APA ITU MABUNG STRES DAN MABUNG TAHUNAN

Pergantian bulu atau yg dikenal dengan istilah mabung merupakan siklus wajib yang akan dialami oleh setiap burung panduAN BURUNGan. Biasanya proses ini akan dialami setiap tahunnya sesuai dengan jadwal daur burung masing-masing. Maksudnya begini, misalnya anda ketahui burung panduAN BURUNGan milik anda mabung buat yang pertama kali dalam bulan Januari, maka kemungkinan akbar pada bulan Januari tahun depan burung tadi akan mengalami masa mabung berikutnya.
Pada burung panduAN BURUNGan yang pada kondisi normal siklus mabung ini akan terjadi pada ketika yg sama setiap tahunnya. Keadaan yang menyerupai inilah yg diklaim dengan daur mabung tahunan. Siklus tahunan berjalan sesuai menggunakan rotasi masa mabung awal berdasarkan burung panduAN BURUNGan tersebut. Dan siklus ini adalah daur normal yg mengambarkan keadaan mabung pada burung tersebut berjalan dengan semestinya.
Namun pada luar berdasarkan siklus mabung tahunan, dikenal juga istilah mabung stres. Istilah ini digunakan pada burung panduAN BURUNGan yg mengalami mabung tapi pada luar dari daur tahunannya. Dikatakan menjadi mabung stres, sebab penyebab utama yang mendasarinya ialah stres yang dialami burung panduAN BURUNGan tadi.
Dampak Mabung Stres
Secara kasat mata, burung panduAN BURUNGan yang mengalami mabung stres sulit buat menumbuhkan dengan cepat bulu-bulu yang telah rontok. Tentu saja hal ini akan mengganggu perkembangan dan kemampuan burung tersebut. Lebih berdasarkan itu, pada burung panduAN BURUNGan jantan umumnya akan mengalami penurunan kadar hormon testosteron. Sementara pengaruh negatif lainnya adalah kemampuan dalam berpanduAN BURUNGnya semakin menurun, dan bahkan sanggup hilang hingga daur mabung tahunan burung tersebut kembali serta berjalan dengan normal.
Terkait menggunakan faktor penyebabnya sebagaimana yg telah disebutkan di atas bahwa pemicunya adalah sebab burung tadi mengalami stres, sehingga hal ini merangkum pada segala hal yang mengakibatkan stres dalam burung panduAN BURUNGan itu. Mengenai itu, di bawah ini merupakan hal-hal yg bisa mengakibatkan efek stres pada burung panduAN BURUNGannya :
  1. Burung ketakutan : faktor ini sanggup muncul berdasarkan poly sekali gangguan menurut luar menyerupai gangguan berdasarkan hewan lain, ramainya kemudian-lalang insan pada dekatnya, ataupun dari bisingnya polusi bunyi pada lebih kurang burung tersebut sebagai akibatnya membuatnya stress.
  2. Terlalu dini untuk ditarungkan : beberapa penghobi kadang senang sekali menyandingkan burung muda buat dites bunyi menggunakan burung panduAN BURUNGan cendekia balig relatif logika yg sudah memiliki bunyi panduAN BURUNGan yang mapan. Bagi burung dewasa, hal ini nir menjadi kasus, sebaliknya bagi burung muda itu akan menyebabkan efek stres karena tidak sanggup menyaingi kemampuan lawan mainnya.
  3. Kekurangan gizi : faktor ini pula menyebabkan stres karena kebutuhan nutrisi dan gizi yg diperlukan badan burung tadi nir terpenuhi.
  4. Suasana tidak stabil : burung akan lebih senang serta nyaman jika kondisi ruangan ataupun wilayah sangkar berada pada lokasi yg mempunyai suasana stabil. Baik dari suhu juga keadaannya. Jika jauh berdasarkan kondisi ini, kecenderungan burung buat mengalami stres akan tinggi.

Upaya Penanganan
Dalam syarat menyerupai ini tentunya kalimat bijak yang menyampaikan mencegah lebih baik daripada mengobati menjadi sangat penting buat dilakukan. Tapi bila burung panduAN BURUNGan tersebut sudah terlanjur mengalami proses mabung stres ini, maka tindakan yg wajib anda perbuat ialah dengan memaksimalkan proses perawatan mabung burung panduAN BURUNGan tersebut.
Secara lebih khusus lagi, langkah yang patut anda terapkan adalah melaksanakan perawatan yang sanggup menyebabkan dampak untuk mempercepat tumbuhnya bulu-bulu yg sudah rontok. Karena pengaruh negatif ini (rontoknya bulu) akan sebagai penentu buat meningkatkan kecepatan setelah proses mabung stres yg dialaminya.
Adapun perawatannya ialah sebagai berikut :
  1. Teknik pengerodongan dalam sangkar burung wajib diterapkan, menggunakan skala saat 1-2 kali pada sepekan boleh membuka kerodong.
  2. Cari lokasi buat penggantungan kandang dalam daerah yang nyaman, jauh dari gangguan-gangguan yang sanggup menciptakan dampak stres pada burung tadi.
  3. Pastikan kebutuhan nutrisi serta gizi burung di masa mabungnya terpenuhi dengan baik, sumbangan ekstra fooding mutlak diharapkan, terutama yg mengandung banyak protein, menyerupai kroto.
  4. Perawatan mandi dan jemur harus dikurangi dalam masa mabung, akan tetapi bukan berarti tidak perlu buat dilakukan.
  5. Ada baiknya buat meningkatkan kecepatan tumbuhnya bulu, sumbangan multi vitamin atau perhiasan yang sinkron juga sebagai langkah yang sangat baik.

Dengan langkah-langkah ini diperlukan mabung stres yang dialami burung panduAN BURUNGan mampu teratasi dan siklus mabung burung bisa balik berjalan menggunakan normal. Semoga
Oleh : Roma Doni
Sumber Referensi :
//ompanduAN BURUNG.com/2013/03/28/memahami-mabung-stres-mabung-tahunan/

0 Response to "APA ITU MABUNG STRES DAN MABUNG TAHUNAN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel