MENGENAL CACING TANAH SEBAGAI MASAKAN BURUNG OCEHAN

Pernahkah melihat atau memegang cacing tanah? Pastinya sebagian pada antara para pembaca ada yg telah melihat dan memegangnya secara eksklusif. Dan sebagian lagi mungkin merasa jijik atau takut untuk memegang cacing tanah sebab bentuknya yg panjang, liat, serta sedikit berair. Ya, cacing tanah umumnya dikenal oleh masyarakat sebagai umpan buat memancing banyak sekali jenis ikan yg berada di sungai, danau, rawa, atau daerah yang berisi air tawar.
Di samping itu cacing pula diketahui bahwa cacing sangat berguna buat menggemburkan tanah atau membantu menghancurkan bahan-bahan organik yang masih ada pada pada tanah sebagai akibatnya memperkaya kandungan mineral yg terdapat pada dalam yang berguna buat pertumbuhan flora. Tapi adakah yg memahami bahwa cacing tanah pula mampu dipakai sebagai kuliner burung ocehan?
Ya, perlu diketahui bahwa poly sekali jenis burung ocehan yang sudah tenar di antaranya burung murai batu, kenari, love bird, kacer, beo, saudara tertua tua, serta masih banyak lagi memakan jenis kuliner yg berbeda-beda diantaranya jangkrik, belalang, butir-buahan, biji kenari, dan sayur-sayuran. Tapi pada alam liar poly menurut burung ocehan juga mengonsumsi cacing tanah buat memenuhi nutrisi tubuhnya. Ciri-ciri fisik menurut cacing tanah yaitu rona tubuhnya merah kecokelatan serta ukuran tubuhnya panjang dengan homogen-rata 10 sampai 15 cm.
Dari jenisnya cacing tanah mempunyai empat jenis di antaranya Lumbricus, Pheretima, Perionyx, serta Lumbricus Rubellus yang tidak sinkron satu sama lain. Dan keberadaan atau tempat asal dari cacing tanah yaitu di pada tanah yang subur atau huma-huma pertanian serta persawahan. Sehingga poly orang-orang yg mencari cacing tanah pada tempat-tempat yg banyak ditumbuhi sang tumbuhan.

Ketenaran berdasarkan cacing tanah sudah poly dimanfaatkan oleh warga buat dipakai sebagai materi masakan buat ikan hias, ikan pada kolam, ayam, itik, belibis dan lain-lain. Sedari itu cacing tanah telah banyak dibudidayakan sebab menjanjikan berdasarkan segi usaha dan cara membudidayakan juga nir sulit dengan biaya yang murah atau terjangkau. Biasanya orang-orang buat menerima cacing tanah bisa dicari di tanah-tanah yg fertile atau sanggup membelinya di wilayah pembudidayaan cacing buat masakan ikan.
Nah, untuk kandungan nutrisi dalam cacing tanah perlu diketahui sangat diharapkan sang burung ocehan buat menambah energi, memerdukan panduAN BURUNGan, dan lain-lain. Dan kandungan nutrisi pada cacing tanah yaitu protein asam amino lebih kurang 60% sampai 70%, kandungan lemak lebih kurang 7% hingga 10%, energi kurang lebih 900 hingga 4100 kalori per gr, dan kandungan bubuk kurang lebih 8% sampai 10%.
Burung ocehan yg biasanya memakan cacing tanah menjadi kuliner harian atau selingan di antaranya yaitu burung anis merah, anis kembang, kacer, dan lain-lain. Dan burung ocehan pemakan biji-bijian menyerupai kenari sporadis sekali menyukai cacing buat dimakannya. Pemberian cacing tanah buat dikonsumsi burung ocehan yaitu pertama-pertama cacing tanah tersebut dicuci terlebih dahulu dengan air higienis sampai hilang tanah atau kotoran yg melekat pada sisi tubuh cacing tanah, kedua, berikan cacing tanah yg sudah higienis tersebut kepada burung ocehan dengan diletakkan di wilayah makanannya. Dan perlu diperhatikan bahwa jangan pernah berikan burung ocehan cacing tanah pada syarat yang sudah meninggal serta berbau karena bisa sebagai penyakit bagi burung ocehan yang menyerang pencernaannya.
Demikianlah penjelasan tentang cacing tanah yg telah lama dikenal buat ikan serta unggas. Tapi burung ocehan juga poly yg mengonsumsi cacing tanah baik di alam liar juga yg dipelihara oleh insan. Nah, bagi anda yang memiliki burung ocehan menyerupai anis dan kacer bisa menawarkan burung ocehan anda tadi cacing tanah yang mengandung protein tinggi yang berguna bagi perkembangan tubuhnya. Okey.
Oleh : Satria Dwi Saputro
Sumber:
//ompanduAN BURUNG.com/2014/02/02/bagaimana-memberikan-pakan-serangga-cacing-dan-ikan-mini -kepada-burung/
//indobird.com/article/article_detail.asp?Cat=4&id=95
Gambar:
//intisari-online.com/read/manfaat-cacing-tanah-bagi-kehidupan

0 Response to "MENGENAL CACING TANAH SEBAGAI MASAKAN BURUNG OCEHAN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel