CARA BERTERNAK BURUNG KENARI

CARA BERTERNAK BURUNG KENARI
Pada awalnya kebanyakan pemula mencoba buat membeli serta memelihara burung kenari buat didengarkan suara panduAN BURUNGannya yang beraneka ragam. Selain itu, warna kenari yg bermacam - macam bisa sebagai penyegar serta penghilang stress bagi orang yg memeliharanya. Setelah memahami panduAN BURUNGan dan warna rona kenari, usang kelamaan akan terpikir sebuah ilham buat beternak kenari. "Apa karenanya jika kenari rona ini dikawinkan dengan yang ini?". Pasti itu akan menjadi misteri dan menciptakan kita bertanya-tanya. Maka tidak heran jika saat ini aneka macam orang yang mencoba buat ternak kenari serta sebagai penangkar burung kenari ini. Setelah sukses ternak kenari, kita sanggup menjual kembali hasil budidaya kenari kita, namun inti berdasarkan ternak kenari yang baik merupakan menjadi riset serta proyek percobaan kawin silang kenari. Baik itu burung kenari buat hobi dan burung kenari kontes.
Meskipun burung kenari termasuk salah satu burung yang gampang buat dikembangbiakan tetapi ternyata terdapat beberapa orang yg masih kesulitan serta belum mengetahui cara ternak kenari yg baik dan sahih. Banyak fakto-faktor yg perlu anda ketahui sebelum anda memulai membudidayakan burung kenari, meskipun burung ini termasuk spesies yang mudah buat dikembang biakan namun anda nir sanggup sembarangan pada menjodohkan burung kenari.
Buat anda yg ingin mencar ilmu membudidayakan kenari baik buat usaha sampingan ataupun hanya sekedar menekuni hobi saja mungkin ulasan ini sanggup memberi sedikit tips buat anda.
Baiklah jika begitu kita langsung aku ke topik utama yg akan aku bahas yaitu cara berternak atau budidaya burung kenari buat pemula.
Sebelum memulai berternek kenari sebaikya anda harus memperhatikan faktor-faktor berkut diantaranya :
  • Usia burung kenari
Usia burung kenari menjadi keliru satu faktor yang penting pada memulai budidaya kenari. Pada umumya indukan yang sudah siap di kawinkan buat kenari jantan berumur kurang lebih 8 bulan sedangkan buat indukan burung kenari betina kira-kira berumur 6 bulan. Makara anda harus tau kapan kenari siap buat pada kawinkan alasannya adalah ialah jika usia kenari terlalu belia buat di kawinkan akan menghipnotis kualitas anakan yang di hasilkan.
  • Jenis kelamin burung kenari
Dalam berternak kenari anda harus wajib mengenali jenis kelamin kenari. Mungkin buat para master kenari sangat mudah membedakan kenari jantan dan betina akan tetapi buat seorang pemula saya konfiden anda niscaya akan kerepotan pada hal ini.
Cara membedakan burung kenari jantan serta betina :
* Pada umur lima bulan atau lebih, umumnya kenari jantan warnanya lebih terperinci. Dalam kepingan eksklusif warnanya lebih tajam khususnya pada kepingan bersahabat kepala. Pusat ketua dalam burung kenari betina yg berwarna kuning akan sebagai sangat terperinci.

* Cara membedakan burung kenari mampu kita lihat dari bentuk ketua, buat burung kenari yang jantan umumnya memiliki bentuk ketua yang pipih, sedangkan buat burung kenari betina umumnya mempunyai bentuk kepala yg bulat
* Jika dalam umur enam bulan belum tertangkap berair jenis kalaminnya ,kenari yang dicampur diantarabanyak kenari-kenari maka menari betina akan duduk lebih rendah lebih hal tadi pada karenakan struktur badannya. Dan pula umumnya kenari betina akan langgar menggunakan kenari jantan waktu ingin berpanduAN BURUNG atau mempraktekan suaranya. Meskipun oleh betina dalam kondisi nir sedang pada masa bertelur serta ini hanya sekedar ingin berpanduAN BURUNG saja.

* Cara membedakan dari dubur burung kenari, umumnya burung kenari jantan memiliki tonjolan di kepingan duburnya, serta burung kenari betina umumnya nir memiliki tonjolan pada dubur burung tadi.
  • Kandang atau sangkar buat kenari

Sebaikya tempatkan kandang burung kenari melekat di dinding hal ini bertujuan biar sangkar nir goyang-goyang. Tempatkan sangkar pada loka yang teduh serta jauh menurut keramaian biar ketika kenari mengerami telurnya tidak merasa terganggu. Tempatkanlah kandang pada kawasan yg aman berdasarkan gangguan semut atau pun serangga serta tempatkanlah burung kenari pada kandang yang cukup luas dan tidak terlalu sempit.

Usia Kenari Yang Ideal Untuk Diternak

Usia ialah galat satu poin krusial yg harus diperhatikan bila kita ingin berhasil beternak kenari. Sebaiknya usia ideal kenari siap ternak artinya tidak terlalu muda serta tidak terlalu tua. Burung kenari siap ternak umumnya berumur paling tidak 6 bulan untuk kenari betina serta usia 8 bulan bagi kenari jantan. Namun untuk kenari yg bertubuh akbar menyerupai Kenari Yorkshire, usia minimal adalah 1 tahun. Karena Yorkshire lebih lama masa menuju birahinya.

Dapat Membedakan Kenari Jantan serta Betina

Sebagai peternak/breeder kenari, sudah merupakan kewajiban absolut untuk memahami dan menguasai cara membedakan kenari jantan serta betina. Tidak sulit membedakan kelamin kenari bagi peternak senior. Mereka tentunya sudah hapal sehabis sejenak melihat postur tubuh kenari. Bagi anda pemula yang ingin tahu caranya, baca artikel sebelumnya perihal cara membedakan kenari jantan serta betina.

Sarana Dan Tempat Beternak Kenari

Beternak kenari tidaklah sesimple yang kita pikirkan. Sedikit saja kita melupakan hal-hal mini , maka kita akan kecewa bila tidak berhasil dalam budidaya kenari. Contoh hal sepele artinya posisi kandang ternak kenari. Kenapa lingkungan sangkar ternak serta sarana itu krusial? Karena bila kita salah pada memberikan kandang kenari, maka aneka macam fauna predator yg akan memangsa kenari kita. Penempatan kandang yang baik yaitu sangkar atau sangkar kenari melekat pada dinding, samping kiri dan kanan kandang ditutup. Dan tempatkan sangkar pada loka yang bebas dari gangguan serangga atau fauna lainnya menyerupai tikus, cicak serta predator lainnya.
Beberapa cara untuk mengatasi gangguan menurut serangan menyerupai semut dan kecoa, kita bisa kapur serangga (kapur ajaib) di sekeliling kandang. Jika ukuran sangkar ternak akbar, kita bisa mengoleskan oli dalam kaki kaki kandangnya. Sedangkan buat mengatasi gangguan tikus dengan menempatkan kandang di dinding. Dengan begitu mampu meminimalisir serangan tikus. Namun kadang tikus jua melewati celah yang kita lalaikan. Kandang terbaik ialah sangkar aluminium yg kedap serta kokoh. Kendari tikus hanya mengambil pakan kenari, bila kita lengah maka tikus juga sanggup memangsa kenari kita.

Proses Menjodohkan Burung Kenari

apabila anda sudah mempunyai sepasang kenari berkualitas yang sampaumur dan siap diternak, maka kita telah mampu memasukkan kenari tersebut ke tahap penjodohan. Proses menjodohkan kenari yaitu kenari jantan dan betina pada tempatkan dalam sangkar yang tidak sinkron. Namun kedua sangkar tersebut harus ditaruh pada posisi yang berdekatan. Salah satu kesalahan ternak kenari yang sering terjadi yaitu para peternak pemula buru - buru memasukkan kenari jantan dan betina ke pada satu wadah. Hal ini lah penyebab primer kegagalan penjodohan burung kenari. Karena kenari dan betina belum pasti cocok satu sama lain. Dengan adanya proses penjodohan (memberikan sangkar kenari secara berdampingan), maka kita mampu mengetahui kesiapan kenari buat dikawinkan. Jika kedua kenari tidak cocok kita masukkan pada satu sangkar, maka ke 2 kenari tadi akan berantem. Apabila terjadi perkelahian diantara ke 2 kenari berlangsung usang serta salah satu kenari kalah, maka kita akan kesulitan pada menjodohkan ke 2 kenari tersbut kedepannya. Apalagi apabila kenari yang kalah artinya kenari jantan, maka si jantan akan stress berat serta nir berani mendekat pada betina. Bisa dibilang jika terjadi hal menyerupai itu, maka penjodohan kenari kita gagal 70% buat kedepannya.
Berikut artinya sedikit tips meningkatkan ereksi kenari :
Burung kenari kita perbanyak makanannya menggunakan pakan kenari yg bergizi tinggi, misal telor puyuh, multivitamin serta lain lain. Kita jemur burung kenari kita setiap pagi hari, alasannya adalah ialah surya pagi sangat baik buat kesehatan dan menurunkan tingkat stress burung. Pada saat menjemur, kita sebaiknya kita dekatkan terus 2 kenari yg sedang dijodohkan. Jika kita memiliki kenari jantan yg lain, sekali sekali boleh kita jemur bersama menggunakan jantan lainnya, tujuannya biar ereksi kenari betina bisa semakin tinggi.

Proses Ternak Burung Kenari

Proses terakhir dan paling menarik artinya proses ternak kenari. Caranya yaitu dengan menyatukan kedua kenari (jantan serta betina) ke dalam satu sangkar. Tetapi, dalam selesai proses budidaya kenari ini permanen ada resiko kegagalan meskipun prosentase nya rendah. Ada beberapa hal yang perlu kita cermati. Diantaranya karakteristik kenari yg siap ternak.
Ciri - ciri kenari siap ternak (sukses serta jodoh) :
Saat kenari jantan didekatkan menggunakan kenari betina, maka jantan akan terlihat mengejar/menabrak kandang ternak kenari menggunakan bunyi yang keras, sedangkan kenari betina akan menggelepar-geleparkan sayap, itu ialah menandakan bahwa si betina siap serta minta dikawinkan. Kemudian dalam sore hari menjelang tidur, ke 2 kenari tadi akan tidur berdekatan. Kadang - kadang kenari betina dan jantan akan terlihat saling meloloh makanan. Jika didalam kandang kenari betina kita beri sarang bersama isinya, maka kenari betina akan rajin merapikan sarang. Apabila isi sarang telah disusun itu berarti si kenari betina siap ternak.
Tidak terdapat hukum standar buat beternak kenari. Kita boleh menyatukan ke 2 kenari kapan saja dari sudah memenuhi persyaratan diatas. Tetapi banyak ahli ternak kenari yg menyatukan kedua kenari pada sore hari izin hasil lebih optimal. Maksud buat menyatukan kenari dalam sore hari merupakan agar dalam malam hari ke 2 kenari tadi telah hening serta rukun, sehingga pagi hari sudah berjodoh. Lantaran sehabis kenari itu berjodoh maka akan meminimalisir resiko kenari yg bertarung serta saling melukai. Meski begitu pemantauan secara bersiklus tetap perlu dilakukan, sebab artinya kenari sanggup bertarung kapan saja tergantung kecocokan.
Setelah ke 2 kenari tersebut terlihat rukun, kita wajib memperhatikan isi sarang si betina. Ambil dan gantilah sarang yang kotor dengan yg bersih. Dan sebagian isi sarang kita simpan di dasar kandang, karena adalah umumnya isi sarang yg ada pada dasar sangkar akan dipindah pulang ke dalam sarang. Untuk merapikan sarang izin terlihat cantik, umumnya kenari betina suka mencabuti bulu halus kenari jantan atau bulu halus dari kenari betina sendiri. Jika di dalam sarang sudah ada bulu-bulu halus, maka menandakan tidak lama lagi induk betina akan bertelor. Untuk mempercepat proses bertelor dan mengurangi resiko luka sebab merupakan bulu halus dicabuti, kita sanggup memasukkan kapas halus ke dalam kandang secukupnya sebagai pengganti bulu halus tadi.
Demikian tips sukses budidaya dan cara ternak kenari yg sanggup saya berikan kepada para peternak pemula yang mampir di blog ini. Semoga bisa menaikkan keberhasilan ternak kenari bagi anda seluruh yang hobi dan berniat menjadi breeder kenari yg handal. Lain breeder, lain caranya. Jangan berkecil hati apabila gagal ternak kenari. Lantaran menggunakan kegagalan kita sanggup mencar ilmu dan menimba pengalaman tersebut. Ingat, kesabaran akan menjadikan hasil yang cantik. Tidak terkecuali pada budidaya burung kenari.
Salam :)
SEMOGA BERMANFAAT....

0 Response to "CARA BERTERNAK BURUNG KENARI"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel