CARA BERTERNAK JALAK HITAM / JALAK KEBO

Cara Berternak Jalak Hitam / Jalak Kebo



Membedakan jantan dan betina

Membedakan jenis kelamin jalak kerbau memang tidak mudah, karena yakni burung jantan dan betina mempunyai kemiripan visual. Namun terdapat beberapa tengara awal yg bisa dijadikan panduan pada sexing, antara lain :
  • Burung jantan memiliki kepala lebih besar , menggunakan bulu-bulu menyerupai disisir rapi pada bab keningnya.
  • Burung jantan mempunyai jambul di lebih kurang lubang hidung atau pangkal paruh atas.
  • Burung jantan memiliki rona hitam pada tubuhnya yang sangat pekat, dengan slip putih pada bab sayap yg terlihat lebih bersih dan tampak cerah.
  • Ukuran badan serta jari-jari kaki pada burung jantan lebih panjang daripada burung betina.
  • Burung jantan akan berbunyi sembari mengembangkan bulu ketua serta mengangguk-anggukan kepalanya.
  • Suara burung jantan lebih bervariasi.

Menangkarkan jalak kerbau


cara beternak jalak kebo sudah banyak dilakukan para peternak burung waktu ini. Sebelum kita berternak burung jalak kebo, wajib kita ketahui cara membedakan jenis kelamin jarak kebo tersebut sebelum kita jodohkan.

proses perjodohan burung jalak suren

pada proses ini perlu pada pastikan bahwa burung tersebut memang berjodoh selesainya dimasukkan dalam sangkar penangkaran dalam sore hari. Akan tetapi sebelum dimasukkan dalam kandang penangkaran, taruh ke 2 kandang burung yang akan dijodohkan berdampingan selama 1 minggu.

kandang penangkaran

kandang penangkaran yang baik dari cara beternak jalak kebo ukuran 1 x 2 m dengan ketinggian 2 m berbentuk kubus. Sediakan jua loka mandi burung suren sebab yakni ereksi burung jalak kebo akan bertambah setelah mandi. Jangan lupa sediakan juga sarang kotak kayu berukuran  40 x 30 x 30 cm serta daun pohon pinus dibawah kandang untuk persediaan burung jalak suren membentuk sarang.

usahakan didalam sangkar di beri pohon yg masih hayati, menyerupai pohon beringin contohnya, yg dibawahnya terdapat sedikit rerumputan biar menyerupai mirip di alam liar. Penambahan loka bertengger yang besar serta lebar akan memudahkan proses perkawinan jalak kebo, nir lupa pula tempat makan serta minum jalak kebo jua di sediakan.

pakan jalak suren

pakan yg baik akan menambah birahi  serta mempercepat proses perkawinan jalak kebo, pakan yg baik diantaranya yakni : pepaya, pisang serta serangga contohnya kroto, ulat bambu, ulat hongkong atau jangkrik.

perkawinan

jalak kebo umumnya berumur 10 – 12 bulan yang siap pada tangkarkan, untuk betina yang baik berumur 1 tahun serta jantan berumur 1, lima – dua tahun. Alasannya yakni pada umumnya betina lebih cepat relatif umur dibandingkan jantan.
setiap perkawinan jalak suren umumnya membuat tiga – 4 telur. Buat mempercepat proses perkainan kembali jalak suren, usahakan penetasan dilakukan menggunakan mesin penetas. Jadi perkawinan balik tanpa perlu menunggu proses pengengkraman yang umumnya sampai 14 hari. Anakan jalak suren siap di jual selesainya berumur 1,lima bulan.
Semoga berguna..........

0 Response to "CARA BERTERNAK JALAK HITAM / JALAK KEBO"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel