MENGENALI PENYAKIT JAMUR YANG MENYERANG BURUNG OCEHAN

Penyakit yg umumnya menyerang burung ocehan jenisnya sangat poly sekali misalnya berak kapur, sembelit, sakit mata, serak bunyi, serta jamuran. Sehingga buat mengatasi penyakit-penyakit tersebut diharapkan penanganan yang cepat baik dibawa ke dokter hewan atau dirawat sendiri. Tapi dalam artikel ini akan dibahas mengenai penyakit jamur yg biasanya menyerang burung ocehan secara spesifik. Sehingga para pembaca sekalian mampu memahami tentang penyakit fungi yang menyerang burung ocehan.
Burung ocehan yg diserang penyakit jamur akan sangat berbahaya apabila tidak lekas di tangani lantaran penyakit jamur yang sudah berada pada badan burung ocehan akan terus tumbuh dan menggerogoti seluruh pecahan badan burung ocehan. Oleh karena itu, jika tak cepat pada penanganannya akan berakibat janjkematian pada burung ocehan. Umumnya penyakit jamuran ini hinggap pada kaki burung ocehan yang berakibat terganggunya kesehatannya. Dan selanjutnya burung ocehan yang sudah terkena jamuran di kakinya akan mendatangkan banyak sekali penyakit lainnya menyerupai gangguan pencernaan pada perutnya, gangguan pada jalan masuk pernapasannya, dan mengecilnya volume suaranya.
Kaki burung ocehan yang terkena fungi akan tampak membesar diakibatkan tumbuhnya sisik-sisik gres yg tebal serta berwarna putih. Selanjutnya kaki burung akan semakin mengembang dan hasilnya sulit buat mencengkeram tangkringan yg berakibat beliau payah buat berdiri. Sedari itu diperlukan penanganan yang benar buat mengatasi burung ocehan yg terlanjur terkena fungi pada kakinya.
Penanganan yg sanggup ditempuh buat merawat burung ocehan yang terkena penyakit fungi di kakinya adalah sebagai berikut:

Gambar: Kaki Burung Ocehan yg Jamuran
  1. oleskan obat salep pembasmi jamur
    Burung ocehan yg terkena penyakit jamur di kakinya sanggup dioleskan obat salep pembasmi fungi. Di mana pertama-tama basuh terlebih dahulu kaki burung ocehan yg terkena jamur dengan air hangat sampai higienis. Selanjutnya keringkan kakinya dan sanggup dioleskan salepnya. Dan letakkan burung ocehan tadi pada kandang yang higienis menurut tungau atau residu-residu kuliner dan kotoran burung.
  2. jangan pernah bubut fungi di kaki burung
    Hal yg patut diperhatikan bagi kita yg mempunyai burung ocehan terkena jamuran pada kakinya artinya buat tidak mencabutnya secara paksa. Akibat jikalau mencabut jamur di kaki burung adalah pendarahan serta abuh yang menjadikan proses penyembuhan semakin lama . Oleh lantaran itu, perawatannya tetap oleskan salep pada kaki burung yang terkena fungi dan lakukan setiap hari hingga jamurnya hilang sendiri.

Penyebab dan Pencegahannya
Di samping itu penyakit fungi yg menjangkiti burung ocehan diakibatkan sang beberapa hal dan keliru satunya adalah syarat sangkar yg kotor. Tak sanggup dipungkiri bahwa syarat kandang atau sangkar sebagai daerah tinggal burung ocehan yang tampak kotor atau tidak pernah dibersihkan akan sebagai tempat penularan banyak sekali ragam penyakit termasuk jamur ke burung ocehan. Oleh sebab yaitu itu para pemilik burung ocehan perlu untuk menerangkan perhatian terhadap syarat sangkar burungnya. Dengan membersihkan atau mencucinya sekitar satu ahad sekali dengan air bersih serta deterjen anti bakteri. Setelah itu bisa menjemurnya pada bawah sinar mentari selama sekitar 1/2 jam. Dan disarankan buat rutin melaksanakan ini guna menghindarkan burung ocehan kita dari banyak sekali penyakit.
Dan selanjutnya penyebab lain yg mengakibatkan burung ocehan terjangkit penyakit jamur artinya syarat ruangan tempat kandang burung pada letakkan. Perlu diperhatikan bahwa fungi sangat gampang tumbuh pada kondisi ruangan yang lembab, pengap, dan gelap. Artinya aturlah ruangan tempat burung ocehan berada menggunakan menunjukkan peredaran udara serta pengaturan cahaya yang masuk. Sehingga basil atau jamur tidak akan sempat berkembang biak serta mangkat terkena sinar cahaya yang bersumber berdasarkan lampu atau surya. Di samping itu jua ruangan tersebut disemprotkan desinfektan di pecahan sudut-sudut ruangan buat membunuh seluruh basil yang hayati. Dan permanen rutinlah melaksanakan perawatan terhadap ruangan tadi sebagai akibatnya kebersihannya selalu terjaga.
Ya, itulah penjelasan mengenai penyakit jamur yg menjangkiti burung ocehan yg dibahas berdasarkan sisi penanganannya serta pencegahannya. Sehingga dengan membaca artikel ini kita sebagai memahami ihwal penyakit fungi yang menjangkiti burung ocehan ihwal cara pengobatannya serta cara pencegahannya. Okey.
Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber:
//www.smartmastering.com/solusi-fungi-pada-burung-berpanduAN BURUNG.html
Gambar:
//panduAN BURUNGan.files.wordpress.com/2012/12/kaki-bersisik-dalam-burung-kenari.jpg

0 Response to "MENGENALI PENYAKIT JAMUR YANG MENYERANG BURUNG OCEHAN"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel