PERHATIKAN INI SAAT MEMILIH PAKAN BURUNG KICAUAN

Kebutuhan pakan yg sesuai adalah hal yg sangat penting buat kelangsungan hidup burung peliharaan. Selain itu, penting sekali bagi kicaumania buat memerhatikan kecocokan antara pakan yg dipakai dengan jenis burung yang dirawat. 





Dalam merawat burung peliharaan, hal paling primer yang perlu diperhatikan pada pemilihan pakan merupakan terpenuhinya kriteria empat sehat lima sempurna. Pakan yg dipakai wajib mengandung unsur-unsur karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral.

Jika seluruh unsur-unsur tadi terpenuhi serta dengan jumlah yg cukup, maka kesehatan burung peliharaan akan selalu tetap terjaga. Di samping itu, burung pula akan sebagai lebih rajin berkicau dengan suaranya merdu, lincah serta mempunyai bulu yg lebih latif serta kuat.

Dalam pakan burung kicauan, karbohdirat merupakan salah satu unsur yang berfungsi sebagai sumber energi, pembakar lemak, memperkecil oksidasi protein menjadi energi, dan bisa menjaga dan memelihara fungsi normal indera-alat pencernaan. 

Secara generik, kadar karbohidrat pada tubuh tubuh merupakan 2 %, sedangkan pakan burung yg baik mengandung sedikitnya 70 persen karbohidrat. Kandungan tadi masih ada pada butir pepaya, kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai, serta pisang. 

Unsur terpenting ke 2 adalah protein. Burung yang selalu kekurangan protein cenderung bertubuh kurus / nyilet, bulu yang gampang rusak, kerdil, gemar mencabuti bulunya sendiri (kanibal) dan macet suara. 

Burung kicauan membutuhkan sekitar 35% berdasarkan bobot tubuhnya. Protein tadi bisa diperoleh menurut ikan, susu, cacing ,kacang tanah, kacang panjang, kacang hijau, dan kacang kedelai. 

Unsur lainnya merupakan lemak yang berguna sebagai sumber tenaga, saluran air metabolik, insulator atau pengatur suhu tubuh, jua memiliki fungsi sebagai bantalan atau pelindung bagian tubuh. Lemak pula berfungsi menjadi pembawa vitamin A,D,E, serta K. 

Namun terlalu banyak mengonsumsi lemak pula tidak baik bagi burung, lantaran dapat memicu resiko kegemukan dan sumber-sumber penyakit lainnya. Padahal jika burung telah alami kegemukan tentu akan sebagai malas berkicau, dan sulit buat berbiak. 



Sedangkan multivitamin mempunyai fungsi membantu pembentukan serta memelihara sel-sel jaringan tubuh, melancarkan metabolisme, membentuk jaringan pengikat, dan membantu proses pembentukan darah.

Itulah beberapa hal krusial yg harus diperhatikan pada pemilihan pakan yang sempurna buat burung peliharaan. Untuk warta lainnya tentang pemilihan voer yang baik buat burung, silakan buka lagi tulisan berikut adalah: 



Dapatkan juga beragam liputan mengenai pakan burung dalam kategori di sini: 

Kumpulan artikel pakan burung kicauan 
Semoga berguna

0 Response to "PERHATIKAN INI SAAT MEMILIH PAKAN BURUNG KICAUAN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel