CARA BETERNAK MERPATI

 CARA BETERNAK MERPATI
 

Burung Merpati jenis burung yang mampu diumbar atau mampu dipisahkan dan akan kembali ke kandangnya sendiri. Merpati juga termasuk jenis burung yang gampang untuk merawatnya. Serta buat menemukan merpati itu bukan hal yang sulit, karena yakni burung-burung merpati banyak dijual di pasar burung diindonesia.
Setelah Merpati berkumpul lalu cukup hanya melemparkan pakan pada tanah, dengan melihat pada mana merpati berkumpul saat makan yakni kesenangan tersendiri bagi pemilik merpati.
Cara Membedakan induk pejantan dan induk betina.
Ketika didekatkan burung lainnya pejantan/betina lain dia akan bekur (berkutut)
Penjodohan Burung Merpati 
Sebenarnya penjodohan sangat mudah, penglaman saya terjun di penjodohan ada dua metode yg bisa digunakan buat penjodohan :
1.  Sistem kandang
Sistem sangkar yakni menggunakan nir mengeluarkan indukan betina dan jantan berdasarkan kandangnya. Namun karena yakni merpati yakni burung yang suka bersosialisasi jadi cara ini kuranglah efektif.
dua. Sistem tanggal kandang
 Untuk burung yang gres dibeli menurut pasar burung tidak mampu tertentu dilepas. Pertama kurung merpati jantan serta betina pada satu kandang dan beri makan selama beberapa hari dalam sangkar.
Hari kedua memandikan merpati pada pagi hari, selesainya pengeringan masukan balik ke kandangnya. Pada hari ketiga untuk mengulang kembali menyerupai hari kedua.
Pada hari keempat membubuhkan sayap merpati jantan dan betina menggunakan isolasi/lakban semoga merpati tidak bisa terbang tinggi, kemudian menyatukan sepasang merpati dalam kandang ayam dan merogoh lagi merpati jantan masukkan kekurungan lain yg tidak selaras dan dekatkan merpati lain ke merpati yang kita jodohkan tersebut.
Bisa kita lihat reaksinya, jika merpati jantan yg  dijodohkan mematuk ketua sibetina atau eksklusif mengawini sibetina berarti jodoh, namun apabila tidak jodoh ulangi kembali sedemikian rupa menyerupai dalam hari ke 2 umumnya saat terpanjang seminggu sudah kawin.
Mengetahui merpati sudah berjodoh bisa dipandang pula jika pasangan merpati jantan dan betina dipisahkan, maka merpati jantan akan mencari betinanya (namanya yakni burung yang sedang 'templek' (bhs Jawa) hingga merpati tersebut bertelur.
Proses ternak merpati
Apabila sudah terlihat berjodoh barulah burung dirilis di pagi hari dengan membuka pintu sangkar pada kasus sayap dilem, biarkan burung sendiri keluar menurut sangkar buat pertama kalinya. Jika melihat burung mulai membawa ranting atau lidi lepaskan lem/isolasi pada merpati jantan (coba buat tidak menghambat bulu sayapnya saat membuka).
apabila sarang sudah tersusun rapih umumnya merpati betina eksklusif bertelur, lalu lepaskan lem/isolasi pada merpati betina. Sepasang merpati yg telah bertelur jangan takut merpati tadi akan pergi lantaran merpati burung setia pada keluarganya selamanya akan permanen kekandangnya kembali.
Proses inkubasi
Burung merpati umumnya menghasilkan dua telur, merpati mengerami hanya lebih kurang 19-22 hari.
Kendala pada budidaya Merpati
Jangan lupa buat selalu menjaga kebersihan kandang semoga tidak sebagai sarang penyakit yang menyerang si burung atau si pemeliharanya. Saran yg paling krusial jauhkan kandang merpati berdasarkan perumahan/rumah kita untuk mencegah penyakit dan kutu burung menyerang kita dan famili.
SEMOGA BERMANFAAT..............

0 Response to "CARA BETERNAK MERPATI"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel