TIPS PERAWATAN MABUNG PADA ANIS MERAH

Banyak yang menyebut bila memelihara burung sejenis anis merah membutuhkan perawatan yang ekstra terutama waktu burung tadi sedang atau memasuki masa mabungnya. Hal tersebut cukup beralasan karena nir sedikit pemilik anis merah yg tadinya rajin bunyi sekarang sebagai burung yg macet suara seusai mabung. Dan buat membantu sobat agrobur berikut beberapa saran seputar perawatan mabung pada anis merah. 

Entah kenapa , banyak penggemar burung yg mengaku trauma atau nir bisa merawat burung homogen anis merah, sehingga sanggup dibilang penggemar burung jenis ini hanya orang-orang tertentu saja alias orang yang berani mencoba sesuatu yg baru. Padahal bila memang burung anis merah tadi berjenis kelamin jantan serta memang mogok suara atau tadinya pernah berbunyi apalagi pernah teler, bukan tidak mungkin bila burung tadi akan balik dalam syarat tadi apabila dirawat menggunakan penuh kesungguhan. 
Namun sayangnya, kini ini banyak orang yg menggunakan mudahnya menjual burung anis merah bakalan lalu disebutnya sebagai burung yg macet suara, hanya lantaran burungnya itu memang tidak berbunyi. Untuk itu usahakan kita jua wajib sanggup jeli serta mengetahui dari dan usul menurut anis merah yg akan kita beli tadi, jangan hingga hanya membuat kita kecewa lantaran burungnya yang tidak mau berbunyi. 
Pentingnya ketenangan dan keamanan bagi burung yg mabung

Jika kebetulan kita mempunyai anis merah yg sudah berbunyi ngeplong, dan waktu burung mulai menerangkan gejala mabung atau rontok bulu yang ditandai dengan berjatuhannya bulu-bulu halus, maka hal terpenting yg wajib kita lakukan merupakan memberikan burung anis merah itu ketenangan serta keamanan. Lantaran dua hal itu yang menjadi kunci apakah burung tersebut nantinya akan tetap rajin suara atau malah mandeg alias macet bunyi. 
Anis merah yg sedang mabung, pada saat itu tenaga mereka akan dipakai buat menurunkan bulu-bulu lama yang sudah kering atau rusak, sehingga buat proses itu mereka butuh ketenangan dan tanpa gangguan, baik menurut pemilik atau gangguan yang timbul menurut lingkungan sekitarnya contohnya suara yg bising atau berisik, gangguan polusi berdasarkan asap pembakaran sampah atau asap knalpot yg mengganggu, gangguan menurut fauna-fauna lainnya serta gangguan menurut burung kicauan lain yg bersuara keras/kencang. 
Memberikan ketenangan dalam burung anis merah, sanggup dilakukan menggunakan menggantung pada loka yg damai atau adem, misalnya pada dekat  kamar mandi atau pinggir sungai. Lantaran selain butuh ketenangan, suasana yg sedikit lembab bisa membantu burung merontokkan bulu-bulunya selama mabung. 
Usahakan jua kita tidak terlalu acapkali mengganggu mereka . Untuk hal-hal rutin yang biasa dilakukan setiap hari, seperti membersihkan kotoran, memandikannya mampu dilakukan setiap 2 - 3 hari sekali saja, sedangkan buat mengubah makan (butir-buahan) serta air minumya bisa dilakukan pada pagi, siang serta sore hari, atau pada pagi dan sore hari saja.  
Selama masa mabung, kita memberi kesempatan dalam burung buat merontokkan bulu-bulunya, dan itu juga termasuk nir memandikan ataupun menjemur burung. Hal tadi bertujuan agar proses mabung lebih cepat terselesaikan serta burung nir akan gampang terkena mabung tertekan yg berujung dalam macet suara tersebut. 
Selain faktor tenang serta aman, terdapat faktor lain yg turut membantu proses mabung pada burung anis merah, yaitu menaruh vitamin, pengaturan EF dan pemasteran. 
Vitamin bisa diberikan buat membantu burung melewatkan masa mabungnya dengan mudah, selain itu buat mempertahankan syarat burung.  Sedangkan pengaturan EF bisa dilakukan dengan menyediakan butir-buahan yg sempurna selama mabung, misalnya pepaya, pisang , dsb, begitu jua menurut EF serangga seperti cacing tanah yang sanggup ditingkatkan porsinya. 
Setelah burung mulai menumbuhkan bulu-bulu jarum yg baru, dalam ketika itu kita sanggup melakukan pemasteran. Sampai akhirnya bulu-bulu tersebut mulai tumbuh dan kita bisa menaruh perawatan rutin seperti biasa seperti memandikan supaya bulu-bulu tersebut cepat tumbuh serta berkilauan, dan yang juga wajib dicatat begitu burung sedang pada termin menumbuhkan bulu baru adalah nir menjemur terlalu hiperbola, karena hasilnya akan menciptakan bulu-bulu yg tumbuh nantinya akan sebagai kering dan mudah keriting (bulu yang terbalik). 
Dengan melakukan perawatan mabung buat anis merah yg sempurna, maka burung nir akan mudah stress, dan menggunakan syarat tadi burung pun tetap akan berkicau menggunakan lantangnya. 
Semoga berguna

0 Response to "TIPS PERAWATAN MABUNG PADA ANIS MERAH"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel