CARA TERNAK PLECI YANG BERHASIL

Cara Ternak Pleci Praktis Berhasil 

Pleci telah mulai dipelihara di Indonesia sejak tahun 1999, serta beranjak popular pada pertengahan 2011, lalu makin popular lagi pada tahun 2012, seiring dengan makin banyaknya latber lokal khusus pleci pada poly sekali sudut kota serta daerah.
Tahun 2013 pun, kejayaan pleci tampaknya akan balik naik, seiring makin popularnya pleci enggano ( Zosterops salvadorii ) serta pleci topi hitam ( Zosterops atricapilla ) yang poly dicari kalangan plecimania.
Tetapi, seiring menggunakan banyak sekali kenyataan pada atas, patut jua direnungkan keberadaan pleci yang perlahan akan tetapi niscaya mulai menghilang di alam liar. Anda oke bukan? Ya, pleci yang dulu seringkali terlihat bergerombol pada pepohonan halaman rumah, atau taman-taman kota, sekarang hanya mampu terlihat beberapa ekor saja dalam kelompoknya.
Lalu, bagaimana panduAN BURUNGmania menanggulangi masalah ini sebelum pleci sahih-benar menghilang dari lingkungan kita? Satu tanggapan yang mampu menjadi solusi sementara artinya menangkarkannya.
Mungkin Anda bisa memulainya dengan menangkan pleci buat tujuan percobaan dulu. Setelah berhasil, sanggup dilanjutkan ke penangkaran buat tujuan eksklusif. Selanjutnya bisa dijadikan bisnis, menggunakan menyisihkan sebagian buat dilepasliarkan ke alam bebas, menggunakan asa mereka akan berkembang biak secara alami di tempat asal barunya.
Ah, indahnya jikalau semua ini mampu dijalankan. Kita tetap bisa berpleci ria dalam latihan, lomba, atau mendengar panduAN BURUNGannya di rumah, dari pleci-pleci output budidaya manusia. Sementara pleci-pleci di alam liar akan terus berbiak, dan menjalani takdirnya sendiri.
Mau menangkar pleci? Penangkaran pleci sanggup dilakukan dengan menggunakan sangkar aviary maupun sangkar soliter. Nah, khusus penangkaran memakai kandang soliter, kita akan berguru menurut Om Sugeng Wahyudi. Beruntunglah kita, alasannya adalah Om Sugeng mau mengembangkan tips dan pengalamannya tentang teknik penangkaran pleci pada sangkar soliter.
Om Sugeng memulai upaya menangkarkan pleci dalam Desember 2012 (jadi, gres lima bulan kemudian), menggunakan mempersiapkan satu pasang burung pleci.  Beberapa persyaratan yang diperlukan untuk keberhasilan penangkaran ialah :
  • Indukan berkualitas
  • Kandang penangkaran
  • Tempat sarang
Adapun tahapan yg krusial diperhatikan diantaranya persiapan, persoalan pakan, serta perawatan. OK? Kita bedah satu-persatu!
TENTANG INDUKAN BERKUALITAS
Berkualitas di sini bukan berarti indukan wajib berasal berdasarkan kampiun lomba atau sejenisnya. Yang penting, induk jantan dan induk betina berasal berdasarkan spesies yang sama, atau ras / subspesies yg sama. Ini buat memudahkan langkah awal saja. Kelak, kalau Anda sudah mahir serta tahu seluk-beluk penangkar, boleh saja menciptakan hibrid gres dengan mengawinsilangkan pleci yang tidak sinkron spesies maupun ras.
Yang kedua, pilihlah induk jantan yang telah buka paruh (rajin suara). Ini akan sebagai faktor penentu keberhasilan dalam perjodohan. Sebab apabila pleci jantan sudah rajin suara, apalagi buka paruh, mampu dipastikan sudah berusia dewasa serta matang kelamin, sehinggasiap buat dikawinkan.
Adapun induk betina dipih yg sudah jinak, setidaknya semi-jinak (jinak lalat). Hal ini diharapkan izin burung betina tidak gampang stres, yang sanggup mengakibatkan dalam kegagalan dalam penjodohan dan peran reproduksi lainnya.
TENTANG KANDANG PENANGKARAN
Kandang penangkaran mampu memakai kandang aviary juga sangkar soliter. Dalam artikel ini, kita hanya membahas penggunaan sangkar soliter, dengan ukuran kandang baku sebagaimana dipakai buat burung kenari.
Pengertian dari sangkar soliter artinya kandang yg hanya diisi oleh satu pasang induk saja, menggunakan berukuran yg relatif terbatas dan bisa menghemat loka. Lawan menurut kandang soliter merupakan kandang koloni, di mana satu sangkar diisi beberapa ekor burung betina serta beberapa ekor burung jantan, sehingga mereka akan mencari jodoh sendiri.
Kandang aviary bahwasanya bisa bersifat soliter juga koloni. Pengertian sangkar aviary lebih ditujukan dalam berukuran yang lebih luas, serta desain interior yang seperti atau mengkamuflase suasana pada alam liar.

Kandang soliter untuk penangkaran burung pleci.
TENTANG TEMPAT SARANG
Lantaran sarang pleci berbentuk kecil, maka loka sarangnya bisa di buat sendiri dengan menggunakan dawai ram atau triplek. Bisa jua menggunakan loka sarang yg telah jadi serta banyak dijual pada pasaran. Jangan lupa memasukkan materi sarang seperti serat nanas, kapas, atau kapuk, atau materi lain yang halus seperti jaring keuntungan-laba dan sebagainya.

Tempat sarang buat penangkaran burung pleci.
TAHAP PERSIAPAN 
Setelah menerima seluruh perlengkapan, termasuk sepasang induk pleci berkualitas, proses berikutnya merupakan penjodohan. Nah, buat penjodohan, Om panduAN BURUNG telah beberapa kali mengulasnya, jadi nir perlu diulang lagi. Silakan cek artikel penjodohan burung di sini, yang sanggup membantu para penangkar pemula.
Setelah benar-benar berjodoh, induk jantan dan induk betina bisa dimasukkan ke kandang soliter. Jangan kaget atau putus harapan jika selesainya beberapa hari pleci tadi malah Mengganggu atau mengacak-acak loka bersarang yang sudah disiapkan. Bahkan ada kalanya pleci betina bertelur di luar sarang. Hal itu masuk akal dalam sebuah penangkaran, serta pada situlah nilai yang sanggup Anda dapatkan, yaitu “kesabaran”.

Induk pleci betina serta telur-telurnya.
Pada masa awal perjodohan, pleci betina akan bertelur dalam saat 2 ahad setelah disatukan dan terlihat kawin. Dalam periode ini, terdapat dua kemungkinan yang bakal Anda hadapi. Pertama, induk betina serta induk jantan sama-sama meninggalkan sarang, alias nir mau mengerami. Kedua, induk betina mau mengerami telurnya, serta induk jantan nir mengganggu induk betina.
Dua kemungkinan ini perlu dijelaskan, sebab huruf atau sifat pleci tidak selalu sama, termasuk waktu sedang menjalankan kiprah reproduksinya. Apabila kedua induk nir mau mengerami telur, terutama dalam malam hari, solusi yang dianjurkan adalah mengangkat burung jantan menurut sangkar penangkaran. Jika induk betina mau mengerami telur, serta pejantan tak mengganggu, maka burung jantan mampu dipertahankan dalam sangkar.
Seandainya terjadi sesuatu dalam telur (contohnya pecah) atau anakannya mati, induk betina umumnya akan pulang bertelur pada periode berikutnya, yaitu 7 hari selesainya disatukan lagi menggunakan burung jantan.
PAKAN YANG DIBERIKAN 
Pakan buat indukan pleci haruslah full nutrisi. Dengan kata lain, pakan yang diberikan harus mengandung nutrisi yg harmonis serta seimbang. Kandungan nutrisi inti (tenaga metabolisme, protein, lemak, karbohidrat, serta serat kasar) mampu diperoleh melalui pakan utama maupun exstra fooding (EF).
Sebagian vitamin dan mineral juga terkandung pada pakan yg diberikan, namun jumlah serta jenisnya belum tentu tercukupi. Karena itu, dibutuhkan asupan dari luar pakan yang biasa disebut multivitamin dan / atau multimineral.
Khusus buat burung indukan, atau burung pada penangkaran, Anda bisa memakai BirdMatureyang mengandung multivitamin serta multimineral buat menguatkan banyak sekali fungsi reproduksi burung. Produk ini sekaligus bisa menaikkan jumlah telur fertil, menaikkan daya tetas, serta menjaga kondisi birahi yg optimal (tidak terlalu over, tidak pula terlalu rendah).
Berikut ini jenis pakan yg perlu diberikan kepada pasangan induk pleci pada penangkaran :
  • Voer lembut yang memiliki kandungan protein tinggi.
  • Serangga seperti jangkrik kecil, ulat hongkong putih atau ulat hongkong kering, ulat kandang, serta sebagainya.
  • Kroto yg sebelumnya sudah ditetesi menggunakan BirdMature, yang memiliki kegunaan pada menaikkan fertilitas serta membuat burung cepat berproduksi dan menguatkan syarat kesehatan piyikan.
  • Sepotong butir pisang kepok.
  • Bisa juga menggunakan menambahkan nektar.
TAHAP PERAWATAN 
Setelah mau bersarang pada loka yg telah disediakan, pleci betina akan mengerami telurnya selama 10 hari hingga jadinya menetas.

Waktu penetasan telur pleci
Pada masa pelolohan itulah pakan serangga wajib lebih sering diberikan pada bentuk yang bervariasi, misalnya memberitahuakn rabat jangkrik mini , ulat kandang, kroto serta mampu jua diberikan keuntungan-keuntungan ataupun lalat buah kedalam hidangan makannya buat diberikan dalam anak-anaknya.
Setelah anakan tadi berusia sekitar sebelas hari , ia akan mulai keluar berdasarkan sarangnya serta bisa kita lanjut pada perawatan berikutnya yaitu di loloh sang kita ataupun dibiarkan diasuh oleh induknya sampai dewasa.

Perjalanan anakan pleci menuju dewasa
Keuntungan jika kita melaksanakan pelolohan artinya burung tersebut akan lebih cepat jinak dan mempunyai mental yg cantik serta berani, dan bukan tidak mungkin akan cepat pada proses buka paruh.

Si mungil yg siap menyambut dunia barunya.
Dalam beberapa masalah, penangkaran burung pleci memang nir semudah yg Anda baca pada artikel ini, Pengalamanlah yg akan mengasah Anda menjadi penangkar andal. Panduan ini hanya bersifat mengantar Anda buat menjadi penangkar. Semoga Anda, khususnya plecimania, tertarik buat menangkar burung imut ini menjadi konsekuensi berdasarkan kecintaan Anda terhadap burung pleci.
Kepada Om Sugeng Wahyudi, terima kasih sudah mengembangkan tips serta pengalamannya pada sini.
Semoga berguna.
Banyaknya peminat burung pleci membuat para pemikat burung berlomba-lomba buat menangkap serta menjual dengan harga yang tinggi. Untuk hasil pikatan dari tukang pikat burung saja telah mencapai Rp.25.000 serta para penjual burung menjual seharga Rp.40.000 paling murah di tempat Kota Madiun. Karena output tangkapan yg poly maka sekarang hampir terjadi kepunahan alasannya telah sulit menemukan burung kacamata ini dalam alam liarnya. Maka menurut itu para Pleci Mania (sebutan pencinta burung pleci) mulai mencari cara buat ternak pleci dengan mudah.
Setalah beberapa kali mencoba walaupun butuh saat yang panjang jadinya bisa pula buat breeding pleci walaupun butuh kesabaran dan ketekunan buat melestarikan burung ini. Maka dari itu biar burung pleci bisa lestari dan tidak mengalami kepunahan kita akan memberitahuakn cara buat beternak pleci dada kuning/ putih yang mudah.
TIPS BETERNAK PLECI
Langkah awal beternak pleci
  • Persiapan Calon Indukan ( syarat primer calon indukan sebaiknya sudah dewasa (diatas usia 1 tahun )
  • Indukan betina minimal jinak lalat (tidak takut dengan aktifitas manusia)
  • Indukan jantan wajib rajin ngalas (nggacor)fungsinya buat menarik perhatian betina serta merangsang buat kawin
Perjodohan
  • Proses ini dimulai menggunakan mendekatkan sangkar jantan dan betina -+1-2 minggu.selama perjodohan makanan harus berprotein tinggi (kroto/uh).
  • Setelah 1-dua ahad coba saling dijauhkan tanpa saling melihat,dari sini kita mampu mengukur sejauh mana proses perjodohanya
  • Apabila kedua indukan saling memanggil (betina ngecall2)dan diiringi jantan yang gelisah serta ngalas ngeplong berarti perjodohan hampir berhasil
  • Setelah seharian dipisah coba malamnya dicampur sembari kita amati tingkah laku keduanya.
  • Biasanya pejantan akan aktif merayu betina kawin menggunakan cara mebawa usuhan (serabut nanas)/ ngriwik ngeplong sambil neler2 serta terkadang pribadi terjadi perkawinan bahkan sebaliknya pejantan terlalu kasar (mengejar/memaksa buat kawin).klo tingkah pejantan kasar usahakan dipisah beberapa hari serta coba disatukan lagi.
Sangkar Tenak
  • Menggunakan ukuran 30x30x47 (tergantung kebiasaan burung), bisa memakai kandang kotak mirip ternak kenari ataupun bias menggunakan kandang gantung mirip kandang hariannya.
  • Sediakan anyaman bambu/tempat sarang berdasarkan plastik (sarang kenari) berdiameter 5-10 centimeter serta isi dengan serat nanas ditempatkan disudut cuilan atas erat tangkringan.
  • Dalam langkah ini EF wajib digenjot biar taraf ereksi mampu maximal.
  • Proses penjemuran minimal 30 menit tiap pagi.
  • Proses pengeraman (angrem)antara 12-15 hari serta pejantan sebaiknya pada pisah biar tidak mengganggu betina.
  • Setelah terdapat yg menetas sediakan pakan yg mendukung (pisang kepok,bubur sun sebagai adonan voer atau kroto dll


SEMOGA BERMANFAAT....

0 Response to "CARA TERNAK PLECI YANG BERHASIL"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel