KEISTIMEWAAN BURUNG HUDHUD

Burung yang namanya disebut beberapa kali dalam buku kudus ini mempunyai nama lain Noble Hoopoe atau Eurasian hoopoe (Upupa epops), namun banyak orang lebih mengenalnya menggunakan sebutan burung hud-hud. Ternyata selain mempunyai penampilan dan bunyi yg unik, burung ini pun mempunyai cara yg relatif istimewa dalam bertahan berdasarkan agresi predator. 

Hud-hud yang memiliki rona bulu yg indah menggunakan jambul khasnya ini merupakan jenis burung yang ternyata mempunyai keterkaitan dengan burung rangkong. Suaranya yang unik itulah yg menjadi pandangan baru menurut penamaannya, bunyi yg melengking menggunakan suara 'hoops" yg diulang sebagai akibatnya burung ini dikenal dengan nama  Hoopoe, sedangkan dalam logat lain bunyi tadi akan dikenali sebagai 'hud. . Hud '

Terdapat tujuh spesies burung hud-hud yg mempunyai penyebaran secara luas pada seluruh Eropa, Asia, serta Afrika Utara. 


Keistimewaan lain yg dimiliki burung ini merupakan waktu mereka merasa terancam, maka mereka akan menyemprotkan kotorannya ke arah mata dari binaang yang mencoba menyerangnya menggunakan cara mengarahkan pantatnya ke si pengancam. Tapi apabila taktik tersebut nir berhasil, maka burung ini akan melakukan rencana ke dua yaitu menyelimuti tubuhnya dengan bau yang relatif busuk.


Bau-bauan tersebut didapatkan burung melalui kelenjar yg terdapat dekat kloakanya, kelenjar itulah yg akan membentuk zat yang mempunyai bau yg sangat busu. Burung hud-hud kemudian akan menggosok-gosokkan zat tadi ke bulu-bulunya yg akan menutupi seluruhnya dengan bau bak daging yang sudah busuk. Kalau sudah begitu, hewan mana yang akan mau mau makan kuliner yg sudah busuk? Benar-sahih taktik yang istimewa .. 



Namun selain itu, zat yang berbau tesebut pula memiliki fungsi sebagai bentuk pertahanan diri berdasarkan serangan parasit, serta jua sebagai anti bakteri, serta melindunginya dari berbaga penyakit. 


Wah, benar-sahih istimewa burung yg namanya acapkali diklaim-sebut pada kitab kudus ini. 


0 Response to "KEISTIMEWAAN BURUNG HUDHUD"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel