CIRICIRI SUARA PLECI DARI BENTUK PARUH

Meskipun mempunyai karakteristik fisik yg hampir sama tetapi setiap individu pleci punya disparitas pada hal karakter suaranya. Plecimania yg telah berpengalaman tentu bisa mengetahui perbedaan suara tadi menggunakan mengamati bentuk paruhnya. Untuk menambah wawasan anda, berikut ciri-ciri bunyi pleci berdasarkan bentuk paruh

Selama ini bentuk paruh selalu menjadi acuan dalam pemilihan burung yg dianggap bersuara bagus. Contohnya saja murai batu, kacer dan cucak hijau, poly kicaumania yang menganggap paruh burung yg tebal dengan lingkar hidung yang tembus di masing-masing sisinya itu mempunyai suara yg lebih kencang. 
Adapun dalam burung pleci, ciri-ciri bunyi kicauannya dapat dikenali menggunakan mengamati bentuk paruh seperti ini dia:

  1. Pangkal paruh lebar dengan bentuk paruh panjang, lurus serta relatif tebal pada paruh bagian atasnya menandakan bahwa pleci tersebut dapat bersuara lebih keras menggunakan lagu-lagu yang panjang serta bervariasi. Tetapi pada umumnya burung tersebut tidak terlalu rajin suara.
  2. Pangkal paruh lebar dengan bentuk paruh agak pendek, lurus dan tebal dalam bagian atasnya menandakan bahwa pleci tersebut bertipe ngerol dengan volume bunyi yg relatif kencang. Bentuk paruh seperti ini umumnya mencirikan bahwa burung tadi mudah suara.
  3. Pangkal paruh lebar menggunakan bentuk paruh tipis, panjang dan lurus mengindikasikan bahwa pleci tersebut cukup responsif terhadap bunyi-bunyi. Mempunyai lagu yg panjang dan bervariasi. Bentuk paruh seperti ini umumnya menjadikan burung menjadi sangat rajin berbunyi.
  4. Pangkal paruh lebar dengan bentuk paruh yg melengkung menandakan bahwa pleci tersebut mempunyai bunyi serta lagu yg pendek dan cenderung ngeban (kurang variasi). Namun bentuk paruh misalnya ini mengakibatkan burung  lebih rajin suara.
  5. Pangkal paruh sempit dengan bentuk paruh panjang, tipis dan lurus mengindikasikan bahwa pleci tadi mempunyai karakter lagu pendek serta tidak bisa berkicau dengan harmonis alias kurang gacor serta cenderung cuit-cuitan saja. 
Itulah ciri-ciri bunyi pleci berdasarkan bentuk paruhnya. Namun tentu saja hal di atas masih berupa anggapan saja yang berdasarkan pada pengalaman para plecimania di Nusantara. 

REFERENSI: Paseduluran Cici Kacamata Zosterops


0 Response to "CIRICIRI SUARA PLECI DARI BENTUK PARUH"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel