MENGURANGI PERILAKU BURUK PADA BURUNG CENDET

Cendet populer dengan suaranya yg lantang serta penuh variasi bunyi isian, namun jenis burung ini ternyata acapkali berubah perilaku ketika nir mendapatkan perawatan yg semestinya. Cendet yang kerap berperilaku buruk tentu bisa menciptakan gusar pemiliknya. Untuk menanganinya, berikut adalah tips mengurangi perilaku tidak baik pada burung cendet.  

Burung cendet yg pada perawatan selalu alami kekurangan nutrisi/protein akan cenderung berperilaku jelek misalnya menjadi liar, gemar bubut bulu, senang salto bahkan mampu sebagai sangat manja/miyik. Apabila hal itu menimpa burung peliharaan anda, jangan berharap mereka sanggup rajin berkicau sebelum kondisinya balik pulih misalnya semula.
Mengatasi burung yang kerap berperilaku buruk itu tentu membutuhkan ketika dan perawatan yg sangat spesifik guna memulihkan kondisinya yang sedang ngedrop tersebut. Tetapi menggunakan melakukan pola penanganan yg sempurna, maka konduite buruknya itu akan bisa berkurang sehingga syarat burung mampu berangsur-angsur pulih.
Berikut pola rawatan buat mengurangi konduite jelek burung cendet:
Mengumbar cendet di sangkar luas / aviary 
Kandang umbaran yang ukuran luas maupun sangkar aviary bisa dipakai buat terapi cendet yg kerap berperilaku tidak baik. Kandang tersebut memakai dua butir tenggeran yang diletakkan pada jeda berjauhan, contohnya satu di dekat bagian atas lantai sangkar sedangkan satu lagi diposisikan pada tengah kandang. Posisi tenggeran tadi dapat berakibat burung semakin aktif sehinggga meningkatkan kecepatan proses pemulihannya.
Menyimpan cepuk pakan serta minum berjauhan 
Untuk memancing agar burung cendet selalu aktif berkiprah dan mengeluarkan energinya untuk hal yang lebih bermanfaat ketimbang mencabuti bulu atau salto, maka penempatan cepuk pakan dan minum sebaiknya ditempatkan dalam jarak yg saling berjauhan. Dalam hal ini, cepuk pakan serta minumnya bisa diletakkan pada masing-masing tenggeran yg sebelumnya telah diatur seperti pada poin pertama.
Berikan pakan yang sesuai 
Selama masa terapi pada kandang umbara/ aviary itu, burung cendet tersebut harus juga mendapatkan asupan pakan yg tinggi kandungan nutrisinya. Hal ini sanggup disiasati dengan anugerah voer tinggi protein seperti voer lele / ayam dan dilengkapi dengan anugerah pakan tambahan yg relatif.
Sedangkan buat jenis pakan tambahan yang diberikan adalah jangkrik, ulat jerman dan kroto. Selain menaruh pakan yang biasa, kicaumania pula bisa memberikan pakan yg tidak biasa misalnya orong-orong, belalang hijau, kadal kecil, serta sebagainya. Memberikan pakan alami cendet pada alam liar dapat membantu pemulihan kondisinya.
Terapi mental dengan binatang liar 
Terapi mental yang dimaksud merupakan membangkitkan kembali insting alamiah cendet yang sejatinya merupakan burung predator. Caranya sanggup memakai hewan-binatang liar hidup yg dimasukkan ke dalam sangkar terapinya buat diburu. Binatang liar yang digunakan dalam terapi ini sanggup berupa burung-burung mini seperti emprit atau gereja, atau bahkan binatang lainnya seperti kadal, katak, belut, dan sebagainya.
Rutin memandikan sampai basah kuyup 
Selama berada dalam kandang umbaran atau aviary, burung cendet tersebut wajib sering dimandikan hingga basah kuyup. Memandikan cendet dalam sangkar yg ukuran luas bisa dilakukan dengan cara disemprot menggunakan sprayer maupun menggunakna bak mandi yang dimasukkan ke pada kandangnya itu. Memandikan burung hingga basah kuyup dapat membantu meningkatkan kecepatan pemulihannya sekaligus jua bisa membuatnya cepat pulang jinak, khususnya untuk cendet yang telah berubah perilaku sebagai giras/liar.
Terapi pada sangkar umbaran / aviari bisa dilakukan selama beberapa minggu atau lebih tergantung kondisi burung tersebut. Oleh karena itu, selama masa terapinya itu, kicaumania harus selalu melakukan pengamatan terutama dalam perilakunya. Apabila terapi tadi berhasil menaruh perubahan yg diharapkan, maka itu berarti sudah waktunya burung cendet tersebut dipindahkan ke dalam kandang hariannya.
Nantinya sehabis burung cendet tadi dipelihara dalam sangkar harian seperti umumnya, maka perawatan hariannya wajib lebih diperhatikan untuk mencegah konduite buruknya muncul kembali. Perawatan rutin yang teratur khususnya pada pemberian pakan yg bervariasi bisa menjaga syarat cendet permanen stabil serta nir gampang berubah perilakunya.
Semoga berguna

0 Response to "MENGURANGI PERILAKU BURUK PADA BURUNG CENDET"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel