MELATIH KENARI JINAK TANGAN

Pada awalnya burung kenari ditemukan pada pulau Canary yang berada pada Samudera Atlantik, sampai akhirnya burung mini ini menjadi burung yg popular sebagai burung peliharaan. Burung yang berkembangbiak dalam bulan Februari hingga Maret ini merupakan jenis burung yg mempunyai suara yang merdu, selain itu juga mudah dijinakkan. Berikut merupakan tahapan penjinakkan pada burung kenari. 

Tahap pertama 

Burung kenari yg akan dilatih jinak tangan sebaiknya dipilih burung yang berusia masih belia, kenari dewasa atau tua cenderung sulit dibentuk jinak lantaran karakternya yg terlalu liar.  Meskipun kenari muda sanggup dijinakkan tetapi hal tersebut perlu ketika serta kesabaran, selain itu pastikan ketika melatihnya nir ada burung homogen di sekitarnya. 


Tahap ke 2 


Latih secara rutin setiap hari menggunakan melepaskan burung menurut sangkarnya pada dalam sebuah ruangan / kamar yg kecil serta tanpa perabotan pada dalamnya. Lakukan beberapa kali dalam sehari, buat membiasakan burung dengan anda. Jangan khawatir burung terbang keluar, lantaran sebelumnya anda wajib menutup kedap pintu serta ventilasi kamar tersebut.

Tahap ketiga

Semakin burung terbiasa dengan anda, maka akan semakin gampang proses pelatihannya, selain itu pembinaan jinak bisa jua dilakukan ketika burung dalam sangkarnya dengan cara  acapkali menjulurkan tangan ke dalam sangkarnya, kemudian melatihnya di luar sangkar. Untuk pertama kali burung mungkin akan takut namun jika anda bersabar serta terus melatihnya burung akan menjadi terbiasa dan mau anda dekati atau pegangi. 
Tahap keempat


Jangan berharap burung akan jinak dalam beberapa hari, terapi lakukan latihan terus menerus selama beberapa minggu atau bulan hingga burung benar-benar sudah terbiasa. Selain itu tak jarang-seringlah berdiri di depan sangkarnya setiap 10 mnt sehari agar burung jadi lebih dekat dengan anda.


Tahap kelima

Ajak bicara burung dengan suara yang pelan buat menenangkan burung. Alihkan perhatiannya menggunakan menjulurkan tongkat kayu dalam bagian kakinya, setelah burung bertengger pada tongkat kayu tadi lalu turunkan burung pada jari-jari anda buat melatih burung bertengger di jari.  Melatih burung buat bertengger bisa dilakukan dengan menekan tongkat dalam bagian dada burung buat menyuruhnya menaikki tenggerannya atau jari anda.

Tahap keenam

Setelah burung terlatih naik turun tongkat atau jari, yang biasanya memakan waktu selama satu bulan atau lebih, itu adalah anda telah bisa mengajak bermain burung di dalam atau pada luar sangkarnya. Dalam waktu yang tidak terlalu lama , burung akan mau berkicau di tangan anda, latih juga burung buat makan-makananya di tangan, serta waktu ingin menyuruhnya masuk kandang, letakkan beberapa makanannya pada depan pintu kandang.  Pada saat ini anda mampu melatih burung di ruangan yang lebih besar , serta selesainya burung sahih-sahih terikat dengan anda, anda sanggup melatihnya di luar ruangan.


Semua cara pada atas membutuhkan waktu dan kesabaran, jadi bila anda rutin melakukan latihan setiap hari, maka burung akan cepat terlatih serta jinak tangan.


Source : WikiHow

0 Response to "MELATIH KENARI JINAK TANGAN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel