TIPS MENJAGA KONDISI CENDET AGAR TIDAK MUDAH KENDOR

Memelihara burung sejenis cendet terkadang butuh perawatan ekstra mengingat sifat cendet termasuk yg gampang berubah. Meski termasuk jenis predator tetapi cendet yang dipelihara sudah cukup usang, terutama yg telah sangat jinak tak jarang menerangkan konduite malas-malasan atau selalu indolen dan nir bersemangat. Hal tadi tentu akan mengurangi penampilan burung baik dalam kesehariannya juga waktu dilombakan. Untuk itu tips berikut sanggup membantu membangkitkan kondisi cendet yang mulai kendor. 

Perawatan yg rutin menggunakan perlakuan yg sama setiap hari terkadang membuat sebagian pemilik burung merasa cepat bosan dengan kegiatan hariannya tersebut. Mereka pun mulai merubah cara perawatan atau bahkan meninggalkan pola perawatan yg biasa diberikan, dan secara nir eksklusif hal tadi sebenarnya sanggup merubah karakter berdasarkan burung tadi.  Tidak sedikit burung yg kemudian sebagai macet suara, malas-malasan menggunakan stamina serta mental yang terus menurun.

Tips berikut akan membantu anda pada mengatasi kasus cendet yang mulai kendor, baik berdasarkan segi mental juga aktivitas hariannya. 


Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam perawatan cendet adalah: 


1. Menjaga stamina 


Menjaga stamina burung sanggup dilakukan menggunakan berbagai macam cara, termasuk pada antaranya merupakan menaruh pakan tinggi nutrisi, air minum yang bersumber menurut air matang yg bersih atau air mineral, mandi serta jemur. Selain hal pada atas, anda sanggup memberikan tambahan multivitamin pada burung cendet anda, contohnya dengan memberikan BirdVit setiap dua - tiga kali seminggu. 


2. Menstabilkan ereksi 


Cendet termasuk jenis burung yang sangat aktif, serta buat mendukung keaktifannya itu mereka wajib mendapatkan asupan pakan yg tinggi gizi, terutama protein. Karena itulah dalam perawatan hariannya agar cendet nir gampang "kendor", maka hadiah pakan tambahan misalnya serangga (jangkrik, UH, Kroto) wajib diberikan dalam jumlah yang lebih banyak terutama buat burung yg masih dalam kondisi masih belia atau bakalan. Dan buat menjaga birahi mereka tetap stabil meski mendapatkan asupan EF yang tinggi, cendet tersebut bisa diberikan terapi mandi malam setiap 2 - 3 kali seminggu. 


3. Menjaga mental 


Dalam kehidupannya di tempat asal alaminya, cendet adalah jenis burung yg sangat agresif bahkan dikenal jua sebagai burung predator. Selain memangsa serangga seperti kumbang atau belalang, cendet tak jarang terlihat mengejar burung-burung kecil buat dijadikan santapannya, bahkan termasuk juga hewan-fauna bertulang belakang lain seperti tikus, katak bahkan berbagai jenis reptil. 



Dalam perawatannya, buat menjaga mental serta karakter cendet tersebut, maka usahakan burung tersebut jangan terlalu tak jarang dimanjakan. Sesekali bangkitkan insting predator mereka dengan menyediakan fauna - fauna kecil atau bahkan burung kecil ke dalam kandang hariannya. 


4. Mengkondisikan cendet


Satu hal terakhir ini yg kadang relatif sulit dilakukan, yaitu mengkondisikan agar cendet selalu berada pada kondisi siap tempur terutama ketika hendak diajak bertanding dalam sebuah perlombaan. Karena itulah satu point penting pada mengkondisikan burung adalah menggunakan mengenali karakter menurut burung tadi, sehingga dengan begitu anda sanggup menemukan setingan yang pas hingga burung siap dilombakan. 


Untuk mengenali karakter burung, anda mampu melakukan "trial and error" dengan cara mencari setingan yg tepat bagi burung anda, buat itu anda bisa mengikuti beberapa tips-sarang berdasarkan sesama penggemar cendet mengenai perawatan sebelum dilombakan atau mengkombinasikan beberapa teori perawatan yg anda ketahui. 
Semoga manaat

0 Response to "TIPS MENJAGA KONDISI CENDET AGAR TIDAK MUDAH KENDOR"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel