JENISJENIS BURUNG NURI YANG TERANCAM PUNAH

Siapa pun rasanya akan tergiur jika melihat burung ocehan yang satu ini, merupakan burung Nuri. Variasi warna kontras yang melekat pada bulu burung ini sebagai daya tarik utama yang membuatnya begitu indah dicermati. Ditambah dengan kemampuan panduAN BURUNGannya yang mampu menirukan bunyi manusia pula pertanda akan kecerdasan yg dimilikinya. Maka tidak heran bila burung ini sangat terkenal pada kalangan penghobi burung panduAN BURUNGan.
Burung Nuri termasuk galat satu burung ocehan yang mempunyai poly jenis (spesies) di semua global. Setidaknya ada 372 spesies burung nuri pada seluruh global, dengan hampir 40 % berada di Indonesia. Sayangnya populasi burung Nuri di Indonesia kian berkurang bahkan beberapa spesies antara lain telah dinyatakan terancam punah, hal ini dikarenakan perburuan liar dan kerusakan hutan Indonesia yang semakin parah.
Profauna, lembaga yg berkiprah di bidang kontribusi serta pelestarian satwa liar pada tahun 2012 kemudian dalam laporan yang berjudul “Flying Without Wings” mempublikasikan sebuah kabar tentang perdagangan burung Nuri. Ada lebih kurang 15.000 ekor burung Nuri serta Kakatua di tangkap kemudian diperdagangkan. Kemudian pada tahun 2008 Profauna balik merilis data perdagangan burung Nuri serta Kakatua yg mencapai 10.000 ekor.
Tingginya perburuan liar terhadap burung Nuri jelas membentuk keberadaannya di alam liar semakin berkurang. Indonesia selaku negara yg menjadi habitat hampir sebagian spesies burung Nuri bahkan hingga menetapkan burung Nuri sebagai burung yang dilindungi.
Berikut yakni jenis-jenis burung Nuri di Indonesia yg dinyatakan terancam punah :
  • Nuri Sayap Hitam (Black Winger Lory)

0 Response to "JENISJENIS BURUNG NURI YANG TERANCAM PUNAH"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel