CARA MEMOTONG RING DI KAKI BURUNG

Ring yang masih ada pada kaki burung peliharaan adalah buat tujuan identifikasi dari burung tadi, bahkan tak sedikit penggemar burung yang menganggap bahwa memelihara burung menggunakan ring sudah menunjukkan kualitasnya sebagai seseorang kicaumania yang peduli kelestarian alam. Tetapi tidak selamanya ring harus dipakai terus sang burung, karena kita terpaksa harus melepasnya waktu diperlukan. Lalu bagaimana cara melepas ring berdasarkan kaki burung tersebut?
Tehnik memasang ring pada burung usia 10 hari

Memasang ring pada kaki burung dilakukan saat burung tersebut masih berusia lima - 12 hari, dalam usia yg masih piyikan tersebut kaki burung masih lemas dan tidak kaku sebagai akibatnya memudahkan kita dalam memasang ring pengenalnya. Namun sehabis burung berusia dewasa serta ada gangguan pada kakinya, misalnya kaki yang membengkak atau tumbuh sisik di kakinya maka mau tak mau kita dengan terpaksa wajib melepaskan ring tadi sebelum sebagai masalah dikemudian hari.
Ring yg dipaksakan buat terus terpasang waktu ada perubahan dalam kaki burung ( besar , bengkak atau bersisik) maka akan terjadi kelainan atau cacat dalam kaki burung tadi, dalam beberapa masalah kaki burung akan terluka kemudian terkena infeksi sehingga burung akan enggan menggunakan kakinya lantaran merasa sakit.
Ring mampu menyakiti burung waktu burung bertambah usia atau mengalami kaki bengkakMemotong ring yang ada di kaki burung pun nir dilakukan secara sembarangan, karena sanggup membuat burung stress lantaran kakinya yang terluka dampak dipaksakan memotong ring tadi menggunakan asal-asalan. Untuk itu diharapkan pengetahuan tentang cara-cara memotong ring dalam kaki burung menggunakan sempurna.
Sebelum memotong ring tadi, ada baiknya kita menyelidiki terlebih dahulu ring yang digunakannya. Ada beberapa jenis ring yg selama ini dipakai para penangkar burung yaitu closed ring (ring biasa) serta open ring (ring yang dipasang dalam burung dewasa). Dengan mengetahui jenis ring yang digunakan, maka kita bisa memakai indera yg tepat buat melepas ring dari kaki burung.
Para penangkar burung umumnya memakai peralatan khusus yg digunakan buat memotong ring, terutama buat ring jenis closed ring atau ring biasa. Peralatan tersebut berbentuk misalnya gunting/tang dengan bagian kepala yang tajam yang dipakai buat memotong ring yang terbuat menurut bahan besi atau logam.
Peralatan tersebut merupakan Ring Cutter, dan umumnya mampu dihasilkan di toko-toko perlengkapan burung yg lengkap atau bisa jua membeli secara online.
Ring Cutter atau tang khusus buat memotong ring burung

Kalau tidak mempunyai alat-alat tadi namun kita wajib melepaskan ring menurut kaki burung , maka kita sanggup memanfaatkan kikir buat memotongnya. Tapi sebelumnya kaki burung dilindungi dahulu menggunakan membalutnya memakai tisu atau tensoplas menggunakan cara ring ditarik ke atas (dekat paha) lalu tisu atau tensoplas mulai dibalutkan dalam kaki burung, sehabis itu ring diturunkan balik buat dipotong.
Pemotongan ring menggunakan kikir dilakukan pada posisi vertikal, pada ketika itu burung dipegang dengan posisi yang mampu memudahkan kita menggesekan kikir dalam ringnya.

Perlu diperhatikan supaya dalam saat proses pemotongan tadi sebaiknya tidak dilakukan terus menerus atau istirahat dahulu selama beberapa mnt, lantaran mutilasi yang terus menerus akan membuat ring menjadi panas dampak goresan dan sanggup menyakiti burung. Alternatif lain adalah meneteskan air dalam ring tersebut buat mencegah timbulnya panas dampak goresan kikir menggunakan ringnya.
Setelah ring terpotong sebagian, anda mampu menggunakan peralatan khusus buat mencongkel ring menurut kaki burung.

Namun bila anda tidak memiliki alat-alat tadi, maka proses mutilasi mampu dilanjutkan pada sisi antagonis berdasarkan ring yg telah terpotong tadi. Silakan ulangi lagi hingga ring bisa dilepaskan dengan sempurna.
Pemotongan memakai kikir usahakan dilakukan dengan sangat hati-hati dan butuh konsentrasi tinggi. Karena bergeser sedikit saja kaki burung mampu tergores. Lakukan menggunakan kalem serta hening tidak perlu terburu-buru supaya hasilnya lebih sempurna dan burung tidak gampang tertekan.
Setelah cincin terlepas, kaki burung pada cuci serta dibersihkan menggunakan air hangat lalu diolesi dengan BirdCream buat mencegah infeksi berdasarkan luka yang bisa saja terjadi akibat serpihan logam yg melukai kakinya.
Setelah itu burung dimasukkan balik ke dalam kandang hariannya kemudian digantung pada tempat yang sepi buat menenangkan diri. Jangan lupa berikan pakan tambahan kesukaannya menggunakan secukupnya.
Semoga berguna

0 Response to "CARA MEMOTONG RING DI KAKI BURUNG"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel