MANFAAT HUJANHUJANAN PADA BURUNG KICAUAN

Tidak selamanya hujan yang mengguyur bumi harus dihindari oleh penggemar burung menggunakan burung peliharaannya. Ketika turun hujan, burung akan tampak rajin berkicau menyambutnya termasuk jua burung bakalan. Hujan memang bisa menjadi terapi penghilang tertekan yg baik bagi burung kicauan. Tapi tahukah anda, bahwa ada manfaat lain dari air hujan yang turun berdasarkan langit buat burung peliharaan ?

Ada poly manfaat yg sanggup di bisa ketika burung terkena air hujan atau dihujan-hujankan, di antaranya adalah :
  • Metabolisme burung bisa semakin tinggi sebagai akibatnya membuatnya cepat rajin berbunyi.
    Burung bisa terlatih buat mandi pada karamba mandinya.
  • Menghilangkan stress dalam burung. 
  • Meningkatkan ereksi terutama pada burung yang akan ditangkarkan. 
Namun untuk memandikan burung pada tengah guyuran air hujan tentu nir sembarangan, ada persyaratan spesifik yang bisa membuat burung merasa nyaman berada pada tengah hujan, yaitu:
  • Hujan yg turun tidak terlalu lebat.
  • Mandi hujankan burung apabila hujan turun pada pagi hingga siang hari, lantaran hujan dalam ketika-waktu tersebut mengandung banyak manfaat, dibanding hujan yang turun menurut siang sampai sore hari yg sudah mengandung asam yang mampu membuat burung cepat sakit. 
  • Jangan terlalu lama waktu menghujan-hujankan burung, cukup seperlunya saja atau lebih kurang 10 - 20 mnt.  

Berikut beberapa saran waktu kita hendak memandikan burung pada tengah guyuran hujan.
  • Untuk menghindari kandang harian burung rusak terkena air hujan, sebelum burung dihujan-hujankan ada baiknya burung dipindakan ke dalam sangkar lain. 
  • Ketika memandikan burung pada tengah air hujan, akan lebih baik jika memakai kandang yg bagian dasarnya bisa diangkat, sebagai akibatnya burung mampu mandi hujan di atas bagian atas tanah atau rumput. Namun perlu diperhatikan keamanannya, terutama bila sangkar yg digunakan mempunyai celah yang akbar di bagian dasarnya yg bisa menciptakan burung "nyelonong" keluar kandang. 
  • Atau anda bisa memasukkan burung ke dalam karamba mandinya, lalu burung dibiarkan bersenang-senang di tengah guyuran hujan.
  • Untuk mempercepat perjodohan burung , mampu dilakukan menggunakan memasukkan sepasang burung yg akan dijodohkan ke pada karamba mandinya, kemudian dihujan-hujankan terutama buat burung jenis anis merah, anis kembang, dan kacer.
  • Sebagai terapi penjinakkan buat burung bakalan yang masih liar, atau giras. Setelah burung dihujan-hujankan anda bisa memberikan burung ulat hongkong ketika burung sedang diangin-anginkan. 
Beberapa jenis burung yang relatif menyukai hujan-hujanan adalah: seluruh jenis burung poksay, branjangan atau lark, pleci, kacer, trucukan, kutilang, beo serta jalak-jalakan.
Semoga manfaat serta Salam Kicau!

0 Response to "MANFAAT HUJANHUJANAN PADA BURUNG KICAUAN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel