpa wajib dimasukkan kedalam kandang menyerupai burung peliharaan dalam umumnya.
Populasi burung ini makin hari makin menyusut,semoga tidak bernasib menyerupai burung yang lain yg diburu tanpa batas. Bagi pecinta panduAN BURUNG mania,silahkan dengarkan saja audionya dibawah ini.
Semoga bermanfaat dan salam panduAN BURUNG mania.

0 Response to "SUARA BURUNG CEKAKAK SUNGAI"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel