KENALKAH DENGAN BURUNG TEPUS GELAGAH

Burung ocehan yg biasanya dikenal oleh masyarakat Indonesia jumlah sangat terbatas hanya kepada burung ocehan yang sering diperlombakan. Sedangkan bagi burung ocehan yang biasanya nir pernah atau jarang diperlombakan maka barang tentu tidak akan dikenali oleh rakyat kita. Sedari itu artikel ini akan mengulas tentang satu jenis burung ocehan yang belum pernah mengikuti ajang kontes burung ocehan akan tetapi memiliki panduAN BURUNGan yg tidak kalah bagusnya dengan burung ocehan yg telah lama tenar. Ya, nama burung ocehan itu yaitu Burung Tepus Gelagah.
Tentunya para pembaca sekalian terdapat yg telah pernah mendengar nama burung ocehan tersebut namun terdapat pula yg belum pernah mengetahuinya sama sekali. Burung Tepus Gelagah mempunyai nama latin Timalia pileata Horsfield yg merupakan jenis burung ocehan pemakan serangga atau hewan. Burung Tepus Gelagah memiliki sifat atau aksara yg pemalu atau suka bersembunyi menurut makhluk absurd menyerupai hewan atau manusia yang coba mendekatinya. Alasannya tidak lain buat menjaga dirinya dari hewan pemangsa atau menurut manusia yang ingin menangkapnya.
Di samping itu pula dikatakan tersebut bahwa Burung Tepus Gelagah memiliki bunyi panduAN BURUNGan yang tidak kalah lantang dan merdu menurut burung ocehan yang telah duluan dikenal. Ciri spesial dari panduAN BURUNGan burung Tepus Gelagah yaitu volume suaranya jelas serta panduAN BURUNGannya keras. Dan juga burung Tepus Gelagah sanggup bersiul menggunakan memperlihatkan getaran pada suaranya serta nada panduAN BURUNGannya terus menyambung dengan irama naik turun.

Penyebaran burung Tepus Gelagah nir hanya terpusat pada Indonesia saja melainkan jua terdapat di poly sekali negara lain menyerupai India, Nepal, Bangladesh, Laos, Thailand, dan Myanmar. Sedangkan buat yg di Indonesia burung Tepus Gelagah berada di daerah Jawa bab barat hingga ke timur. Dan juga ketika berada pada alam liar, burung Tepus Gelagah menyukai hutan dengan tekstur daratan rendah. Di pada hutan kebiasaan burung Tepus Gelagah yaitu hayati berpasang-pasangan atau berkelompok baik saat mencari masakan juga saat beristirahat. Dan pula saat burung ini sedang aktif di siang hari kebiasaannya senang mengendap-endap di rerumputan yg lebat atau pada antara semak belukar.
Sedangkan kuliner buat burung Tepus Gelagah dikatakan pada paragraf di atas yaitu serangga yg diantaranya yaitu jangkrik, ulat-ulat, kupu-kupu, dan lainnya. Di samping itu juga bila burung Tepus Gelagah di pelihara mampu pula diberikan pakan butir dengan melatihnya secara perlahan-huma mulai semenjak mini .
Dan buat karakteristik-karakteristik fisik dari burung Tepus Gelagah diketahui memiliki warna, corak, dan bentuk badan yg tidak selaras menggunakan burung ocehan dalam umumnya. Yang mana yaitu di bab badan atasnya berwarna coklat kemerahan yang meliputi sayap hingga ke ekornya. Di bab mahkota kepalanya tampak berwarna merah kecokelatan yang kentara kentara, alis matanya berwarna putih keibuan dengan paruh sampai ke bab matanya tampak berwarna hitam pekat. Sedangkan dalam bab pipi dan dagunya berwarna putih keabu-abuan, tampak juga warna putih kecokelatan yg berada di bab perutnya, serta kakinya yg kehijauan. Ukuran badan burung Tepus Gelagah kurang lebih 17 centimeter atau mampu dibilang mempunyai ukuran sedang yg menyerupai menggunakan berukuran badan burung ocehan yg sudah tenar.
Sekianlah uraian ringkas tentang burung ocehan Tepus Gelagah yang belum terlalu dikenal oleh masyarakat kita. Sehingga dengan membaca artikel ini akan menambah wawasan kita sekalian mengenai burung ocehan terkhusus buat burung Tepus Gelagah. Terima kasih.
Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber:
//www.kutilang.or.id/burung/konservasi/tepus-gelagah/
//ompanduAN BURUNG.com/2014/09/27/burung-tepus-gelagah-perawatan-serta-audio-buat-masteran/
Gambar:
//farm7.static.flickr.com/6008/5956074945_1eca89b466.jpg

0 Response to "KENALKAH DENGAN BURUNG TEPUS GELAGAH"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel