MENGENAL BURUNG SAMYONGBURUNG BERAKAL BERSUARA EMAS

Apakah sahabat Burung panduAN BURUNG sudah tahu perihal burung yang satu ini? Yah namanya yaitu burung Samyong atau dalam bahasa inggris pada sebut menggunakan Bare Throated Whistler, burung yg memiliki nama latin Pachycephala Nudigula ini yaitu burung endemik orisinil dari Indonesia yang berada di tempat Nusa Tenggara, khususnya pada wilayah pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat dan di pulau Flores, Nusa Tenggara Timur.

Orang asli sana menyebut burung ini menggunakan sebutan Gurigawa yang memiliki arti burung arwah, alasannya adalah di tempat asli aslinya mereka hanya mendengar bunyi panduAN BURUNG dari burung ini tanpa melihat wujud atau bentuk berdasarkan burung ini, karena eksistensi burung ini pada ranting-ranting pohon yang sangat tinggi, sebagai akibatnya burung tak kelihatan dan hanya suaranya yg sangat  keras yg hanya terdengar.

Burung ini pun jua pada sebut dengan burung 1001 bunyi sebab memang burung ini mempunyai variasi bunyi yg sangat poly serta sangat terpelajar menirukan suara-suara burung ataupun suara lainnya.

Habitat burung yg mempunyai bunyi bagai petir ini hidup di pepohonan yang tingginya mencapai 10 meter dan berada pada 1400 M pada atas bahari. Burung ini merupakan burung yg suka menyendiri dan mempunyai loka kekuasaan (teritorial) yang daerahnya mencakup -+ 500 M.



Ciri-ciri Samyong Jantan:
  • Kepalanya berwarna hitam hingga lehernya.
  • Di bab leher depan tidak berbulu serta terlihat menyerupai kantong kulit yang berwarna merah, sehingga bisa membuat suara yang super keras.
  • Sedangkan dalam bab tubuhnya rona bulunya kuning kecoklatan/kehijauan.



Ciri-karakteristik Samyong Betina:

  • Bagian kepalanya berwarna abu-abu gelap.
  • Di bab leher depannya nir memiliki semacam kantong kulit menyerupai dalam jantan.
  • Warna pada bab tubuhnya berwarna kuning kehijauan.

0 Response to "MENGENAL BURUNG SAMYONGBURUNG BERAKAL BERSUARA EMAS"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel