CARA BETERNAK ULAT HONGKONG UNTUK BURUNG KICAU

PanduAN BURUNGkan - Cara Beternak Ulat Hongkong Untuk Burung PanduAN BURUNG - Kalau membahas perihal ulat hongkong (UH) memang tak terdapat habisnya. Ya, UH memang sangat bersahabat menggunakan kita para pecinta burung panduAN BURUNG sebab memang UH adalah ekstra food yg sangat cantik untuk si burung panduAN BURUNG kesayangan kita. Burung pleci, MB, ciblek adalah beberapa jenis burung panduAN BURUNG yang doyan UH. Ulat hongkong bisa jadi ialah huma pekerjaan sampingan (side job) bagi sebagian orang. Dan dalam kesempatan ini kami akan mengembangkan tips tentang cara beternak ulat hongkong buat burung panduAN BURUNG. Mungkin saja anda berminat beternak UH. Simak artikel berikut hingga akhir.

Ulat hongkong (mealworm/UH) artinya ulat yang hanya mempunyai siklus hayati yg relatif cepat yaitu lebih kurang 6 bulan saja. Ini berarti bila kita beternak ulat hongkong maka kita tidak membutuhkan saat usang buat panen serta menjual/memanfaatkan hasil ternak UH kita. Selama hobi burung panduAN BURUNGan terdapat maka prospek buat beternak ulat hongkong jua masih menjanjikan. Atau bila anda tidak berniat menjual UH ke konsumen, anda bisa menggunakannya sendiri buat diberikan ke burung panduAN BURUNG kesayangan anda. Adakah pada antara anda yang pernah beternak UH? 


Bahan-Bahan Yang Dipersiapakan
  • Ulat hongkong dewasa.
  • Tempat/kotak plastik secukupnya, tergantung skala ternak anda. Apabila skala relatif akbar mampu menggunakan kotak kayu yang lebih besar .
  • Dedak/bekatul menjadi media dasar ternak. Dedak berfungsi buat menjaga kelembaban kotak izin UH nir mati.
  • Pakan UH berupa roti, irisan kentang, atau irisan apel. 

Berikut ini beberapa tahapan/cara beternak ulat hongkong buat burung panduAN BURUNG pada skala mini :
  1. Masukkan dedak/bekatul ke dalam kotak plastik/kotak kayu secara merata. Tinggi atau tebal katul artinya seperempat menurut tinggi kotak.
  2. Masukkan ulat hongkong (UH) sesuai kapasitas wadah. 
  3. Masukkan pakan UH ke kotak. Bisa menggunakan irisan kentang, roti atau apel. Tapi pada hal ini kami lebih cenderung memakai irisan apel menjadi pakan alasannya apel relatif sedikit mengandung air dan mencegah tumbuhnya fungi.
  4. Taruh kotak di ruangan yang hangat serta gelap biar UH merasa nyaman.
  5. Pengecekan/kontrol dilakukan setiap hari. Tujuan utama kontrol ialah untuk mengecek ketersediaan pakan serta membersihkan residu-sisa kuliner atau kotoran lain.
  6. Setelah 90 hari (3 bulan) maka UH akan berubah menjadi kepompong. 
  7. Pindahkan kepompong ke kotak yang gres izin tidak dimakan oleh UH yang belum jadi kepompong. 
  8. Kotak gres wilayah kepompong ditaburi dedak tipis saja, serta tidak usah diberi pakan. Kepompong nir membutuhkan makanan apa pun.
  9. Kepompong akan bermetamorfosis serangga yg berwarna putih (calon kumbang) lebih kurang 10 hari lalu.
  10. Saat sudah sebagai kumbang (berwarna hitam), pindahkan ke kotak yang gres dengan ditaburi dedak. Setiap 2 kg dedak cukup buat 4 gelas berisi kumbang. Berikan pakan yg sama (irisan roti, irisan apel atau irisan kentang).
  11. Kumbang akan bereproduksi menggunakan cara kawin dan bertelur. 
  12. Jika kumbang telah bertelur, maka tunggulah hingga 10 hari lagi. Setelah 10 hari maka pisahkan telur serta kumbangnya. 
  13. Kumbang dipindah ke kotak yg gres dengan dasar diberi dedak lagi.
  14. Kumbang yg telah dipindah akan bertelur lagi sekitar 10 hari kemudian. 
  15. Pisahkan telur menurut kumbang dengan cara diayak. 
  16. Telur kumbang akan menetas dengan sendirinya dan sebagai larva (ulat hongkong). Saat telur sudah sebagai larva, berikan pakan berupa irisan apel atau irisan kentang. 
  17. Tunggu sampai 50 hari, serta ulat hongkong siap dipanen.

Memang relatif lama saat yang diharapkan buat beternak UH. Namun tenaga yg kita keluarkan sangat sedikit. Kita hanya perlu mengontrol setiap hari untuk menyediakan pakan dan memisahkan telur dari kumbang. Hmmm, adakah yg berminat beternak ulat hongkong selesainya membaca artikel ini? Hehe. Selamat mencoba.!!!


Demikian berita yg sanggup kami sampaikan mengenai Cara Beternak Ulat Hongkong Untuk Burung PanduAN BURUNG. Semoga berguna bagi anda serta terima kasih telah membaca artikel ini. Simak terus panduAN BURUNGkan buat menerima banyak sekali macam berita krusial seputar global burung serta perawatannya. Salam panduAN BURUNG, semoga sukses.!!!

Sobat panduAN BURUNGkan, kalau anda menilai artikel ini berguna bagi anda silakan like pada Facebook atau tweet di Twitter. Terima kasih.
Baca jua artikel menarik berikut adalah : CARA AGAR ULAT HONGKONG CEPAT BERGANTI KULIT.

0 Response to "CARA BETERNAK ULAT HONGKONG UNTUK BURUNG KICAU"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel