VILAGE INDIGO FINCH PARASIT BERSUARA MERDU

Sudah banyak jenis burung finch yang dipelihara dan ditangkarkan di Indonesia termasuk salah satunya adalah Village indigo (Vidua chalybeata) atau finch mania menyebutnya sebagai burung indigo. Spesies burung ini termasuk dalam keluarga Viduidae yang dikenal menjadi burung parasit, tetapi meskipun begitu suara kicauan village indigo cukup merdu dan penuh variasi.  

Village indigo merupakan jenis burung yg mempunyai ukuran panjang 11 - 12 cm. Burung jantan dewasa memiliki tubuh berwarna hijau kehitaman yg akan berubah menjadi biru kehitaman serta paruh tebal yang berwarna putih. Sedangkan penampilan burung betina lebih mirip menggunakan burung gereja tempat tinggal betina (house sparrow) dengan tubuh permukaan berwarna coklat, tubuh bawah putih kusam, alis putih serta paruh yang berwarna kekuningan. Burung belia mirip dengan burung betina namun tanpa alis.

Seperti jua jenis burung berdasarkan famili Viduidae lainnya, burung indigo adalah burung parasit yg akan menitipkan telur mereka pada sarang burung lain terutama jenis Red-billed firefinch atau lebih dikenal menggunakan Senegal firefinch (Lagonosticta senegala). Meski begitu sifat burung indigo nir sama menggunakan jenis burung parasit lain misalnya kedasih atau cuckoo yg acapkali Mengganggu telur yg telah ada pada sarangnya. Burung indigo akan menyimpan telurnya yg berjumlah dua - 4 butir telur bersama dengan telur lain yang telah terdapat dalam sarang tadi.

Tidak gampang menangkarkan burung indigo pada kandang penangkarannya, terlebih menggunakan sifat parasit menurut burung ini yang hanya mau bertelur pada sarang red-billed firefinch. Sehingga buat menangkarkannya anda wajib memiliki sepasang burung tadi agar sanggup "dikerjai" oleh burung indigo ini. Kesulitan lainnya adalah burung indigo yg mempunyai sifat teritorial, sebagai akibatnya menangkarkan mereka menggunakan menggunakan burung finch lainnya selain menurut red-billed firefinch ini tentu akan menyulitkan.
Walaupun begitu banyak penggemar burung yang permanen memelihara spesies burung ini lantaran bunyi kicauannya yg ngerol dan penuh variasi, sehingga sanggup dijadikan sebagai burung masteran bagi burung peliharaan jenis lainnya.
Semoga bermanfaat

0 Response to "VILAGE INDIGO FINCH PARASIT BERSUARA MERDU"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel