INI PENYEBAB KENARI INDUKAN TAK MAU BERTELUR

Banyak peternak kenari terutama pemula yg bertanya mengapa burung indukan yg mereka coba ternak itu tidak pula kunjung bertelur. Menyimak beberapa kasus yg terjadi, penyebab indukan tak mau bertelur itu sanggup diakibatkan oleh banyak sekali faktor misalnya berikut adalah. 





Tanpa pengetahuan yg relatif, kegagalan dalam ternak kenari mampu menjadi momok bagi peternak pemula yg terlalu berambisi ingin melihat burung yang diternaknya itu beranak pinak. Beragam masalah sanggup ada dalam prosesnya tersebut, yang salah satunya adalah indukan yg tak kunjung bertelur. 


Masalah indukan yg tidak kunjung bertelur bisa menciptakan gundah pemiliknya, bahkan sebagian berdasarkan mereka akan menyerah dan menentukan berternak jenis burung lainnya, contohnya lovebird atau parkit. Padahal bila telah diketahui asal masalahnya, ternak kenari akan sebagai lebih gampang buat dilanjutkan. 

Secara generik terdapat beberapa penyebab kenari indukan nir jua mau bertelur. Berikut beberapa di antaranya : 

Kenari indukan yang belum relatif umur atau masih belia 

Burung kenari yang masih muda atau belum relatif umur cenderung belum siap buat kawin serta berbiak. Selain itu, mereka pula masih memiliki sifat yg relatif militan terhadap pasangannya. Oleh karenanya, sebelum memulai upaya penangkarannya, pastikan burung kenari yang akan diternak itu telah berumur lebih berdasarkan 8 / 9 bulan. 

Salah satu burung kurang / nir produktif. 

Walaupun telah cukup umur, tetapi kenari indukan tidak pula kunjung bertelur maka terdapat kemungkinan keliru satu indukan memiliki kondisi tidak  / kurang produktif. Kondisi tersebut bisa saja dialami sang kenari jantan ataupun betina, atau bahkan ke 2-duanya. 

Untuk mengatasinya, anda sanggup memberikan suplemen khusus penangkaran misalnya BirdMature yang memang dikhususnya buat menangani indukan yang kurang produktif. BirdMature mengandung zat-zat yg diharapkan buat menaikkan fertilitas / kesubutan berdasarkan burung indukan. BirdMature ini mampu didapatkan di agen-agen omkicau yg ada di kota anda. 

Bulu kurang lebih kloaka yg terlalu tebal 

Ada kalanya indukan yg sering terlihat kawin akan tetapi tidak pula kunjung bertelur itu ditimbulkan oleh menumpuknya bulu-bulu tebal pada kurang lebih kloakanya. Hal tersebut tentu dapat merusak proses pembuahan.mengatasinya relatif dengan mencukur bulu-bulu yang menutupi area kloaka menurut burung jantan dan betinanya. 

Lingkungan yang terlalu panas atau kurang lembab

Sangkar yg ditempatkan di loka yg bersuhu panas akan mengakibatkan burung nir nyaman di dalamnya. Salah satu persyaratan yang dibutuhkan pada berternak burung kicauan adalah lokasi sarang yg berada di loka yang sejuk dan lembab. Apabila suhu ruangan atau loka menggantungnya terlalu panas, maka burung tidak akan bisa berbiak dengan nyamannya. Untuk mengatasinya, bila anda tidak mempunyai ruangan yg cukup untuk menyimpan sangkarnya dapat dilakukan dengan menyediakan bak berisi spons yang telah diisi air di dasar sangkar / sangkar ternaknya atau bisa jua memakai alat-alat humidifier buat memberi kelembaban yg diharapkan. 

Itulah beberapa penyebab kenari indukan tak mau bertelur. Untuk menambah pengetahuan kicaumania tentang cara menangkarkan burung kenari, silakan simak lagi beberapa goresan pena berikut: 


Salam kicau!

0 Response to "INI PENYEBAB KENARI INDUKAN TAK MAU BERTELUR"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel