CARA MERAWAT BURUNG CUCAK WILIS DOWNLOAD SUARA KICAUANNYA

Cucak gunung atau lebih terkenal menggunakan sebutan burung rengganis atau cucak wilis merupakan jenis burung yang relatif banyak dipelihara kicaumania pada Indonesia. Suara kicauannya memang kurang bervariasi dan cenderung monoton, akan tetapi irama yang dibawakannya sangat berirama. Selain mudah mengikuti keadaan, perawatannya pun terbilang mudah sehingga banyak kicaumania yang tertarik memeliharanya menjadi klangenan atau suara-bunyian di rumah. 



Dalam bahasa Inggris, cucak wilis dikenal menggunakan nama Orange-spotted bulbul dan bernama latin Pycnonotus bimaculatus. Spesies burung ini berukuran sedang, panjang tubuhnya kurang lebih 20 centimeter, berwarna coklat serta putih, tungging kuning, kekang dan bintik jingga yg spesial ada di atas matanya. Bagian atas berwarna coklat zaitun, tenggorokan serta dada atas coklat kehitaman. Bagian dada berbintik coklat puth, perut putih, iris coklat, paruh serta kakinya berwarna hitam. 


Jenis burung ini adalah burung endemik Indonesia yang hanya bisa ditemukan pada hutan-hutan pada wilayah Sumatera, Jawa dan Bali. Terdiri berdasarkan tiga sub-spesies menggunakan wilayah persebarannya masing-masing, yaitu: 

  1. Pycnonotus bimaculatus snouckaerti yang tersebar pada daerah Sumatra bagian barat-laut.
  2. Pycnonotus bimaculatus bimaculatus yang tersebar di willayah Sumatra bagian barat-daya, Jawa bagian barat dan tengah. 
  3. Pycnonotus bimaculatus tenggerensis yang tersebar pada daerah Jawa bagian timur. 


Di alam bebas, burung cucak wilis menghuni tempat hutan pada pegunungan menggunakan ketinggian 800 - 3000 meter dpl, hingga ke zona cantigi gunung dekat puncaknya. Lantaran itu, tidak heran bila burung ini kerap ditemukan mulai dari lereng hingga zenit gunung, seperti di Merapi. 

Cucak wilis mempunyai bunyi kicauan yg sangat spesial . Jika disebutkan, suaranya mirip suara kutilang tetapi dengan irama yg cepat, seperti "ciluk-culik-ciluk" atau "cak-cak-cu-ciluliuli" yang relatif kencang. 

Perawatan harian burung cucak wilis tidak jauh tidak sama menggunakan perawatan burung dari jenis cucak-cucakan yang lain seperti kutilang maupun trucukan. Buah-buahan yang bervariasi mulai dari pisang hingga pepaya serta mangga dapat diberikan menjadi pakan tambahannya, sedangkan buat serangga, burung ini sangat menyukai ulat hongkong serta jangkrik. 

Dalam perawatannya, burung cucak wilis sangat senang sekali mandi. Jika nir diberikan bak mandi mini ke dalam sangkarnya, maka burung ini akan mandi dalam cepuk minumnya sebagai akibatnya sanggup mengotori air minumnya. Oleh karenanya, memandikan cucak wilis secara rutin setiap hari dapat membuatnya semakin rajin berbunyi.

Berikut beberapa bunyi kicauan burung cucak wilis buat memancing bunyi: 

Semoga berguna 

0 Response to "CARA MERAWAT BURUNG CUCAK WILIS DOWNLOAD SUARA KICAUANNYA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel