MENGENAL BANYAK SEKALI JENIS BURUNG NURI YANG ADA DI INDONESIA

  • Nuri Kepala Hitam (Black Capped Lory).
    Burung ini mempunyai nama latin Lorius Lory,  burung ini pada sebut dengan nuri ketua hitam sebab ialah ada rona hitam dalam kepalanya. Burung ini mempunyai berukuran sedang, yakni lebih kurang 30 cm.
    Habitat asli burung ini terdapat di Papua dan wilayah sekitarnnya ibarat kepulauan misool, batanta, salawati, teluk Cendrawasih dan sekitarnya. Burung ini termasuk burung sosial yang tak jarang terlihat berpasangan serta pada kelompok mini .

  • Nuri Raja Ambon (Moluccan King Parrot).
    Nuri ini mempunyai nama latin Alisterus Amboinensis, burung ini ukuran lebih kurang 35 centimeter, Meskipun di kenal dengan nama Nuri raja Ambon, burung ini pula sanggup di jumapai pada luar daerah Ambon ibarat pada Papua, pulau Peleng, Sula, Maluku serta Halmahera. Khususnya pada wilayah perkebunan, hutan utama serta sekunder.

  • Nuri Kalung Ungu (Violet Necked Lory).
    Burung yang Mempunyai nama latin Eos Squamata ini memiliki berukuran badan lebih kurang 28 cm. Di sebut menggunakan Nuri kalung ungu sebab merupakan burung ini memiliki bulu rona ungu yg melingkar pada lehernya. Ada tiga subspecies yang tersebar di Indonesia pada antaranya adalah (1). Ricinata di Maluku utara dan kepulauan Widi, (dua). Obiensis Rotchshild di  Obi dan Maluku utara, (3). Squamata di kepulauan Schildpad dan Papua utara. Mereka menyukai hutan tropis, perkebunan dan suka berkelompok.

  • Nuri Tanimbar (Blue Streaked Lory).
    Burung yg berjulukan latin Eos Reticulata ini mempunyai ukuran badan kurang lebih 30 cm, Mereka menyukai daerah hutan utama juga hutan sekunder, hutan mangroove serta hutan terbuka, mereka juga seringkali terlihat pada area perkebunan untuk mencari butir dan nektar. Wilayah penyebarannya di daerah Babar, kepulauan Tanimbar dan Nusa tenggara timur.

  • Nuri Telinga Biru (Half Masked Lory).
    Nuri yg mempunyai nama latin Eos Semilarvata ini adalah jenis burung nuri yg memiliki berukuran 23 cm. Daerah penyebarannya  merupakan pada pulau Seram dan Maluku. Burung ini menyukai pohon-pohon yang ada bunganya, serta biasa terlihat pada kelompok mini .

  • Nuri Sayap Hitam (Black Winged Lory).
    Burung ini Mempunyai nama latin Eos Cyanogenia, beliau mempunyai berukuran badan kurang ebih 30 cm. Daerah penyebarannya di daerah kepulauan Teluk Cendrawasih, dan wilayah pesisir pulau Biak, Papua. Burung ini jua acapkali di jumpai membentuk sarangnya pada pohon-pohon perkebunan kelapa.

  • Nuri Maluku (Red Lory).
    Burung yg berjulukan latin Eos Bornea (Rubra) ini mempunyai berukuran badan kurang lebih 30 centimeter. Burung ini memiliki dua subspecies. Yakni (1). Cyanotorus yang berada pada daerah pulau Buru, serta (2). Bornea yang berada tersebar pada wilayah Haruku, Ambon, Saparua, kepulauan Banda, Seram laut, Tayandu, Watubela serta kepulauan Kai.



  • Nuri Taulud (Red and Blue Lory).
    Burung yg juga pada kenal dengan Nuri Sampiri ini mempunyai nama latin Eos Histrio, berukuran tubuhnya sekitar 30 cm. Burung ini terdapat 3 subspecies yang beredar di dIndonesia antara lain adalah: (1). Challengeri Salvadori yang berada di Pulau Miangas daerah Sulawesi utara, (2). Talatensis yg berada pada kepulauan Taulud, dan (tiga). Histrio yg berada pada pulau Siau, Sangihe dan Ruang.

  • Nuri Hitam (Black Lory).
    Burung yg berjulukan latin Chalcopsitta Atra ini ukuran sekitar 32 cm, dan mempunyai tiga subspecies yang ada pada Indonesia, (1). Bernsteini yg berada pada pulau Misool, (dua). Atra yg berada di pulau Salawati, Batanta serta wilayah barat Papua, (3). Insignis yang berada di pulau Amberpon, Onin, semenanjung Bomberai, Papua.

  • Nuri Kate Geelvink (Geelvink Pygmy Parrot).
    Burung yg berjulukan latin Micropsitta Geelvinkiana ini artinya burung endemik Teluk Cendrawasih (Papua). Burung ini artinya burung Nuri yang paling kecil pada antara Nuri lainnya, yaitu sekitar 9 centimeter. Ada 2 subspecies berdasarkan jenis ini yaitu, (1). Geelvinkiana yang berada di pulau Numfor, dan (2). Misoriensis yang berada pada pulau Biak.

  • Nuri Ara Pipi Kuning / Ara Salvadori (Salvadori's Fig Parrot).
    Burung yang mempunyai nama latin Psittaculirostris Salvadorii ini mempunyai berukuran badan kurang lebih 19 centimeter, mereka suka pada dalam hutan maupun di pinggir hutan, bahkan mereka jua terlihat pada lebih kurang perkampungan warga . Daerah penyebarannya hanya terbatas di daerah barat maritim Papua, di daerah pegunungan Cyclops sampai ke pantai Teluk Cendrawasih bab timur. 


0 Response to "MENGENAL BANYAK SEKALI JENIS BURUNG NURI YANG ADA DI INDONESIA"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel