KRITERIA EVALUASI JURI DALAM LOMBA BURUNG KICAUAN

Bagi penghobi burung panduAN BURUNGan pemula yang belum berpengalaman pada menyertakan burung peliharaannya ke arena lomba, umumnya kurang memahami ciri atau tata evaluasi dalam lomba burung panduAN BURUNGan. Hal ini sebagai penting saat burung yg dilombakan dirasa pemilik kurang maksimal mengeluarkan kemampuannya tetapi ternyata pada pada kriteria penilaian juri mempunyai jumlah poin nilai yg baik dibanding burung panduAN BURUNGan lainnya.
Bahkan sebab ialah terdapat pengalaman menyerupai itu, terdapat pemilik yang pribadi membawa pergi burung panduAN BURUNGannya tanpa melihat pengumuman dari juri padahal burung panduAN BURUNGan miliknya masuk ke dalam jajaran pemenang lomba. Mereka para penghobi pemula ini umumnya merasa gengsi ataupun aib apabila wajib menanyakan apa-apa saja indikator penilaian juri pada penerima lainnya, sebab ialah hal itu menunjukan dirinya masih sangat pemula buat kalangan penghobi.
Berangkat berdasarkan pertarungan inilah penulis merasa perlu buat membagikan artikel mengenai tata penilaian juri dalam lomba burung panduAN BURUNGan pada mana kali ini yg sebagai nara sumbernya adalah Om Agus Sanjaya seorang juri burung panduAN BURUNGan yg telah berpengalaman berdasarkan Solo.
Menurut Om Agus Sanjaya, dikala menunjukkan penilaian biasanya juri-juri dalam lomba burung panduAN BURUNGan akan mengacu pada hal-hal berikut :
  • PanduAN BURUNGan yang merdu : seberapa enak irama lagu panduAN BURUNGan burung tadi yang bisa diperdengarkan ketika pada lapangan.
  • Intonasi Suara : apakah burung tadi sanggup mengeluarkan panduAN BURUNGan beralunan naik-turun secara baik ataukah suara panduAN BURUNGannya bernada datar.
  • Variasi Lagu : berkaitan menggunakan jenis variasi panduAN BURUNGan yg menonjol dan sanggup buat dimuntahkan burung tersebut.
  • Volume Suara : kepiawaian burung pada mengatur tinggi-rendah, tebal-tipis, akbar-sedang dan kecilnya bunyi secara tepat sehingga membentuk irama panduAN BURUNGan yg merdu.
  • Stabilitas : maksudnya kestabilan burung buat berpanduAN BURUNG secara terus-menerus serta terjaga iramanya, kadangkala beberapa burung pada lomba gacor hanya kurang lebih dua-4 mnt saja selesainya itu membisu dan tak semangat berpanduAN BURUNGan lagi.
  • Gaya : mencakup kemampuan pergerakan burung aktif pada sangkar yang mendukung bunyi panduAN BURUNGannya, menyerupai burung meliuk-liuk, menari, mengembangkan sayap serta ekornya. Tidak kebalikannya, yang bisanya cuma berdiam pada tangkringan saja.
  • Fisik : Mencakup pada tampilan luar atau fisik burung yang sehat, nir terdapat stigma, mempunyai bulu ekor dan sayap yg anggun serta sempurna, jika ditinjau burung tampak megah dan perkasa sebagai seekor burung petarung.


Itulah kriteria umum yang selalu menjadi perhatian para juri lomba burung panduAN BURUNGan. Sedangkan secara spesifik setiap detail kriteria penilaian pada kenyataannya memang berbeda-beda buat setiap jenis burung panduAN BURUNGan yg dilombakan. Namun setidaknya anda sudah mengetahui indikator tolak ukur yg wajib anda persiapkan pada burung panduAN BURUNGan milik anda biar memperoleh gelar juara pada arena lomba nanti.
Dan yg harus anda jangan lupa juga, evaluasi juri dilakukan secara menyeluruh pada setiap burung panduAN BURUNGan yg dilombakan. Yang artinya, anda pula wajib sanggup membandingkan kualitas panduAN BURUNGan burung anda menggunakan burung panduAN BURUNGan lainnya. Meskipun anda merasa burung yg anda lombakan secara generik mempunyai kemampuan yang baik dari setiap kriteria penilaiannya, jangan lupakan dengan kemampuan burung lainnya yang mungkin mempunyai kualitas yang lebih baik.
Sehingga perlu kita tau, sekalipun burung panduAN BURUNGan memiliki bunyi panduAN BURUNGan yg mengagumkan tetapi apabila dalam aspek lainnya bernilai rendah tentu belum tentu burung panduAN BURUNGan tersebut akan juara. Lantaran penilaian juri pada lomba burung panduAN BURUNGan tidak hanya berfokus melihat menurut satu aspeknya saja tetapi jua secara keseluruhan dalam aspek lainnya.
Oleh : Roma Doni
Sumber Gambar :
//beritadaerah.com/2014/01/05/lomba-burung-berpanduAN BURUNG-pada-dumilah-park-madiun/
Referensi :
//ompanduAN BURUNG.com/2014/06/29/om-agus-sanjaya-poly-pemain-pemula-nir-memahami-evaluasi-lomba-burung/

0 Response to "KRITERIA EVALUASI JURI DALAM LOMBA BURUNG KICAUAN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel