BURUNG OCEHAN PAOK HIJAU

Sudahkah anda mengetahui mengenai burung Paok Hijau? Tentunya kebanyakan dari para pembaca sekalian lebih mengenal burung Paok Sayap Biru yg telah usang dikenal oleh rakyat tidak hanya mampu berpanduAN BURUNG akan tetapi mengandung mitos yg diyakini kebenarannya. Nah, burung paok hijau tidaklah mengandung unsur mitos yg menyerupai burung paok sayap biru yg diyakini sang masyarakat melainkan burung ini jua mempunyai pelukisan yg cukup menarik buat diulas. Artikel ini mencoba buat menguraikan mengenai burung paok hijau yang memiliki warna bulu yang latif serta mempesona. Sedari itu simaklah artikel ini hingga tuntas.
Burung paok sayap biru bukanlah burung endemik orisinil Indonesia yg daerah penyebarannya tidak hanya berada pada Indonesia saja melainkan jua merambah ke banyak sekali negara di benua Asia. Penyebarannya di luar negeri pada antaranya terdapat pada India, Himalaya, Thailand, Filipina, Laos, dan Malaysia. Sedangkan pada Indonesia penyebarannya masih ada di kawasan Sumatera, Nias, Jawa, Bangka Belitung, Kalimantan, Sulawesi, serta Papua. Begitu tingginya tempat yang ditinggali oleh burung paok hijau mengakibatkan burung ini relatif populer di kalangan rakyat Asia.
Umumnya pada alam liar burung Paok Hijau hidup dalam hutan yg memiliki kelembaban yg baik, adalah beliau menyukai hutan lembap sebagai loka tinggalnya. Kebiasaan berdasarkan burung paok hijau yg hidup di hutan adalah berjalan menggunakan melompat-lompat di atas tanah ketimbang terbang mengitari pepohonan. Burung paok hijau yang melompat-lompat di tanah bukanlah suatu rutinitas yg dilakukan tanpa alasan. Tujuannya melompat-lompat pada atas tanah artinya buat mencari masakan yang banyak bersembunyi di kembali kayu meninggal, dedaunan kering dan di dalam tanah. Burung paok hijau akan membalik-balikan dedaunan kering buat mencari serangga mini dan buah-buahan yang jatuh menurut pohon. Dan pula ia akan mematuki kayu yg telah mangkat buat bisa memakan invertebrata serta ulat-ulat mini yang bersembunyi di balik kayu yang mati. Serta burung ini aktifnya beraktivitas dalam siang hari dan pada malam hari burung ini akan beristirahat di atas ranting pohon.

Nah, karakteristik-ciri fisik dari burung paok hijau artinya secara umum memiliki warna hijau mencolok pada penggalan atas tubuhnya, sayap, dan penggalan dadanya. Ada juga warna hitam yg tampak menutupi kepalanya hingga ke leher serta di penggalan bawah dadanya atau perutnya. Pada penggalan tunggirnya terlihat rona merah mencolok hingga ke ujung ekornya. Pada penggalan sayapnya tampak rona putih kebiruan yang berada di pangkal sayapnya. Sedangkan untuk ekornya, burung paok hijau hanya memiliki ekor yg sangat pendek dan bisa dikatakan burung ini nir memiliki ekor.
Sedangkan buat bunyi panduAN BURUNGan menurut burung paok hijau terdengar indah dan mengalun-alun. Di mana bunyi panduAN BURUNGannya diucapkan menggunakan interval yang rendah dan berulang-ulang. Dan bunyi panduAN BURUNGannya menyerupai ini “pih....pih....pih” yang dikeluarkan dengan siulan ganda. Karakter burung paok hijau adalah tidak takut dalam makhluk ajaib yang mendekatinya termasuk insan. Jika pada antara para pembaca yg lagi bepergian ke hutan serta secara tak sengaja atau sengaja bertemu menggunakan burung paok hijau cobalah dekati menggunakan santai dengan menjulurkan tangan maka burung ini tidak akan lari melainkan diam serta malah berkeinginan buat mendekati.
Musim kawin atau masa berkembang biak bagi burung paok hijau adalah antara bulan Mei, Oktober, Februari, Desember, serta Juli yang bhineka tergantung loka serta wilayah dia tinggal. Burung paok hijau sekali bertelur dalam demam informasi kawin mampu mencapai dua hingga 5 buah telur yang diletakkan dalam sarang yang berbentuk kubah mendatar.
Yup, inilah uraian ringkas mengenai burung Paok Hijau yg mempunyai kebiasaan unik yang mengesankan. Dan menggunakan membaca artikel ini hingga tuntas akan menambah pengetahuan kita tentang beragam jenis burung ocehan. Dan biar artikel ini sebagai bermanfaat. Terima kasih.
Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber:
//www.kutilang.or.id/burung/konservasi/paok-hijau/
Gambar:
//orientalbirdimages.org/search.php?Bird_ID=1323&Bird_Image_ID=44052&p=8

0 Response to "BURUNG OCEHAN PAOK HIJAU"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel