KADALAN BIRAH

Burung kadalan birah atau yang dalam bahasa perburungan Internasional- nya disebut menggunakan chestnut-breasted malkoha (Phaenicophaeus curvirostris) ini ialah spesies burung menurut famili Cuculidae, dari genus Phaenicophaeus. Burung ini merupakan jenis burung pemakan ulat bulu, semut, serangga besar , kepiting, kadal, anak burung yg mempunyai habitat pada hutan, semak belukar, padang ilalang.
Kadalan birah mempunyai badan ukuran besar dengan panjang keseluruhan tubuhnya jikalau diukur dari ujung paruh sampai ujung ekornya mampu mencapai 49-50 centimeter. Memiliki warna yang eksotis dengan bab Paruh hijau, ekor panjang menggunakan ujung merah karat yang kentara. Mahkota dan tengkuk abu-abu.

Tubuh bab atas hijau pucat. Kulit sekitar mata warna merah. Tubuh bab bawah merah zat oksidasi, tak terdapat warna putih dalam ujung ekor. Iris berwarna biru buat burung dengan jenis kelamin jantan,sedangkan buat burung betina berwarna kuning. Bagian paruh hijau berpangkal merah buat burung jantan,sedangkan untuk burung betina berwarna coklat, kaki abu-abu. Bertengger diam untuk ketika usang. Berpasangan atau pada kelompok mini .
Penyebaran burung ini berada pada sepanjang Semenanjung Malaysia, Kep Palawan. Di Indonesia sendiri,spesies ini sanggup dijumpai di Sumatera, Kalimantan, Bangka, Mentawai, Jawa, Bali. Terdiri berdasarkan 6 subspecies yang dibedakan menurut wilayah penyebarannya,antara lain ialah sebagai berikut:
  1. P. C. Singularis : Myanmar serta Thailand, serta di Semenanjung Malaysia hingga ke Sumatra.
  2. P. C. Oeneicaudus : Sumatra.
  3. P. C. Curvirostris : Pulau Jawa
  4. P. C. Deningeri : Pulau Jawa serta Bali
  5. P. C. Microrhinus : Tersebar menurut Pulau Bangka sampai Borneo.
  6. P. C. Harringtoni : Palawan , Balabac , Calamian serta Dumaran pada kepulauan Palawan Filipina.
Burung ini bukanlah termasuk jenis burung pengicau yg cantik,jadi tidak usah ditangkap buat dipelihara,biarlah mereka bebas.

0 Response to "KADALAN BIRAH"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel