MENGENAL BURUNG ABANG RENTA YANG ADA DI INDONESIA

  • Kakak renta Raja hitam.
    Burung yg memiliki nama latin Probosciger Aterrimus masih masuk dalam famili Cacatuidae, dan burung yang sangat arif ini merupakan burung yg mampu berumur panjang, yakni bisa hayati selama 60 tahun. Burung ini yaitu asli dari Papua serta Australia. Ciri-cirinya yaitu berukuran tubuhnya sekitar 60 cm, semua tubuhnya berwarna hitam kecuali dalam pipinya yg berwarna merah, burung ini juga mempunyai jambul yg anggun dan sanggup pada gerakkan (berdiri). 

  • Kakak renta putih.
    Burung jenis ini mempunyai nama latin Cacatua Alba serta masuk dalam keluarga Psittacidae, burung ini yaitu adalah burung endemik Indonesia, tempat penyebarannya meliputi Maluku utara dan biasa pada ditemui pada hutan primer maupun sekunder di pulau Halmahera, Tidore, Ternate, Bacan, Kasiruta dan Mandiole. Ciri berdasarkan jenis ini yaitu  semua badan nya berwana putih kecuali pada paruh, kaki dan matanya yg berwarna hitam, dan jambulnya yang bisa pada gerakkan (berdiri). Ukuran tubuhnya sedang yaitu lebih kurang 45 cm. 

  • Kakak renta rawa.
    Burung yg memiliki nama latin Cacatua Sanguinea ini juga biasa pada sebut menggunakan saudara tertua renta noda darah, saudara tertua renta mata bersih, saudara tertua renta mini serta lain-lain. Burung jenis ini asal berdasarkan Papua dan Australia, di Indonesia penyebarannya sebagian akbar di temui pada merauke dan Papua selatan. Jenis ini pula semua tubuhnya berbulu rona putih, paruhnya pendek dan jambulnya jua pendek dan bisa pada gerakkan.

  • Kakak renta jambul jingga.
    Burung ini mempunyai nama latin Cacatua Sulphurea Citrinocristata, menyerupai namanya burung ini mempunyai jambul yg berwarna jingga yg bisa pada gerakkan (berdiri) dan memiliki bulu badan berwarna putih. Burung ini termasuk burung endemik dari Indonesia, habitatnya di tempat hutan utama dan sekunder pada pulau Samba yang ada di kepulauan Sunda kecil. Burung juga berumur panjang, yakni bisa hayati selama 50 tahun.

  • Kakak renta Tanimbar.
    Burung jenis ini nama latinnya yaitu Cacatua Goffiniana, burung ini sekilas bentuk dan cirinya menyerupai sekali sama burung Kakak renta rawa, perbedaannya yaitu dalam matanya. Burung ini termasuk burung endemik menurut kepulauan bahari Banda di Indonesia. Burung jenis ini yaitu spesies yang berukuran paling kecil diantara burung abang renta lainnya, yakni panjangnya sekitar 30 cm.

  • Kakak renta Maluku
    Burung yang berjulukan latin Cacatua Moluccensis ini termasuk burung endemik Indonesia dari Maluku selatan, burung ini hanya pada temui di Ambon, pulau Seram, Saparua dan Haruku. Tetapi keberadaannya sudah sangat langka serta hganya bisa di temui di Taman nasional Manusela. Burung ini memiliki ukuran badan yang sedang, yaitu lebih kurang 52 cm, dan memiliki karakteristik jambul yang berwarna merah jambu yg mampu pada gerakkan (berdiri). Seluruh bulu tubuhnya berwarna putih relatif ke-merah jambuan.


0 Response to "MENGENAL BURUNG ABANG RENTA YANG ADA DI INDONESIA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel