CARA BETERNAK BURUNG BEO

CARA BETERNAK BURUNG BEO



Bagi seseorang panduAN BURUNG mania, memelihara burung sebagai binatang peliharaan memang sangat menyenangkan yaitu menjadi penyalur hobi. Ternyata tidak hanya itu saja ternak burung jua mampu dijadikan hobi selain itu mampu mendatangkan laba sebagai penghasilan. Untuk ternak burung beo memang susah-susah mudah, ialah dengan sedikit kesabaran, ketelatenan dan kemauannya setiap orang pasti bisa melakukannya. Dan selain itu buat pertolongan pakannya nir terlalu membuat repot karena hanya dua kali sehari. Tak heran bila banyak peternak yg sukses menternakkan burung beo di rumahnya. Sebut saja Solo, Klaten, serta Yogyakarta menjadi pusat para peternak burung beo.



Cara Menjodohkan

Sebelum di masukkan ke kandang penangkaran perlu diadakan proses penjodohan dulu semoga tidak terjadi perkelahian yang mampu berakibat fatal yaitu burung yang kalah akan mangkat . Dalam proses ini burung jantan dan betina kita dekatkan selama lebih kurang 1 minggu. Hal ini dimaksudkan semoga burung tersebut mampu saling mengenal. Tanda-tanda buat burung yg sudah jodoh mampu ditinjau pada ketika burung tersebut tidur, yaitu berdampingan dalam waktu tidur. Jika telah terlihat jodoh yaitu tidur berdampingan kedua burung tersebut siap untuk dimasukkan ke dalam kandang penangkaran usahakan dalam sore hari. Setelah dimasukkan pada sangkar penangkaran jangan eksklusif ditinggal, dinantikan dulu kurang lebih selama satu jam untuk memastikan apakah burung tersebut sahih- sahih jodoh.
Kandang Penangkaran
Kandang buat ternak beo yang ideal merupakan 1m x 2m tinggi 2m. Di pada sangkar di beri tumbuhan semoga kelihatan alami sehingga burung akan merasa nyaman berada pada sangkar. Tempat mandi pula harus disediakan sebab burung beo termasuk burung yg senang mandi. Untuk daerah sarang juga wajib disediakan kotak terbuat berdasarkan kayu menggunakan berukuran 40cm x 30cm tinggi 30cm dan diberi lubang buat keluar masuk burung. Di dasar sangkar perlu disediakan materi buat sarang umumnya yang acapkali digunakan merupakan daun pinus kering.
Burung beo siap dikawinkan pada umur 10-12 bulan. Idealnya buat betina yang baik disyaratkan berumur setahun sedangkan buat jantan 1,5-dua tahun. Umumnya buat betina lebih cepat bakir balig cukup logika dibandingkan jenis janta. Setiap Perkawinan, sepasang beo bertelur sebesar tiga-4 butir. Telur menetas selama 14 hari sehabis dierami induknya.
Tips perawatan burung beo
Beo termasuk burung yg cerdas serta tak jarang dipelihara di rumah. Usia burung ini sanggup mencapai lebih berdasarkan 75 tahun jika menerima perawatan yang baik.
Perawatan burung yang salah hanya akan membentuk burung ini menjadi stres yang mampu membangun burung sebagai sakit yg dalam jangka panjang sanggup menyebabkan kematian.
Maka dari itu anda wajib merawat burung beo anda dengan baik semoga burung beo anda permanen sehat dan terhindar berdasarkan stres. Anda mampu sebagai teman yang baik bagi burung beo karena pada dasarnya burung ini mudah merasa bosan jika hanya hayati sendiri.
Berikut ini adalah tips merawat burung beo, yaitu :
  • Sangkar burung beo wajib dibersihkan secara teratur serta sebaiknya dilakukan setiap hari.
  • Bersihkan kotoran menurut kandang burung beo. Kotoran sanggup berupa residu-sisa makanan atau burung beo yang mengalami kerontokan.
  • Beri burung beo makan dua kali serta beri air segar satu kali dalam sehari.
  • Setiap jenis burung beo memiliki pilihan makanan yg nir sama, maka anda harus mengetahui pakan yg paling paripurna buat beo anda.
  • Burung beo sangat senang bermain, maka berdasarkan itu sediakan mainan-mainan buat beo peliharaan anda serta bermainlah dengannya.
  • Jika burung beo nir diberi mainan burung ini akan mudah menjadi stres dan biasanya pertanda-indikasi stres yg ditunjukkan artinya menggunakan mencabuti bulunya sendiri.
Tips Membersihkan Kandang Beo
  • Beo umumnya membuat zat ibarat tepung yang akan mengotori kandang. Jika anda ingin membersihkan sangkar burung beo, usahakan pakai handuk basah.
  • Setiap satu ahad sekali bersihkan kandang burung beo secara menyeluruh. Selama pencucian kandang usahakan burung beo dipindahkan ke wilayah lain.
  • Pembersihan sangkar mampu dilakukan dengan menggunakan adonan 50:50 air higienis serta pemutih. Pemutih pula mampu diganti dengan sabun colek.
  • Bilas pembersih secara menyeluruh dan keringkan kandang sebelum pulang memindahkan beo ke dalamnya.
  • Setiap satu ahad sekali usahakan bersihkan mangkuk air serta kuliner secara menyeluruh.



Tips Pemberian Pakan Burung Beo

Jangan terlalu seringkali memberi pakan yg terdiri berdasarkan biji-bijian sebab burung beo anda mampu menjadi gemuk. Sebaiknya makanan yg bervariasi ibarat sayur-sayuran dan buah-buahan segar. Anda sanggup memberi makan berupa buah dan sayur yang dipotong dengan berukuran kurang lebih 1 cm. Anda bisa membentuk variasikan penyajian makanan agar burung beo nir bosan. Anda sanggup mencoba buat menggantung sayuran segar pada pada kandangnya. Dengan ini burung beo anda akan menerima makanan yg sehat sekaligus mainan baru. Burung beo pula sanggup diberi pakan berupa roti. Roti pula sanggup diberi variasi resep semoga burung nir merasa bosan dengan kuliner ini. Anda sanggup membentuk variasi resep sesuai dengan harapan anda atau cobalah buat mencari resepnya di buku resep atau internet.
Tips Bermain menggunakan Beo
Burung beo ialah burung yang praktis stres, butuh hiburan, serta butuh teman. Maka berdasarkan itu usahakanlah buat bermain menggunakan burung beo anda setiap hari. Burung beo dikenal mempunyai sifat sosial serta burung yang cerdas. Usahakan buat memberikan poly mainan pada dalam kandang burung beo. Hal ini akan membangun burung beo sebagai sibuk menggunakan mainannya serta mencegah burung anda menjadi stres. Anda sanggup menyediakan mainan yang terbuat berdasarkan kayu dengan membaut sendiri atau membeli. Kemungkinan burung beo akan mengunyah mainan ini serta akan menjadikannya sibuk menggunakan mainan barunya. Anda pula mampu memberitahuakn mainan berupa balok kayu menggunakan berukuran 12 x 12 x lima cm.
Tips Tambahan
Burung beo yg merasa kesepian, tidak punya mainan serta nir pernah diajak bermain akan merasa bosan dan kemungkinan besar akan mencabuti bulunya sendiri. Tidak seluruh orang cocok memelihara beo maka berdasarkan itu pastikan bahwa orang-orang di kurang lebih anda mau menerima kehadiran burung ini. Selain itu anda juga wajib memastikan bahwa famili anda jua mau mendapatkan kehadiran burung ini. Anda mampu melaksanakan riset kecil buat memilih jenis burung beo yang anda sukai. Memelihara beo membutuhkan kesepakatan jangka panjang serta perhatian sepenuhnya. Apabila sebelumnya anda sudah memelihara anjing, kucing, atau binatang lainnya, mungkin anda harus berpikir lagi untuk memutuskan memelihara beo. Hewan peliharaan lain serta burung beo sanggup hayati bersama, namun anda harus permanen mengawasinya semoga nir saling melukai atau saling menyerang. Jika anda memiliki anak yg masih mini maka pertimbangkan balik buat memelihara beo. Anak mini cenderung banyak berkecimpung serta bersuara keras atau berteriak ketika bermain. Hal tadi tentu normal buat anak namun bisa menciptakan burung beo ketakutan. Burung beo yang akan anda pelihara mungkin tidak benar-sahih jinak. Beo bisa menggigit Anda. Jadi, bersiaplah untuk digigit dan menyediakan kotak P3K.
SEMOGA BERMANFAAT...............

0 Response to "CARA BETERNAK BURUNG BEO"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel