KADALAN BIRAH

Burung kadalan birah atau yang dalam bahasa perburungan Internasional- nya diklaim dengan chestnut-breasted malkoha (Phaenicophaeus curvirostris) ini adalah spesies burung menurut keluarga Cuculidae, berdasarkan genus Phaenicophaeus. Burung ini merupakan jenis burung pemakan ulat bulu, semut, serangga besar , kepiting, kadal, anak burung yg mempunyai tempat asli pada hutan, semak belukar, padang ilalang.
Kadalan birah mempunyai badan ukuran akbar menggunakan panjang keseluruhan tubuhnya apabila diukur menurut ujung paruh sampai ujung ekornya sanggup mencapai 49-50 cm. Memiliki rona yang eksotis dengan bab Paruh hijau, ekor panjang menggunakan ujung merah karat yang kentara. Mahkota serta tengkuk abu-abu.

Tubuh bab atas hijau pucat. Kulit kurang lebih mata rona merah. Tubuh bab bawah merah zat oksidasi, tak ada rona putih dalam ujung ekor. Iris berwarna biru untuk burung dengan jenis kelamin jantan,sedangkan buat burung betina berwarna kuning. Bagian paruh hijau berpangkal merah buat burung jantan,sedangkan untuk burung betina berwarna coklat, kaki abu-abu. Bertengger diam buat waktu lama . Berpasangan atau dalam kelompok kecil.
Penyebaran burung ini berada di sepanjang Semenanjung Malaysia, Kep Palawan. Di Indonesia sendiri,spesies ini mampu dijumpai di Sumatera, Kalimantan, Bangka, Mentawai, Jawa, Bali. Terdiri berdasarkan 6 subspecies yang dibedakan dari wilayah penyebarannya,diantaranya merupakan menjadi berikut:
  1. P. C. Singularis : Myanmar dan Thailand, serta pada Semenanjung Malaysia sampai ke Sumatra.
  2. P. C. Oeneicaudus : Sumatra.
  3. P. C. Curvirostris : Pulau Jawa
  4. P. C. Deningeri : Pulau Jawa serta Bali
  5. P. C. Microrhinus : Tersebar dari Pulau Bangka hingga Borneo.
  6. P. C. Harringtoni : Palawan , Balabac , Calamian serta Dumaran pada kepulauan Palawan Filipina.
Burung ini bukanlah termasuk jenis burung pengicau yang rupawan,jadi nir usah ditangkap untuk dipelihara,biarlah mereka bebas.

0 Response to "KADALAN BIRAH"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel