CANTIKNYA BURUNG MADU MATARI

Burung endemik orisinil Indonesia pada pecahan timur jenisnya sangatlah bermacam-macam dan keliru satunya artinya burung ocehan Madu Matari. Habitat asli burung madu matari artinya kawasan Nusa Tenggara dan Flores. Sehingga burung ini sebagai unik karena daerah penyebarannya hanya masih ada pada kedua tempat tadi saja. Hutan ialah habitat yang umumnya tempat burung madu matari menetap serta berkembang biak. Burung ini memiliki nama ilmiah Cinnyris Solaris yg dari berdasarkan famili Nectariniidae yg umumnya kuliner kesukaannya ialah sari bunga (nektar) yang terdapat pada putik bunga. Sama menyerupai keluarga nectariniidae lainnya burung madu matari juga menyukai tempat-loka rimbun yg penuh bunga ataupun buah-buahan, lantaran masakan harus bagi burung dari famili Nectariniidae ialah nektar dan buah-buahan.
Burung madu matari ialah jenis burung ocehan yg bertubuh kecil yang hanya lebih kurang 11 centimeter saja, sama menyerupai burung ocehan pemakan butir-buahan serta sari bunga atau nektar yakni burung kolibri. Dengan ukuran badannya yang tampak mini mengakibatkan burung madu matari digelar oleh rakyat Mbeling berdasarkan galat satu perkampungan di Nusa Tenggara menggunakan nama “Peti” yang artinya artinya burung kecil. Terkesan unik dan menarik lantaran kebolehan dari burung madu matari ialah kemampuannya yang terbang menurut satu ranting ke ranting yg lain menggunakan cepat dan sesekali menyampaikan atraksi terbangnya.
Taman, hutan, tepi hutan, loka budidaya ialah tempat-tempat pada mana umumnya burung Madu Matari hayati serta menjalani aktivitasnya mencari nektar bunga. Burung ini umumnya hidup berkelompok dalam mencari makan ataupun saat sedang istirahat serta pada alam liar umumnya burung madu matari mendiami daerah-wilayah di atas ketinggian 750 hingga 1000 meter berdasarkan atas permukaan laut. Dan kawasan rerumputan perdu dan hutan sekunder menjadi daerah kesukaan mereka yang terdapat pada tempat Flores, Sumbawa, serta Timor.

Kecantikan burung madu matari terlihat berdasarkan rona bulunya serta bentuk paruh dan berukuran badannya. Di samping berukuran badannya yg hanya sekitar 11 centimeter saja terlihat juga rona bulunya yang berwarna cerah kegelapan menggunakan paduan rona merah kekuningan pada pecahan bawah tubuhnya, bulu sayapnya dan atas tubuhnya berwarna hijau kekuningan, dan ada percikan rona biru maritim pada pecahan bawah matanya. Bentuk paruhnya panjang meruncing yang kegunaannya buat menghisap nektar dari putik bunga, serta kakinya berwarna hitam pekat.
Antara burung madu matari jantan dan betina terdapat beberapa disparitas yg bisa dibedakan dengan memperhatikan beberapa hal menyerupai rona bulunya serta berukuran tubuhnya. Untuk madu matari jantan ciri-cirinya artinya dadanya berwarna hijau kentara dan mengkilap yg mampu dipandang dalam dahi hingga tenggorokannya. Dan juga sifat dalam burung madu matari jantan ini artinya setia kepada pasangannya di mana burung jenis ocehan lain belum tentu memilikinya. Sedangkan buat betina karakteristik-cirinya tubuh pada pecahan bawahnya berwarna kuning kusam serta ukuran tubuhnya sedikit lebih kecil dibanding yg jantan.
Saat aktualisasi diri lebih banyak didominasi kawin tiba burung madu matari akan sebagai garang terhadap burung atau hewan lain yang berani mendekati sarangnya yg berisi telur-telur yg siap menetas. Sifat garang ini tumbuh tidak lain menurut sifat alaminya yang setia pada pasangannya termasuk pada merawat anaknya saat masih gres menetas. Sedangkan si betinanya akan menciptakan sarang yang dipersiapkan buat menampung telur-telurnya yang siap sebagai anaknya nanti apabila menetas.
Nah, sekian pembahasan tentang burung madu matari yg merupakan burung mengagumkan orisinil Nusa Tenggara yang dimiliki sang Indonesia. Sedari itu, menggunakan menjaga populasinya tetap kondusif pada habitatnya maka semua masyarakat sanggup menikmati panduAN BURUNGan serta atraksinya ketika mencari kuliner di pepohonan.
Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber:
//www.mongabay.co.id/2014/01/09/burung-madu-matari-si-mini -dari-nusa-tenggara/
//id.wikipedia.org/wiki/Burung_madu_Matari
Gambar:
//www.kutilang.or.id/wp-content/uploads/2012/10/Burungmadu-matari-jantan_Cinnyris-solaris_Rote_OH.jpg.

0 Response to "CANTIKNYA BURUNG MADU MATARI"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel